Dunia baru memang selalu akan dihadapi semua orang. Dunia baru itu meliputi jenjang pendidikan, pekerjaan bahkan komunitas baru yang ingin kamu tekuni. Di sekolah dulu kita pasti pernah diajarkan peribahasa “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung” kan yang artinya kita harus bisa menghormati baik itu budaya, perilaku dan tatanan sosial di tempat baru kita. Tentu saja tidak cukup sampai menghormati dong, karena untuk bertahan hidup kita harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Teori sih gampang ya.. tapi prakteknya waah.. ga semudah itu ya ga si? takut dibenci senior lah, takut ga ngerti apa-apa lah, takut ga betah laah….. dan masih banyak lagi ketakutan-ketakutan kamu dan buat kamu stres sebelum masuk nih…

Eitssss tunggu jangan stres dulu, coba deh beberapa trik ini yaa, dijamin deh stigma negative jadi anak baru bakalan memudar kok..

1. Sebelum masuk, pelajari dulu lingkungan barumu ya

4 Hal Agar Tak Terus Stalking Mantan via http://kelascinta.com

Ini yang paling sering dilupakan orang yang mau masuk dunia yang baru. Untuk kamu yang baru masuk kuliah atau SMA cari info dulu sebanyak-banyak nya biar kamu minimal tau gimana si kehidupan barumu. Contoh paling sederhana nih misal kamu anak teknik nih ya, terus pas baru masuk udah pakai high heels aja.. Waaaahh dijamin nih kamu langsung jadi sorotan negatif kakak angkatanmu dan teman-teman barumu.. atau misal kamu pegawai baru di bank terus kamu kerja di hari pertama kamu pakai sepatu kets nih.. teguran pasti langsung menghampiri kamu ya tanpa menunggu selesai masa trainingmu.

Advertisement

Ga mau kan hal itu terjadi, jadi jangan cuma stalking mantan atau gebetan kamu aja nih, cari tau sebanyak-banyaknya dunia baru kamu hukumnya adalah wajib.

2. Penampilan sederhana tapi cerdas jadi cara jitu kamu biar gak dibenci, juga gak diremehkan

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? via http://www.tommcifle.com

Nah ini kesalahan yang sering dilakukan kaum hawa. Tampil menor di hari pertama. Namanya anak baru pasti jadi pusat perhatian terus kamu tampil menor, heeeemmmmm siap-siap nih gunjingan teman sekantor dan intimidasi dari senior bakalan siap terkirim ke kamu. Terus kita ga boleh dandan atau tampil cantik? Ga juga dong sist boleh aja asal jangan berlebihan ini hari pertama ya minimal tahan dulu sampai 3 bulan deh biar kamu jangan jadi public enemy baik di kampus maupun di kantor ya.. Terus gimana biar bisa dipandang nih? Jadi pegawai atau mahasiswa yang cerdas dong belajar lah tiap hari ga harus akademik banget kok, ilmu bisa ditimba dimana saja misal dengan kamu baca buku, nonton film bahkan sampai nonton berita bisa jadi bahan buat kamu berbaur dengan lingkungan barumu.

3. Dermawan boleh kok tapi ingat kantong ya

Ciri-ciri Anda Pelit, Bukan Hemat via http://ciricara.com

Kalau ngomong soal duit ini memang ya… paling mudah buat cari teman. Liat saja teman-teman mu yang kaya yang suka nraktir teman kantor atau teman kampus pasti gampang diterima dan punya banyak teman. Sayangnya itu ga bisa diterapkan ke semua orang kan.. untuk orang yang sedang-sedang saja ga mungkin lah sering nraktir gini.. bisa- bisa baru pertengahan bulan saja kamu sudah minta subsidi lagi.. Ayo kita ambil cara smart yuk biar kamu ga keliatan pelit tapi kantongmu ga nangis, misal ada acara kantor ikut aja iuran daripada nraktir kan lebih murah tapi kamu ga bakal dapet predikat pelit nih guys.. soalnya sekali kamu punya predikat pelit heeemmm ga cuma gosip dan gunjingan bahkan kena sindir akan sampai ke kamu terus-terusan.

4. Makan siang bareng teman-teman dan sesekali nongkrong masih sah kok

Bawa Bekal Makan Siang ke Kantor Yuk! via http://www.vemale.com

Advertisement

Punya waktu yang lebih di luar jam kantor ataupun kuliah bisa menambah kedekatan kalian nih. Sisihkan sehari seminggu deh buat kamu nongkrong bareng mereka biar kalian makin akrab dan suasana bakalan mencair. Naah untuk kamu yang lagi hemat ga ada salahnya kok buat kamu bawa bekal di kantor, tetapi jangan makan sendiri di ruangan kamu ya.. ini bikin kamu kurang bergaul lagipula ga enak kan makan sendiri ga ada temennya.. Satu lagi nih biasanya banyak obrolan tentang kerjaan yang ga etis kalo dibicarain di kantor makanya biasanya beberapa orang membicarakan ini saat di luar jam kantor ataupun saat makan siang, lumayan kepo-kepo proyek baru bisa lo guys…

5. Kerjakan dengan baik dan jangan mengeluh

Deadline Bukan Kiamat Bro! Jadiin Alat Agar Karier Cepat Naik via https://blog.duitpintar.com

Namanya juga baru.. pasti masih ga terbiasa sama lembur sama deadline dan semua antek-anteknya itu ya. Yang perlu kamu lakukan hanya 2 nih guys.. Tahap pertama kerjakan dan jangan mengeluh, pekerjaan sebanyak apapun kalau dikerjakan ya pasti selesai, kurangin waktu gosip kalau kamu lagi banyak perkerjaan, lumayan kan waktunya buat ngerjain dan selesai daripada gosip udah dosa kerjaan ga selesai nih. Tahap kedua tanya kalau kamu ga paham dan jangan emosi kalau kamu dapat teguran karena kerjaan kamu salah dan tidak sesuai, ya namanya baru wajar dong salah yang kamu lakukan bukan nangis dan baper seharian terus revisianmu ga beres heeeeemmm tambah kena omelan pasti.. mending kerjakan dan tanyakan bila kamu ga paham yaa.. toh kamu diterima kerja di situ berarti secara pendidikan kamu bisa hanya belum terbiasa aja..

Jangan menyerah sama omelan kecil ingat gaji dan bonus menantimu setelah pekerjaan selesai

6. Jangan sampai kamu tenggelam dengan dunia yang bukan duniamu

Ini, 5 Cara Mudah agar Terlepas dari Pengaruh Buruk Teman via http://www.binauralbeats.co.id

Berbaur bukan berarti kamu mengambil semua sisi ya.. kamu tetep harus punya pedoman untuk membedakan mana yang baik dan tidak baik. Naaahhh ini bener-bener bergantung pada dirimu sendiri, kamu harus punya filter buat dirimu sendiri. Ambil yang baik dari teman-temanmu, pelajari ilmunya tapi bukan kelakuan buruknya. Setiap orang punya 2 sisi pasti jadi kamu harus pintar memilah ya..

Ingat tujuan awalmu, ibarat kamu sedang menyebrangi laut untuk sampai ke sebuah pulau kamu harus menjaga dirimu supaya sampai di sana bukan malah tenggelam di samudra itu ya teman-teman..

Keep going and do the best.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya