Kamis, 4 Oktober kemarin merupakan Animal Day yaitu hari binatang sedunia. Orang-orang di penjuru dunia antusias merayakannya dengan caranya sendiri-sendiri. Tentunya memelihara hewan adalah hal yang menyenangkan untuk sebagian orang. Kita dapat bermain bersama seolah-olah memiliki teman yang selalu ada untuk kita.

Namun, memelihara hewan bukan hanya sekedar tentang senang-senang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kenyamanan hewan peliharaan kita.

Yuk simak penjelasan di bawah!

1. Beri Kandang yang Nyaman

Kandang Kucing

Kandang Kucing via https://google.com

Sebagai tuan yang baik tentunya kita harus memperhatikan kondisi kandang dari peliharaan kita. Kita harus membuat kandang peliharaan kita senyaman mungkin dengan cara penempatan yang baik, tersedianya tempat untuk buang air, ventilasi yang baik, pencahayaan yang cukup serta kebersihannya yang harus selalu terjaga.

2. Beri Pakan dan Minum yang Baik

pakan Kucing

pakan Kucing via http://www.google.com

Untuk menjaga kesehatan peliharaan kita agar selalu tampil ceria dan tidak mudah stres, kita tidak boleh memberikan pakan yang sembarangan. Setiap pakan yang kita beri harusnya dapat mencukupi kebutuhan protein, vitamin dan mineral dari peliharaan kita.

3. Ajak Main, Beri Kasih Sayang

Main Kucing

Main Kucing via https://www.google.com

Advertisement

Hewan peliharaan akan sangat senang jika tuannya perhatian dan sering mengajak bermain mereka. Hal itu dapat membuat interaksi yang kuat antara peliharaan dengan anda. Pernah baca berita tentang kucing yang menjaga kuburan tuannya? Atau kisah tentang anjing Hachiko yang selalu menunggu kepulangan tuannya? Itu hanya sedikit contoh dari terciptanya hubungan yang kuat antara peliharaan dan tuannya.

4. Beri Perawatan Khusus

Kucing Mandi

Kucing Mandi via https://www.google.com

Biasanya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing sangat senang bermain di luar. Hal itu tentunya membuat mereka menjadi kotor dan bau. Oleh karena itu perlu kita beri perawatan khusus seperti memandikannya kemudian memotong kukunya dan lain-lain.

5. Cek Kesehatan Peliharaan ke Dokter Hewan

70% penyakit pada manusia itu menular dari hewan. Nah, oleh karena itu teman-teman pasti tidak inginkan jika ada penyakit menular dari peliharaan kalian? Mulai sekarang, jadwalkanlah pemeriksaan rutin hewan peliharaan kalian atau lebih baik jika sebelum diadopsi itu divaksin terlebih dahulu

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya