Hai kamu yang sedang dimabuk cinta, yang status FB nya cinta-cintaan mulu, yang lagi klepek-klepek gara-gara si doi abis ngasih coklat pas satnite kemaren, atau kamu yang malah sedang dirundung kegalauan tingkat kecamatan atau bahkan tingkat kabupaten gara-gara pasanganmu ketahuan selingkuh. Ngga bosen apa cinta-cintaan mulu. Sebagai kaum muda, selayaknya kita harus pintar menata hidup kita, mau kemana arah hidup kita kelak, jangan malah sibuk dengan persoalan asmara kayak di sinetron telenovela yang episodenya entah kapan rampungnya…

Masa remaja adalah masa yang labil, dimana kita sedang mencari jati diri kita sebenarnya. Masa dimana kita masih mudah terpengaruh oleh lingkungan dan budaya sekitar, baik itu pengaruh positif atau negatif. 

5 hal ini layak kamu pikirin daripada hanya mikirin persoalan “cinta-cintaan” mu itu.

1. Masa Depanmu

mau dibawa kemanaa.. masa depan kita? via http://capitalistcreations.com

Ini yang paling terpenting dari yang terpenting. Masa depanmu mau dibawa kemana kawan? Sudah sampai mana kamu menyusun atau setidaknya memikirkan tentang planning masa depanmu? Mau kemana kamu setelah lulus SMA? setelah lulus kuliah mau ngapain? Persoalannya, saat tes masuk kuliah nanti atau saat tes interview kerja, kamu ga bakalan ditanya riwayat pacaranmu dan rekor berapa banyak mantan kekasihmu dulu, hehee..

2. Akademismu

kak maudi ayunda yang telah menyelesaikan kuliahnya di Oxford University, kamu gimana? via http://tango.image-static.hipwee.com

Berdasarkan survey non resmi yang dilakukan oleh penulis, rata-rata para remaja yang menghabiskan masa sekolahnya ”hanya” dengan pacaran adalah mereka yang nilai akademisnya rendah. Memang, nilai akademis bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan kita, masih ada faktor lain yang ikut berperan. Namun, apakah dengan nilai akademis yang rendah kamu bakalan yakin kalau masa depanmu bakalan lebih baik? Kejarlah semua mimpimu, tidak ada yang mustahil jika kamu mau berusaha dan berdoa. Buang semua pengaruh negatif yang dapat mengganggu jalanmu untuk menuju masa depan yang cerah.

3. Hobi dan Bakatmu

paduan suara mahasiswa Indonesia yang berhasil meraih penghargaan di Spanyol dan Ceko via https://akcdn.detik.net.id

Advertisement

Setiap manusia pasti mempunyai bakat atau kelebihan dibandingkan dengan yang lain, entah disadari atau tidak. Bagi kamu yang sudah tahu apa hobi dan bakatmu, tekunilah!. Banyak sekali orang-orang yang telah membuktikan bahwa hobi bisa membawa kita ke puncak kesuksesan. Tinggal bagaimana kita mengatur dan menyalurkan hobi kita itu. Dan bagi kamu yang belum mengetahui apa bakatmu, kenalilah lebih dalam dirimu, cari tahu hal apa yang benar-benar kamu sukai. Intinya, kembangkanlah dirimu. Jangan sampai kamu menyesal nantinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya