Eits…. Tunggu dulu! Kebanyakan seseorang akan memilih jurusan matematika karena mereka suka menghitung atau karena memiliki nilai matematika yang bagus. Hal itu belum cukup untuk membantu kamu kuliah di jurusan matematika. Nah, untuk itu simak yuk hal-hal yang diperlukan saat kuliah jurusan matematika.

1. Kamu harus tanamkan rasa “cinta” terhadap matematika

I Love Mathemathics via http://google.com

Ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang, tentu kamu akan berusaha untuk mengenalnya lebih jauh. Sama halnya saat kamu jatuh cinta dengan matematika, kamu akan berusaha untuk mempelajarinya lebih jauh mulai dari belajar sejarahnya hingga mempelajari perkembangan matematika. Sehingga, sesulit apapun soal matematika yang kamu kerjakan, kamu akan berusaha mencari jawabannya.

2. Memiliki kemampuan berhitung yang baik

Sering-sering latihan menghitung via http://google.com

Advertisement

Tidak dipungkiri bahwa dalam matematika dibutuhkan keahlian dalam berhitung, karena matematika terkait dengan angka-angka. Akan tetapi, jangan bersedih bila kamu tidak terlalu pandai menghitung. Kamu bisa melatih berhitung setiap hari dengan mengerjakan soal-soal matematika yang menuntut kamu untuk berlatih menghitung. Hindari penggunaan kalkulator apabila masih tahap mudah dalam pengerjaannya.

3. Memiliki logika yang baik

Berapa ya hasilnya? via http://google.com

Memiliki kemampuan berlogika yang baik merupakan suatu keuntungan untuk mempelajari matematika, karena matematika tidak hanya terkait dengan angka-angka. Matematika juga terkait dengan permainan kata-kata yang menuntut kita agar dapat memahaminya dengan benar.

4. Memiliki kemampuan menghafal yang baik

Caranya gimana sih,biar hafal rumus-rumus ? via http://www.flickr.com

Tidak hanya pelajaran biologi yang menuntut kita untuk menghafal suatu materi, matematika juga menuntut kita menghafal rumus-rumus yang ada. Apabila kamu tidak pandai menghafal, buatlah “jembatan keledai” yaitu singkatan atau trik untuk menghafal suatu rumus. Selain itu, kamu perlu membaca rumus matematika setiap harinya agar kamu tidak lupa.

5. Memiliki kreativitas yang tinggi

Gampang ya ternyata via http://google.com

Advertisement

Kreativitas juga perlu dalam mempelajari matematika. Untuk apa? Hal ini diperlukan supaya kamu bisa membuat atau mengkreasikan suatu rumus matematika agar kamu lebih mudah dalam memahaminya. Misalnya ada suatu permasalahan yang sangat rumit dan kamu tidak hanya menggunakan satu cara karena kamu bisa mencari cara yang lain. Seperti pepatah mengatakan “Ada 1000 cara menuju Roma”, begitu pula dengan matematika yang memiliki banyak cara untuk menyelesaikan suatu masalah.

6. Memiliki sikap yang tekun

Ternyata gampang ya kalau kita rajin via http://google.com

Apabila kamu tidak terlalu pandai dalam menghitung, kemampuan logikamu kurang, dan nilai matematikamu tidak terlalu bagus, maka salah satu solusinya adalah kamu harus tekun/rajin dalam mempelajari matematika. Ada pepatah yang mengatakan "orang pandai kalah dengan orang rajin". Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa orang yang biasa saja mampu mengalahkan orang yang pandai, karena kerja kerasnya untuk mencapai sesuatu. Begitu juga apabila kamu tekun dalam mempelajari dan sering latihan mengerjakan soal, niscaya kamu akan mampu memahami matematika.

6 hal ini yang kamu butuhkan untuk kuliah di Jurusan Matematika. Selain kerja keras,hal yang pertama kali dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan YME agar kamu tidak salah dalam memilih jurusan,karena ini menyangkut masa depanmu.

Semoga bermanfaat 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya