5 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Atasi Insomnia Karena Rasa Cemas Berlebih

Bye-bye insomnia!

Apakah kamu sedang mengalami insomnia atau sulit tidur karena merasa cemas? Bagi orang yang mengalami insomnia memang sangat tidak menyenangkan. Hal seperti ini terjadi dengan beberapa faktor yang melatarbelakanginya, salah satunya ialah faktor kecemasan berlebih.

Jika kamu sudah menerapkan berbagai cara untuk mengatasi insomnia namun belum juga berhasil, kamu dapat melakukan cara berikut ini lho. Yuk, simak ulasannya!

Advertisement

1. Metode 4-7-8

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Metode 4-7-8 merupakan salah satu metode yang patut kamu coba nih. Metode pernapasan ini dilakukan dengan cara menarik napas melalui hidung selalu 4 detik, lalu tahan napas selama 7 detik dan buang napas melalui mulut secara perlahan selama 8 detik. Kamu dapat lakukan cara ini sebanyak empat putaran dan cobalah untuk konsisten dalam 2 kali sehari, pagi hari dan malam hari ketika hendak tidur.

2. Metode Militer

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Metode militer ini dipopulerkan oleh Sharon Ackerman dalam buku yang berjudul Relax & Win: Performance Championship. Biasa dilakukan oleh anggota militer yang dituntut memiliki fisik dan kondisi bugar, metode ini bisa kamu lakukan ketika mengalami insomnia.

Advertisement

Kamu harus meregangkan seluruh otot pada bagian tubuh, termasuk mulut. Lalu tarik napas dan buang secara perlahan. Setelahnya kamu harus menjernihkan pikiran dan jangan biarkan pikiran apapun masuk dalam pikiranmu.

Jika belum berhasil, kamu harus mengkosongkan pikiranmu kembali sembari mengucapkan “jangan berpikir” Dengan metode ini, para anggota militer dapat tertidur hanya dalam waktu 2 menit lho. Semoga kamu juga bisa ya!

3. Jangan melihat jam

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Melihat jam hanya akan membuatmu cemas karena belum bisa untuk tertidur. Kamu harus menonaktifkan smartphone atau menjauhkannya dari tempat tidurmu. Dengan hal tersebut kamu tidak akan mencoba untuk melihat jam dikarenakan perasaan malas untuk bangun dari tempat tidur dan melihat jam. Cobalah untuk rileks dan menenangkan pikiranmu ya!

Advertisement

4. Bangun dan berpindah dari posisi tidur

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Loh, bukannya hal tersebut malah membuat kita menjadi sulit untuk tertidur? Jangan salah, bangun dan berpindah dari posisi tidur justru akan membantu kita untuk tidur lho!

Tapi dengan catatan, kamu tidak boleh melihat gadget maupun perangkat elektronik lainnya yang dapat membuatmu lebih sulit untuk tidur. Cobalah membaca buku atau membereskan peralatan rumah yang bersifat ringan. Karena dengan hal tersebut akan membuatmu lelah dan akhirnya tertidur.

5. Pergi ke Psikiater atau Psikolog

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Bagi sebagian orang mendengar Psikiater atau Psikolog mungkin akan terdengar menyeramkan. Tapi kamu harus ingat bahwa ke Psikater atau Psikolog justru akan membantu mengatasi masalahmu lho. Kamu akan diberikan terapi lanjutan ataupun obat-obatan yang pastinya aman karena dalam pengawasan ahli.

Kamu harus pergi ke Psikiater atau Psikolog jika insomnia yang kamu alami sudah parah. Cobalah untuk konsultasi terkait dengan masalah tidurmu ya. Sulit tidur memang sangat tidak mengenakkan. Terlebih bagi kita yang memiliki produktivitas yang tinggi. Cara-cara di atas dapat kamu lakukan nih untuk mengatasi insomnia berlebihan. Semoga berhasil ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a full-time learner who loves public relations and media studies.

CLOSE