Britania Raya, atau United Kingdom, atau Inggris. Apa pun sebutanmu untuk salah satu negara kerajaan tertua di dunia ini yang memang amat tersohor dengan keindahan dan eksotismenya. Suasana khas Negara Monarki yang amat terasa, budaya dan tradisi yang selalu lestari dan dijunjung tinggi oleh masyarakatnya, keunikan dan cita rasa khas kulinernya.

Namun, kamu perlu tahu, bahwa Inggris tak hanya tentang Big Ben si jam raksasa yang dentangannya amat membahana. Tak sebatas pada London Eye sang kincir danawa yang adalah satu-satunya kincir di atas air. Tak melulu tentang aliran menenangkan Sungai Thames yang amat tersohor. Tak juga seputar kehidupan ratu dan keluarganya di Buckingham Palace yang megah dan Windsor Castle yang mengagumkan.

Tidak. Inggris yang semestinya, lebih dari itu.

Bawalah kakimu melangkah lebih jauh ke masa lalu, napak tilas pada kisah-kisah sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Bawalah tubuh dan pikiranmu menuju keindahan masa silam dari katedral-katedral yang menjulang, menampilkan eksotisme yang tak pernah terkalahkan oleh zaman.

1. Salisbury Cathedral di Wiltshire

Salisbury Cathedral

Salisbury Cathedral via http://www.thestonehengetour.info

Aku akan mengawali perjalanan kita di sini, di Salisbury, Wiltshire, Inggris, yaitu ke sebuah katedral bernama Salisbury Cathedral. Dari London, kamu harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam untuk bisa menuju katedral ini.

Salisbury Cathedral atau Cathedral Church of the Blessed Virgin Mary adalah sebuah gereja Anglikan. Uniknya, katedral ini memiliki satu ciri khas pada arsitekturnya, yaitu menganut gaya Early English Gothic, yang memang menjadi konsep arsitektur paling terkenal saat abad permulaan. Tak seperti katedral di Inggris lain yang menganut konsep arsitektur campuran.

Advertisement

Dibutuhkan waktu 38 tahun untuk menyelesaikan katedral yang dibangun mulai tahun 1220 ini. Sebuah menara setinggi 123 meter membuat gereja ini mendapat julukan gereja dengan menara tertinggi di dunia, bahkan hingga saat ini.

Masuklah ke dalam, dan lihat betapa luasnya area katedral yang harus kamu tapaki. Saksikan pula kemegahan sebuah jam modern tertua di dunia, yang telah ada sejak tahun 1386 silam. Manjakan mata dengan kemewahan interiornya yang didominasi pilar-pilar yang membentuk kubah. Kunjungi pula Chapter House, Cloister, dan Salinan Bersejarah Magna Carta.

2. St. Paul’s Cathedral di City of London

St. Paul's Chatedral

St. Paul's Chatedral via https://www.mirror.co.uk

Kembalilah ke pusat Kota London, karena tujuan kita berikutnya adalah menuju St. Paul’s Cathedral, katedral paling terkenal di Kota London yang letaknya ada di Jembatan Milenium di bagian ujung selatan. Bukit Ludgate Hill, tempat gereja ini dibangun, adalah puncak tanah tertinggi yang ada di London.

Advertisement

Jika Salisbury Cathedral mengusung arsitektur bergaya Early Gothic, St. Paul’s mengadaptasi gaya Baroque yang amat sempurna di tangan Sir Christopher Wren, yang juga berhasil melahirkan Hampton Court Palace dan Kensington Palace. Kakimu mungkin lelah melangkah, tapi percayalah, memandangi menawannya katedral ini dari kejauhan akan membuat lelahmu sirna seketika.

Lagi-lagi, cobalah kembali ke masa lalu saat memasuki katedral dengan kubah putih besar yang dijaga oleh megahnya tiang berbahan marmer. Di sini, bertahun-tahun lalu, putri cantik Lady Diana melangsungkan pernikahannya dengan Pangeran Agung Charles.

Cukup, sekarang menujulah kembali ke masa kini. Ingat-ingatlah, karena katedral putih ini juga menjadi salah satu setting pilihan berbagai film box office ternama, seperti Harry Potter edisi ke-3, Prisoner of the Azkaban, Star Trek Into Darkness, dan Sherlock Holmes. Jangan sampai cepat puas, karena bagian ruang bawah tanah gereja ini juga tak boleh kamu lewatkan.

3. Whitby Abbey di North Yorkshire

Bagaimana? Apakah kamu sudah cukup puas dengan dua katedral pertama? Jika belum, mari ikut aku, kita akan mengunjungi salah satu bangunan katedral paling bersejarah di Inggris. Aku jamin, kamu tidak akan pernah menyesal pernah menapakkan kaki ke tempat ini.

Adalah Whitby Abbey, sebuah katedral yang dibangun pada abad ke-7. Bangunannya menghadap ke Laut Utara di Tebing Timur di kawasan Whitby, North Yorkshire. Namun, aku tidak mengatakan kamu bisa melihat bagaimana keindahan bangunannya secara utuh, tetapi kamu tetap bisa mencintai keelokan reruntuhannya yang masih saja mengagumkan meskipun telah tergerus zaman.

Rasakan semilir angun laut yang berpadu dengan kentalnya suasana sejarah Inggris pada masa itu. Sentuhlah bebatuannya, dan kamu akan tahu betapa kokoh dan kuat pondasinya. Masuklah ke dalamnya, lintasi lorong demi lorong, dan pandanglah birunya langit dari sana, bangunan yang kini telah kehilangan atapnya, tapi tak kehilangan jati dirinya.

4. Canterbury Cathedral di The Precincts, Canterbury

Canterbury Cathedral

Canterbury Cathedral via https://www.englishcathedrals.co.uk

Mari kita ucapkan selamat tinggal pada sejarah masa lampau dan kemegahan Whitby Abbey. Masih banyak katedral yang harus kita tuju. Berikutnya, aku akan menunjukkan padamu indahnya Canterbury Cathedral yang ada di The Precincts, Canterbury.

Masih sama, kamu akan menjumpai sejarah yang tak akan pernah ada habisnya, tapi dengan kisah dan penyampaian serta latar yang berbeda. Katedral ini adalah situs gereja Kristen tertua di Inggris, dan kini telah dinobatkan menjadi salah satu bangunan warisan dunia UNESCO.

Di sini, aku akan mempersembahkan padamu buku-buku, karena gereja ini memiliki lebih dari 30.000 koleksi buku lama yang tentunya, langka. Rasakan aroma lembaran kertasnya yang khas, warna kuningnya yang mendominasi. Rapuh, tetapi menggoda untuk dibuka dan diraba oleh ujung jemari. Ilmu, itulah yang bisa kuberikan padamu di katedral ini selain kecantikannya.

5. Liverpool Metropolitan Cathedral di Mount Pleasant, Liverpool

Liverpool Metropolitan Cathedral

Liverpool Metropolitan Cathedral via http://www.liverpoolmetrocathedral.org.uk

Sayangnya, waktu yang amat terbatas semakin mengerucutkan tujuan kita. Maka, aku akan membawamu ke destinasi katedral terakhir, yaitu Liverpool Metropolitan Cathedral. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Apa yang kamu lihat? Bukan seperti gereja di Inggris pada umumnya ya, yang gaya arsitekturnya lebih cenderung ke arah Gothic khas Britania Raya. Ya, inilah alasanku membawamu ke sini, karena mungkin, kamu butuh sesuatu yang baru. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Bangunannya sangat unik ya, dengan sebuah lingkaran laiknya mahkota di atas bangunan berbentuk seperti limas ini. Jajaran anak tangganya memperindah tampak depan bangunan. Benar sekali, sang arsitek, Frederick Gibberd telah menyulap bangunan ini dengan begitu sempurna pada tahun 1967. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Meskipun konsep desainnya amat berbeda, yang kali ini menerapkan gaya Neo Klasik, tetap saja, kamu akan mendapati kisah masa lalu yang panjang di sini. Kali ini, kisahnya tentang perseteruan pelik antara Katolik dan Protestan. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Mungkin, lain kali, kamu bisa kembali ke negeri ini. Pasti, aku akan mengajakmu berkeliling, karena masih ada segudang katedral di Inggris yang pesonanya sungguh akan membuatmu terpana. Kapan-kapan, kita berjumpa lagi ya. Sampai bertemu di Inggris! #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya