In London, love and scandal are considered the best sweeteners of tea. - John Osborne

Pernakah kamu mendengar nama Muriel Stuart Walker? Wanita yang dikenal sebagai Surabaya Sue ini merupakan satu-satunya wanita asing yang membela pihak Indonesia dalam masa agresi militer pertama di Indonesia. Semua orang pasti tahu dengan Thomas Stamford Raffles. Tokoh pendiri Singapura moderen ini telah berjasa untuk Indonesia khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan budaya.

Jasanya yang kini masih dapat kita jumpai adalah Kebun Raya Bogor, bunga Rafflesia Arnoldii, dan restorasi Candi Borobodur. Di kalangan pecinta sinetron dan FTV tentu pernah dengar nama Stuart Collin dan Yasmine Wildblood. Apakah kesamaan mereka? Ya, mereka semua lahir di negara yang sama, Kerajaan Inggris Raya atau dalam dunia internasional disebut sebagai United Kingdom of Great Britain.

Terletak di pesisir barat laut Eropa, negara kerajaan dengan julukan the emperium on which the sun never sets ini memiliki pengaruh yang luar biasa besar ke seantero dunia. Selain bahasanya yang resmi menjadi bahasa internasional, mata uangnya yaitu Pound sterling (£) atau dikenal dengan kode GBP ini merupakan salah satu mata uang terkuat di dunia.

Sampai saat ini Pounds tetap dijadikan salah satu acuan dalam perdagangan mata uang (Foreign Exchange Trading). Negara Union Jack ini juga telah melahirkan banyak-banyak tokoh penting seperti Isaac Newton, Charles Darwin, Winston Churchill, Agatha Christie, dan masih banyak lagi. Inggris juga identik dengan sepakbola karena terdapat tiga kota asal klub sepakbola dunia yang legendaris yaitu Machester, Chelsea, dan Liverpool. Tidak heran berbagai hal tersebut menjadikan Inggris memang layak menjadi destinasi impian semua orang diseluruh dunia.

Sayangnya, tingginya kurs Pounds sering kali menjadi hambatan ketika ingin mengunjungi tanah kelahiran ratu Elizabeth II ini. Namun, hal tersebut seharusnya bisa dijadikan tantangan tersendiri bagi kita untuk cerdik mengatur bujet untuk berlibur kesana. Banyak orang yang tidak tahu bahwa ternyata banyak destinasi gratis yang menarik untuk dikunjungi, khususnya di kota London.

Pesona destinasi gratis tersebut tidak kalah menarik kok dengan yang berbayar, bahkan dapat memperluas cakrawala pengetahuanmu. Bagi kamu yang minat akan sejarah urban suatu kota, kota London merupaknn destinasi yang tepat untukmu. Jadi, sembari menabung mari kita intip beberapa destinasi gratis yang wajib dikunjungi ketika singgah di kota London.

1. Westminster

Istana Westminster

Istana Westminster via https://cdn.images.express.co.uk

Wesminter merupakan pusat kota London yang dibelah oleh sungai Thames. Landmark yang juga merupakan cagar budaya UNESCO ini terdiri dari berbagai bangunan yang wajib dilihat seperti menara jam Big Ben, istana Westminster, kantor pemerintahan House of Lord, gereja Westminster Abbey, jembatan Westminster, wahana komedi putar London Eye, dan beberapa Green Park di sudut kota.

Mengingat di beberapa tempat publik dikenakan harga tiket yang cukup mahal, sekedar untuk melihat-lihat sekitar saja bisa jadi pilihan terbaik. Setidaknya dengan hadirnya kamu di sini menjadi tanda “Selamat Datang” di negeri Mr. Bean ini

2. Buckingham Palace

Advertisement

Bangunan yang juga dikenal sebagai Buckingham House ini merupakan pusat pemerintahan dan tempat tinggal sang ratu Elizabeth II saat ini. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan upacara pergantian pengawal kerajaan yang dilaksanakan setiap hari pada pukul 11.30 siang diiringi pertunjukan band militer.

Bendera kerajaan di atap istana merupakan indikator keberadaan Ratu dalam istana. Jika bendera berkibar mennandakan bahwa ratu sedang berada di dalam istana kerajaan. Istana yang berisi 650 kamar mewah ini umumnya tidak diibuka untuk umum.

3. Victoria & Albert Museum

Victoria & Albert Museum

Victoria & Albert Museum via https://data.whicdn.com

Advertisement

Museum yang namanya berasal dari nama ratu Victoria dan pangeran Albert merupakan museum seni dekorasi terbesar di dunia dengan jumlah objek sekitar 2.3 juta benda. Koleksi seni tersebut sudah mencakup galeri seni, fashion, furnitur, fotografi, perhiasan, dan benda lainnya yang cukup mengagumkan. Museum yang awalnya bernama Museum South Kensington ini dibangun pada tahun 1857. Selain itu tempat ini juga pernah dijadikan tempat shooting berbagai film seperti Tinker Tailor, Soldier Spy (2011), Hugo (2011) and Trance (2013).

4. Science Museum

Museum sains yang terletak di South Kensington street ini berisi lebih dari 15 ribu objek sains. Kabar baiknya semua pertunjukan disini gratis, kecuali beberapa pertunjukan tertentu yang khusus berbayar. Di sini kamu bisa menemukan berbagai hal keren contohnya pesawat awal Wright bersaudara, Pesawat Apollo 10, dan Roket Stephenson.

5. National Gallery

Masuk ke destinasi selanjutnya yaitu National Gallery. Sama seperti museum sains, museum ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis kecuali untuk beberapa pertunjukan tertentu. Galeri nasional yang berusia 193 tahun ini memuat lebih dari 2000 lukisan yang terkenal dari jaman pertengahan abad ke-20 hasil karya seniman besar seperti Da Vinci, Boticelli, Caravaggio, dan Van Gogh.

Jika kamu pernah mampir ke National Gallery di Singapura, kurang lebih seperti itulah skemanya. Setelah lelah melihat-lihat di National Gallery, kamu bisa berisitirahat di Trafalgar square yang terletak didepan National Gallery ini.

6. National Potrait Gallery

National Potrait Gallery

National Potrait Gallery via https://www.npg.org.uk

Bangunan yang terletak persis di belakang National Gallery ini juga gratis dalam biaya masuknya, kecuali untuk pertunjukan tertentu. Galeri ini berisi berbagai lukisan potret tokoh-tokoh ternama di dunia, terutama yang turut serta dalam perkembangan sejarah, budaya, dan perkembangan Inggris.

7. British Museum

British Museum

British Museum via https://assets.londonist.com

Museum Inggris ini merupakan museum terbesar ke-3 di dunia. Selain gratis untuk tiket masuknya, museum ini merupakan museum dengan peninggalan artifak terbesar di dunia yang sebagian besar berasal dari wilayah jajahannya dulu. Koleksinya mewakili budaya pada masanya seperti Mesir, Asia, India, Yunani, Roma, Cina, dan sebagainya.

Ikon-ikon sejarah dunia juga dapat dengan mudah ditemui disini. Kapan lagi bisa ketemu mumi Mesir, patung Julius Caesar, baju raja Arthur, patung Demeter dari Cnidus, patung torso Pericles, patung kuil Parthenon Yunani secara langsung.

8. Wellcome Collection

Wellcome Collection

Wellcome Collection via https://www.civictrustawards.org.uk

Museum unik ini merupakan perpaduan antara museum, perpustakaan, dan toko buku. Kebanyakan benda yang ditampilkan merupakan hasil karya perpaduan antara medis, sains, dan kehidupan. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi museum gratis ini.

9. British Library

British Library

British Library via https://upload.wikimedia.org

Destinasi gratis berikutnya adalah perpustakaan Inggris. Perpustakaan ini menyimpan berbagai literatur penting di dunia seperti sketsa Magna Charta buatan Leonardo Da Vinci dan hasil karya literatur lainnya karya pujangga terkenal dari Inggris, William Shakespears.

10. Sir John Joanne’s Museum

Sir John Joanne’s Museum

Sir John Joanne’s Museum via http://www.britainexpress.com

Museum yang namanya diambil dari arsitek Bank Sentral Inggris ini berisi berbagai barang-barang antik koleksi beliau semasa hidupnya dari era Victoria seperti lukisan, rancangan arsitektur, dan benda-benda antik.

11. Museum of London

Museum of London

Museum of London via http://www.kcwtoday.co.uk

Museum yang berisi sejarah kota London ini juga merupakan destinasi wajib yang tidak boleh dilewatkan. Museum ini menampilkan sejarah kota London dari era prasejarah, era pertengahan, era Victoria, hingga masa kini. Museum ini sebenarnya terpisah menjadi tiga bangunan terpisah. Bangunan pertama terdapat di kompleks Barbican. Bagian kedua adalah Docklands Museum yang khusus menampilkan sejarah dermaga dan hubungannya dengan transportasi dan perdagangan. Bagian ketiga adalah museum arkeologi yang berasal dari berbagai negara bagian Inggris Raya.

12. St Paul Cathedral

St Paul Cathedral

St Paul Cathedral via https://www.stpauls.co.uk

Gereja katedral Katolik kebanggan masyarakat London ini juga merupakan destinasi wajib di London. Bangunan yang dibangun dengan gaya arsitektur Renaisans pada abad pertengahan ini memiliki kubah setinggi 110 meter ini yang merupakan salah satu kubah gereja tertinggi di dunia. Sayangnya untuk masuk kedalam gereja katedral ini dikenakan biaya tiket sebesar £ 20. Untuk melihat harga tiketnya bisa dilihat di sini.

13. Bank of England dan Royal Exchange

Bank of England

Bank of England via http://images.pond5.com

Kedua bangunan inilah yang merupakan sentra keuangan di Inggris. Bank of England yang merupakan bank sentral sementara Royal Exchange bertugas sebagai bursa efek. Bagi penyuka hal-hal berkaitan dengan dengan uang, gedung ini merupakan bangunan yang sayang untuk dilewatkan

14. Sky garden London

Sky garden London

Sky garden London via https://i1.wp.com

Gedung kaca berbentuk walkie-talkie ini sebenarnya merupakan gedung pencakar langit komersil biasa. Hanya yang membuatnya istimewa adalah kamu bisa melihat pemandangan London dari atas secara gratis ketimbang naik wahana London Eye. Penting untuk diingat kendati gratis kamu tetap wajib melakukan pemesanan minimal seminggu sebelumnya. Untuk keterangan selanjutnya bisa kunjungi alamat ini di sini .

15. Tower of London

Tower of London

Tower of London via http://www.towerbridge.org.uk

Sekedar informasi, Tower of London masih satu bagian dengan Tower Bridge. Jadi, kamu bisa melihat-lihat Tower of London sembari menunggu Tower Bridge terbuka. Jembatan tersebut pada waktu tertentu untuk memberikan akses keluar masuknya kapal di sungai Thames. Sayangnya untuk masuk ke menara London diperlukan tiket yang cukup mahal sekitar £ 25. Untuk melihat jadwal buka jembatan menara bisa kunjungi dilihat di sini.

16. Belanja Oleh-Oleh di Oxford Street

Layaknya Orchard Street di Singapura, jalan ini merupakan surganya oleh-oleh khas London. Terdapat SOHO yang merupakan Chinatown di London. Di sepanjang jalan ini juga terdapat banyak butik-butik terkenal seperti Primark, Harrods, Bershka, dan Burberry. Oleh-oleh khas sana seperti ornamen KEEP CALM and CARRY ON, ornamen berpola Union Jack, ornamen bus Red Double Decker, ornamen Red Telephone Box, dan seperangkat alat minum teh khas British. Sekedar catatan, belilah oleh-oleh sesuai dengan alokasi dana yang tersedia.

17. Hyde Park

Lelah setelah berkeliling sekitar Oxford Street, kamu bisa beristirahat lucu di kebun hijau yang luas ini. Taman reformasi ini merupakan simbol hak rakyat dalam berkumpul dan memberikan pendapat. Untuk mewujudkan hal tersebut, kerajaan menyediakan tempat yang unik bernama Speakers' Corner . Di tempat tersebut, semua orang boleh berbicara di sepanjang tidak menggunakan bahasa yang tidak senonoh maupun cabul.

Selesai sudah daftar destinasi gratis yang dapat kamu kunjungi di London. Sebenarnya masih banyak destinasi menarik akan tetapi faktor transportasi yang jauh ditambah beberapa dari destinasi tersebut mempunyai harga tiket masuk yang mahal, terpaksa saya coret dari daftar destinasi. Sekedar saran, untuk menghemat bujet pilihlah tempat menginap berupa hostel murah atau menumpang dengan kerabatmu di London. Sembari jalan, nikmatilah English tea dan fish & chips khas Inggris yang wajib untuk dicoba.

Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menyusun rencana perjalanan selama ke London. Dan untuk transportasi, walaupun mahal tapi cobalah kereta bawah tanah tube atau bus tingkat 2 double decker. Percayalah, semua pengorbanan biaya yang yang telah dikeluarkan untuk visa dan tiket penerbangan semua langsung terbayar ketika berhasil mengunjungi beberapa tempat menarik di London nanti. Kapan lagi bisa menikmati indahnya lanskap London sambil memperluas cakrawalamu tentang sejarah dan budaya kuno Eropa? Jadi, #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya