Kita tentunya mengetahui waktu Indonesia Bagian Barat berada di GMT+7, Indonesia Bagian Tengah di GMT+8 dan Indonesia Bagian Timur di GMT+9. Lalu dimanakah tepatnya letak titik awal GMT atau GMT 0?

GMT 0 terletak di wilayah UK yang penuh dengan bangunan klasik dan sarana yang sudah berumur ratusan tahun tapi masih dapat dipakai sampai saat ini. Sarana transportasi kereta bawah tanah di kota London merupakan kereta bawah tanah pertama di dunia dan sudah berumur ratusan tahun. Bangunan-bangunan berusia ratusan tahun di UK juga masih dipakai sampai saat ini dan masih tampak kokoh serta cantik.

Walau bangunan dan sarana sudah lama ada, bukan berarti UK itu kuno, UK juga memiliki pemandangan alam yang cantik dan sisi modern yang menarik. Apa yang bisa kita lihat di UK? Mari kita baca artikel ini lebih lanjut.

1. Greenwich Mean Time (GMT)

Greenwich Observatory

Greenwich Observatory via http://royalparks.org.uk

GMT singkatan dari Greenwich Mean Time. Dari namanya kita akan menebak titik tengahnya berada di kota Greenwich, Inggris, UK. Ya benar, tepatnya terletak pada tanda garis yang berada di depan Royal Observatory Greenwich dan banyak turis yang berfoto berdiri di garis ini.

GMT merupakan pola ukuran waktu yang ditetapkan pada konferensi yang dihadiri oleh beberapa negara pada tahun 1884 dengan tujuan untuk mengatur jadwal pelayaran. GMT 0 merupakan waktu saat matahari berada tepat diatas suatu lokasi yang ditetapkan sebagai titik awal waktu. Lalu bumi yang bundar 360 derajat dibagi 24 waktu sehingga setiap 15 derajat beda 1 jam. Dari Greenwich ke kanan +12 jam dan di kiri -12 jam. Pemilihan titik nol berada di kota Greenwich, Inggris, UK tampaknya karena pengaruh Inggris yang saat itu dapat dikatakan sebagai penguasa dunia.

Advertisement

Kota Greenwich selain sebagai kota yang menjadi titik nol GMT juga menyimpan sejarah pada masa Tudor. Gedung istananya yang juga pernah menjadi Naval College, sampai saat ini masih tampak kokoh berdiri walau sudah berusia ratusan tahun.

2. Bangunan klasik yang kokoh dan cantik

Koleksi Foto Pribadi - Upacara Penggantian Penjaga di istana Buchkingham

Koleksi Foto Pribadi – Upacara Penggantian Penjaga di istana Buchkingham via http://www.hairspeak.blogspot.com

Apiknya kondisi bangunan tua di UK patut diajungi jempol. Kita bisa melihatnya baik di Inggris khususnya di kota London, Skotlandia maupun Irlandia Utara. Contoh utama bangunan tua yang masih kokoh adalah istana dan gedung pemerintahan. Di London kita bisa melihat kokohnya Buchingham Palace, istana resmi tempat Ratu bertugas dan setiap jam 11.30 siang diadakan acara penggantian penjaga yang sudah menjadi atraksi utama yang dicari para turis.

Lalu istana Kensington yang memiliki taman luas dan kafe yang menjual cake yang rasanya enak sekali. Istana di Edinburg, Scotlandia juga berumur ratusan tahun dan tampak masih kokoh. Dan bangunan tua yang paling keren dan terkenal adalah Parliament Square dengan Bid Ben (Elizabeth Tower)-nya yang merupakan ikon kota London. Bangunan tua yang kokoh lainnya adalah bangunan musium. British Museum di London tak boleh kita lewatkan kalau ke UK karena selain gratis juga karena walau musium ini di gedung tua dan barang-barangnya pasti barang tua, tapi tidak ada rasa horor. Museum ini tampak apik dan modern.

Advertisement

Tak ketinggalan, bangunan gereja yang berusia ratusan tahun juga banyak yang masih kokoh dan cantik seperti St Paul Cathedral di London dan St Giles Cathedral di Edinburg.

3. Kereta bawah tanah pertama di dunia

Lambang London Tube

Lambang London Tube via http://www.visitlondon.com

Kereta bawah tanah di London yang terkenal dengan sebutan Tube yang merupakan transportasi andalan masyarakat saat ini, sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, lho! Jalur pertama sudah beroperasi sejak abad 18 dan merupakan kereta bawah pertama di dunia.

Saat ini ada 11 line. Stasiun yang paling modern adalah King Cross Statiom yang merupakan pusat bertemunya semua transportasi kota ini. Sedangkan beberapa stasiun hanya ada anak tangga saja tanpa tangga berjalan dan lift, mungkin karena kondisinya tidak memungkinkan untuk dibuat sarana ini.

4. Pemandangan alam yang cantik

Koleksi Foto Pribadi - Loch Ness di Scotlandia dengan kapal yang menawarkan tour menyusuri danau ini

Koleksi Foto Pribadi – Loch Ness di Scotlandia dengan kapal yang menawarkan tour menyusuri danau ini via http://www.hairspeak.blogspt.com

Walau banyak bangunan tua bukan berarti negara ini negara kuno tanpa pemandangan alam yang cantik, lho. Pemandangan alam dapat kita lihat di pinggiran kota Inggris seperti susunan batu bersejarah Stonehenge dan bagi penggemar pegunungan dapat mengunjungi The Highland di Skotlandia yang memiliki lembah Glen yang cantik dan danau Loch Ness yang memiliki legenda monster mirip dinosarous yang muncul di danau ini. Di Irlandia Utara juga terdapat pemandangan lembah cantik yang bernama lembah Antrim yang membentang dari dataran tinggi Antrim sampai ke tepi laut.

5. Perkembangan mode adalah salah satu sisi modern UK

London Fashion Week

London Fashion Week via http://www.londonfashionweek.org.uk

UK juga memiliki sisi modern yang dapat kita lihat di kota London seperti London Eye, sarana transportasi kota ini yang terintegrasi dengan baik dan kita juga dapat melihat dari cara berpakaian masyarakatnya terutama di kota London yang sangat mengikuti perkembangan mode, selaras dengan predikat kota ini sebagai salah satu pusat mode dunia. London Fashion Week sebagai ajang para desainer terkenal memamerkan karyanya diadakan berkali-kali dalam setahun.

Jadi, tunggu apalagi? Jadikanlah UK sebagai salah satu tujuan wisata impianmu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya