Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Baca? Ada Tips yang Menyenangkan, lo!

Meningkatkan minat baca di zaman sekarang itu mau tidak mau sudah sangat diperlukan, apalagi banyak sekali berita di mana-mana yang kita tidak tahu kebenarannya. Maka, itulah gunanya membaca agar ilmu kita bertambah, agar wawasan kita berkembang biar bisa memilah mana informasi yang dapat diterima mana yang hoaks. Sumber bacaan dari buku, buletin, koran atau di zaman sekarang mungkin dari media-media berita atau kamu bisa baca hipwee bisa menjadi jendela dunia bagi kita yang tidak bisa menjelajahinya secara langsung.

Nah, di sini ada beberapa tips untuk meningkatkan minat membaca kita nih, SoHip! Yuk, kita simak!

Advertisement

1. Jauhkan dirimu dari HP atau aktifkan mode pesawat

Namanya zaman yang penuh distraksi seperti sekarang, baru membaca 5 menit eh liat notifikasi Instagram kemudian tidak terasa deh udah 1 jam buka HP jadi lupa membaca. Mulai sekarang, coba deh untuk menjauhkan dirimu dari HP ketika ingin membaca agar kegiatanmu lebih maksimal dan produktif, deh.

2. Bawalah sebuah buku setiap saat

buku bacaan

buku bacaan via https://www.pexels.com

Banyak sekali sebenarnya waktu luang untuk membaca yang tidak terduga, misalnya lagi antri belanja, lagi nunggu teman di cafe yang telat muncul, lagi macet di mobil, dll. Kita bisa langsung membaca buku yang kita bawa.

Advertisement

3. Siapkan sebuah buku sebelum kamu menyelesaikan buku yang sedang kamu baca sekarang.

Milikilah kumpulan buku untuk siap dibaca atau penuhi koleksi buku di E-Readermu. Kemudian ketika satu buku telah selesai ditamatkan kita tidak bingung dan langsung bisa melanjutkan buku cadangan lainnya yang memang sedang dibaca saat itu juga. Jangan lupa untuk mencoba baca buku yang baru, dengan demikian kau tidak akan pernah kehabisan buku untuk dibaca.

4. Jika kamu tidak menikmati suatu buku segeralah berhenti membaca buku tersebut.

buku bacaan yang lain

buku bacaan yang lain via https://www.pexels.com

Membaca itu untuk merasakan ketenangan, enjoy. Jangan mau baca buku, tapi kepaksa. Tidak ada gunanya membaca kalau seperti itu. Tidak usah dipaksakan, banyak buku yang bagus, tapi kita tidak bisa menikmatinya karena mood kita jelek mungkin saat itu. Pilihlah buku lain dan jangan habiskan waktumu untuk buku yang tidak kamu nikmati.

5. Buatlah jadwal di kalendermu satu jam perhari untuk membaca layaknya kamu memilki sebuah acara yang penting

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Cobalah di saat berpergian menaiki kendaraan umum, saat istirahat makan siang, atau bangun tidur satu jam lebih awal. Punya jadwal sendiri untuk membaca, minimal 1 jam membaca sebelum tidur dan 1 jam membaca setelah bangun tidur yang pada akhirnya bisa saja kebablasan juga kalau memang bukunya bagus. Jadi, intinya kita harus memaksakan diri kita dulu rutin membaca. Nggak perlu ekstrim 1 jam kalau masih awal-awal, bisa juga 1 bab perhari, atau 20 halaman per hari. Kamu tahu sendiri kemampuanmu. Pokoknya harus rutin, ya.

Advertisement

6. Milikilah teman-teman sesama pecinta buku

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Ini juga sangat membantu, lo. Kita bisa saling merekomendasikan buku-buku yang telah kita baca. Juga saling memberikan informasi seputar buku terbaru atau buku yang tengah diskon. Bisa menambah relasi juga, kan?

7. Tanamkan pola pikir bahwa buku adalah suatu hiburan

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Buku itu tidak semuanya kayak buku pelajaran sekolah. Buku bisa seru dan menyenangkan juga. Ada miliiaran judul buku yang berbeda di dunia ini, tentunya banyak dari mereka yang akan cocok bagimu. Kamu juga bisa membaca segala macam jenis buku dan tetap bisa disebut sebagai seorang pecinta buku.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya lebih dikenal dengan panggilan fina. Saya mempunyai hobi melukis dengan media cat air dan menulis beberapa jenis tulisan. Dan kesibukan saya sekarang ada sebagai mahasiswa.

Editor

CLOSE