Intovert adalah salah satu bentuk kepribadian yang dikenal dengan kepribadian tertutup. Orang yang introvert biasanya lebih memilih untuk melakukan berbagai kegiatan secara mandiri, tanpa ada teman yang mendampinginya. Ia juga merupakan sosok yang jarang berkeluh kesah pada banyak orang. Mereka bahkan lebih sering memendam semuanya sendiri. Semuanya, mulai dari masalah hingga ide kreatifnya. Dia juga merupakan sosok yang sulit untuk berbicara di depan umum.

1. JoJo

JoJo, aplikasi podcast mini via http://google.com

JoJo merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membuat mini podcast secara anonymous. Podcast adalah serangkaian pesan yang berbentuk media digital (audio atau video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan bisa diunduh di penyedia layanan podcast. Bagi kamu yang introvert, aplikasi ini cocok banget kamu gunakan sebagai saranan belajar ngomong di depan umum. Fitur anonymousnya juga cocok banget bagi kamu yang cenderung tertutup. Di aplikasi ini, kamu bisa merekam dan membagikan 3 jenis audio, yaitu musik, suara alam, dan rekaman suara manusia. Setelah audiomu selesai terekam, filenya akan ditempatkan di tempat yang digunakan untuk merekam audio tersebut. Semua audio tersbut memiliki durasi maksimal selama 3 menit.

2. Anchor, aplikasi podcast mandiri

Anchor, aplikasi podcast mandiri via http://google.com

Sama dengan JoJo, Anchor juga merupakan aplikasi podcast. Bedanya, di aplikasi ini kamu bisa menciptakan sendiri stasiun podcastmu. Di sini, kamu boleh banget mengekspresikan diri dan menunjukkan siapa dan apa bakat kamu. Kamu juga bisa mengirimkan rekaman suaramu yang sudah dilengkapi dengan musik latar belakang yang semuanya asyik! Semua itu bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun. Tentunya, tanpa bakat public speaking yang matang. Maksimal durasi untuk merekam satu segmen di aplikasi ini adalah 5 menit. Tapi tenang aja, kalau waktu 5 menit itu belum cukup, kamu bisa bikin segmen baru untuk melanjutkannya kok. Cara penggunaan yang mudah juga bakal bikin kamu betah untuk berlama-lama menggunakan aplikasi ini.

3. Vent

Advertisement

Vent, aplikasi sharing diary via http://google.com

Vent adalah aplikasi media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan semua perasaan kamu. Mulai dari senang, hingga depresi banget sekali pun. Di aplikasi ini, kamu pun mampu mendengarkan curahan hati pengguna lain. Kamu bisa mendukung dan juga memahami perasaan mereka. Bahkan sangat mungkin bagi kamu buat berbagi pengalaman dan perasaanmu sama mereka. Hmm… unik ya! Fasilitas grup dalam aplikasi ini memungkinmu untuk berkenalan dengan orang baru. Psstt.. Semua pengguna di aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris lho! Jadi, secara langsung kamu juga bisa belajar bahasa Inggris! Wow!

4. Riliv

Riliv, aplikasi curhat online via http://google.com

Bagi kita anak Indonesia, kita patut berbangga karena anak negeri kita telah mampu menciptakan aplikasi yang keren ini. Riliv, aplikasi curhat online. Tentunya di aplikasi ini, kamu bisa curhat tentang masalah-masalah yang terjadi dalam hidupmu. Mulai dari keluarga, sosial, bahkan hubunganmu bersama pacar. Sama seperti Vent, kamu juga bisa mendengarkan dan membeeri saran terhadap curhatan orang lain. Yang bikin aplikasi ini unik adalah kamu bisa curhat langsung dengan psikolog. Tentunya secara anonim juga. So, kamu nggak usah khawatir deh, kalau masalahmu diketahui oleh orang. Karena identitasmu dijaga kerahasiaannya di aplikasi ini.

5. Mirakee

Mirakee, aplikasi menulis secara grafis via http://google.com

Bagi kamu si introvert yang doyan nulis dan bikin sajak, aplikasi ini cocok banget buat kamu. Kamu bisa menulis cerita, puisi, blog, dan bentuk tulisan lainnya dengan format yang tidak biasa. Ya, tulisan yang kamu tulis akan di post dalam bentuk gambar. Kamu bebas memilih warna latar belakang, font, dan tata letak kesukaanmu sendiri. Kamu bisa menyesuaikannya dengan mood dan kepribadian kamu. Desain rupa tulisan dipegang penuh olehmu. Aplikasi ini juga sangat menghormati yang namanya hak cipta alias copyright. Jadi, kamu nggak usah khawatir kalau karyamu di copy paste sama orang. Mirakee juga memungkinkan kamu untuk membaca dan menulis tulisan dalam berbagai bahasa, lho!

6. HearMeOut

HearMeOut, aplikasi sosial media yang berbasis audio via http://google.com

Mirip-mirip dengan JoJo dan Anchor, di aplikasi ini kamu juga bisa merekam suaramu. Di aplikasi ini, kamu bebas mengekspresikan diri dan berkenalan dengan orang banyak melalui suara. Saat kamu merekam suaramu, kamu bisa menambahkan filter supaya rekaman suaramu makin kece. Supaya teratur, kamu juga bisa mengkategorikannya ke dalam 12 kategori yang ada. Mirip seperti fitur Twitter yang bisa retweet, di sini kamu juga bisa mengirim ulang suara orang lain. Durasi rekaman di aplikasi ini juga cukup panjang, yaitu lebih dari 42 detik.

7. Mori Journal

Mori Jurnal, aplikasi jurnal online via http://google.com

Tampilan jurnal yang datar dan membosankan? Hal itu nggak akan kamu rasakan di aplikasi ini. Mori Jurnal, itulah nama aplikasi jurnal unik ini. Di aplikasi ini, kamu bisa mendesain jurnalmu sendiri dengan berbagai elemen yang unik. Ada banyak font, stiker, dan background yang bisa kamu gunakan untuk desain jurnalmu. Kreativitas adalah segalanya di sini. Kamu juga bisa mendapatkan banyak inspirasi desain yang kreatif dan unyu-unyu. Cocok banget deh bagi si introvert yang kreatif dan suka hal-hal baru!

8. Raccoon

Raccoon, aplikasi sharing cerita melalui video via http://google.com

Kamu introvert yang pengen belajar bercerita lewat video tapi bingung mau ngomong apa? Aplikasi Raccon inilah jawabannya! Aplikasi ini memungkinkan kamu menceritakan satu kejadian yang ada di sekitarmu. Karena basisnya video, aplikasi ini juga bisa kamu pakai sebagai tempat latihan buat bicara di depan banyak orang. Tentunya, kamu juga bisa menginspirasi orang lain dengan ceritamu. Durasi kamu untuk menceritakan sebuah cerita di aplikasi ini adalah 60 detik. Cukup singkat memang, tapi lumayan juga untuk melatih kemampuan berpikir cepatmu!

9. Journi

Journi, aplikasi jurnal perjalanan via http://google.com

Rekreasi atau jalan-jalan merupakan hal menyenangkan untuk menghilangkan stres. Kalau kamu seorang introvert yang doyan jalan, ini cocok banget buat kamu. Aplikasi Journi ini memungkinkan kamu buat menceritakan satu persatu perjalanmu yang menyenangkan. Bukan cuma tulisan, tapi juga momen-momen keren perjalananmu bisa kamu bagikan di sini. Tiap kamu ke tempat baru, kamu akan mendapatkan stamp baru di aplikasi ini. Uniknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara offline di mana pun. Kamu nggak perlu khawatir kere karena kuota habis, deh. Cocok juga nih buat anak introvert yang ngekos dan dituntut buat hemat, hihihi.

Itulah aplikasi-aplikasi unik yang bisa dipakai si introvert untuk mengekspresikan diri. Sekali lagi, bagi kamu yang introvert, jangan pernah minder dan malu-malu lagi ya buat mengekspresikan diri. Jika kamu introvert berarti kamu itu unik, kreatif. Ingat juga, semua manusia itu unik dan punya peluang yang sama buat sukses. Mumpung masih muda nih, ekspresikanlah dirimu sebebas-bebasnya! Rentangkan sayapmu selebar-lebarnya untuk meraih masa depan yang cerah.