Baru Mencoba Meditasi? 3 Hal Ini Menjadi Masalah Umum saat Bermeditasi Pertama Kali

Dalam melakukan suatu rutinitas apapun, seseorang pasti akan mengalami beberapa kesalahan-kesalahan umum pada awalnya. Hal tersebut juga terjadi pada orang-orang yang baru mulai melakukan teknik meditasi. Kemungkinan besar, kalian akan mengalami beberapa masalah umum saat bermeditasi.

Tetapi tenang saja, dengan mengenal dan mengetahui kesulitan yang kamu temui saat awal-awal mencoba meditasi, kamu bisa belajar untuk menjadi lebih baik, Dear.

Berikut adalah beberapa masalah umum saat bermeditasi yang biasa ditemui orang-orang yang baru memulai rutinitas meditasi dan sedikit nasihat bagaimana kamu bisa melewatinya!

Advertisement

1. Meditasiku sudah benar belum sih?

Photo by Public Domain Pictures on Pexels

Photo by Public Domain Pictures on Pexels via https://www.pexels.com

Ada keraguan yang muncul di tengah-tengah praktek meditasimu. Tidak apa, Dear, itu biasa. Masalah baru ada kalau kamu mengikuti keraguan itu.

Jadi jangan lupa, tidak peduli bagaimana bentuk pikiran tersebut, itu tetaplah hanya sebuah pikiran. Yang harus kamu lakukan hanyalah kembali berfokus ke pernafasanmu.

Advertisement

2. Masalah umum saat bermeditasi yang biasanya terjadi: tertidur

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Sangat mudah untuk tertidur saat kamu baru memulai latihan meditasimu. Jadi, jangan khawatir kalau kamu sering tertidur di minggu-minggu awal rutinitas meditasi kamu, Dear.

Tapi kalau itu terus-terusan terjadi, mungkin kamu bisa merubah waktu meditasimu, posisi duduk menjadi lebih tegak, atau cipratkan air dingin ke wajahmu sebelum memulai latihan bermeditasi.

3. Tiba-tiba merasa sedih

Advertisement
Photo by Pixabay on Pexels

Photo by Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Rasa sedih itu alami, Dear. Bukan sesuatu yang tidak baik. Kalau kamu merasa sedih dan meneteskan air mata saat bermeditasi, tidak apa-apa, itu umum dialami orang lain.

Kamu justru bisa merasa lebih lega, lho. Jadi tetap fokus dan lanjutkan latihan meditasmu.

4. Tidak sabar, kesal, dan marah

Photo by freestocks.org from Pexels

Photo by freestocks.org from Pexels via https://www.pexels.com

Emosi-emosi tersebut memang agak mirip dan seringkali kita tahan. Tapi Dear, semakin sering kita memendam perasaan-perasaan tersebut di dalam diri kita, semakin tinggi kemungkinan mereka akan keluar dengan sendirinya.

Jadi kalau kamu sedang mengalaminya, daripada menghindari emosi tersebut, lebih baik cobalah untuk mengekspresikannya (tentu saja dengan kendali ya, Dear).

Beri mereka ruang untuk keluar dan pergi dengan sendirinya.

5. Lalu, harus bagaimana?

Photo by Min An from Pexels

Photo by Min An from Pexels via https://www.pexels.com

Selain beberapa masalah umum saat bermeditasi yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak menutup kemungkinan masih banyak hal atau masalah yang kamu alami ketika awal-awal baru memulai rutinitas meditasi.

Kenali apa masalahmu dan coba cari tahu bagaimana cara menyelesaikannya agar bisa membuat kamu lebih baik lagi dalam melatih kemampuan bermeditasimu. Jangan menyerah dan tetap semangat, good luck!

Disadur dari:

  1. https://www.headspace.com/meditation-101/trouble-meditating

Artikel ini ditulis oleh Sabrina Rizkahil dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE