Halo lur ketemu lagi di tulisan-tulisan absurd gue, semoga vespa kalian semua dalam keadaan sehat wal’afiat. Kali ini gue mau berbagi hal-hal yang urgent banget yang perlu lo perhatiin dan bawa ketika lo touring ke luar kota. Bukannya gue ngajarin, tapi lebih ke care aja biar perjalanan riding lo tetap menyenangkan.

Soalnya dulu waktu gue pertama kali punya Vespa pas touring ke Bandung ga ngerti apaan aja yang harus ada di box Vespa, gue taunya makanan sama minuman. Untungnya rame-rame jalannya, kalau nggak bisa mewek gue di jalan hehehe.

Kenapa sih harus ribet prepare? Ya karena Vespa klasik beda kondisi kesehatannya dibandingkan sama Vespa matic edisi terbaru. Vespa matic itu kan masih gres jadi kalau mau dibawa kemana mana masih dalam kondisi baik banget, paling sikringnya putus doang.

Nah kalau yang klasik berabe, kan udah pada lawas kondisinya dan sangat rentan rusak. Walaupun semua bagian udah lo ganti dengan yang baru akan tetapi ada parts tertentu yang langganan gampang rusak atau berubah.

Ini dia benda-benda ajaib yang wajib lo bawa.

1. Kunci Busi

Kunci Busi

Kunci Busi via https://google.com

Wahh kalau nggak ada ini lo bisa pusing guys, kalau di dalam kota sih enak bisa aja banyak bala bantuan datang nah kalau lagi ke luar kota riding-nya bisa repot deh lo. Kalau vespa mesinnya mati, ngadat, pengapian nggak benar biasanya kita ngecek businya dulu, busi merupakan indikator dari segala problem mesin, nanti kita bisa mendeteksi penyakit lainnya dengan melihat pengapian di businya. Kalau nggak ada konci busi? Ya bisa sih akal akalan buat ngebukanya, tapi kan kaa…

2. Kunci Roda

Kunci Roda

Kunci Roda via https://google.com

Advertisement

Waktu berangkat sih semua udah kenceng, udah ganti baru malah murnya atau baut rodanya udah dibubut. Tapi itu bukan jaminan Men.. dengan jarak dan durasi lo turing, kontur jalanan yang bervariasi, semua sendi-sendi perbautan pasti akan berubah, akan kendor.

Mur roda belakang paling rentan kendor karena dia tumpuan utama perputaran mesin ke roda, andalan terakhir dari semua torsi gerak motor. Beban besar, lama – lama tuh mur dan bautnya nggak akan kuat. Nggak ada kunci roda akan merepotkan ente Sob!

3. Bohlam

Bohlam Vespa

Bohlam Vespa via https://google.com

Ketentuan di Indonesia kalau sepeda motor itu harus menyalakan lampu utama saat siang dan malam hari akan memaksa lampu atau bohlam kita bekerja terus menerus tak kenal lelah, yakali doi akan kuat, pasti nggak akan kuat, kayak gue liat Lambretta, nggak kukuu hahaha..

Advertisement

Oke balik lagi, iya lo harus bawa stok bohlam yang banyak, dipantengin nyala mulu pasti akan putus, apalagi kalau aliran listriknya nggak benar, akan makin gampang putus bohlamnya. Benarin dulu kelistrikannya baru abis itu kuat kuatan dah sampe di mana itu daya tahan bohlamnya. Bohlam lampu depan, sein (kalau ada seinnya), bohlam rem juga jangan lupa. Oke ya, murah kok, ada yang 3000 perak malahan.

4. Tali Kopling, Tali Persneling, Tali Rem Depan dan Tali Rem Belakang

Tali Kopling

Tali Kopling via https://google.com

Wah ini kemungkinan putusnya besar nih, kalau nggak percaya tanya aja sama anak-anak Vespa lainnya. Ada tiga hal yang bikin tali-talian ini gampang putus, diantaranya :

1. Dudukan kait niple tali nggak bener atau tajem, ini akan segera mengikis kekuatan tali tersebut.

2. Kualitas talinya emang jelek.

3. Cara lo neken tuas kopling, persneling atau rem kasar.

Cara ganti talinya gampang kok, kalo masih bingung liat Youtube aja ya..

5. Senter

Emang yang ronda doang yang perlu senter, kang touring juga butuh senter. Kebayang kan pas lagi di tempat gelap gulita tiba-tiba Vespa lo mogok, mau ngecek pake apa lo? Pake HP? Kalau nanti ada komunikasi kan ribet. Udah lo jangan ngeyel, sediain lah tetep senter, lebih praktis. Lagian kalau pake HP sayang entar kena kotoran bahkan kena oli.

6. Ban Cadangan

Ban Serep Vespa

Ban Serep Vespa via https://google.com

Naaahh ini juga penting pake banget, sob. Tapi nggak usah khawatir sih soalnya rata-rata Vespa klasik itu ada ban cadangannya kok, tinggal lo cek deh masih ada apa nggak hehehe, kalau masih ada coba cek kondisinya masih bagus apa nggak, masih bisa dipake apa nggak dan jangan lupa periksa tekanan anginnya ya.

Enaknya pake Vespa klasik ban cadangan udah tersedia, jadi kalo di jalan bocor kita tinggal pasang deh tanpa perlu repot-repot dorong untuk cari tukang tambal ban.

Itu kira-kira alat dan bahan yang paling utama buat Pertolongan Pertama Pada Kemogokan. Yang jelas harus lengkap sih apa pun itu, cuma setidaknya peralatan yang tadi diuraikan itu wajib banget ada.

Sampe ketemu yah, gue mau mandi dulu, salam buat keluarga skuter dicmana pun berada!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya