Mudahnya Belajar Bahasa Inggris dengan Melakukan Hobi, dari Membaca sampai Menyanyi

Belajar bahasa Inggris

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Salah satunya melalu hobi. Bagi kamu yang ingin atau tengah belajar bahasa Inggris tapi takut bosan di tengah jalan sekarang kamu bisa jadikan hobimu sebagai cara supaya belajarmu lebih menyenangkan. Hobi yang seperti apa? Ya misalnya seperti membaca, mendengarkan musik, menyanyi, menonton, dan menulis.

Advertisement

1. Membaca buku yang menarik

Kamu yang suka membaca biasakan mulai sekarang untuk membaca buku atau teks yang menggunakan bahasa Inggris. Pilihlah bacaan yang menarik untukmu agar tidak cepat bosan. Dengan membaca buku atau teks berbahasa Inggris kamu bisa menambah perbendaharaan kosakatamu lho..

2. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik via https://www.freepik.com

Hobi satu ini juga bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Hal ini sesuai dengan sebuah studi yang dilakukan oleh Suzanne L. Medina (2002) yang menunjukkan bahwa musik dapat membantu pembelajar bahasa kedua memperoleh kosakata dan tata bahasa, meningkatkan ejaan, dan mengembangkan kemampuan linguistik dalam membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Nah mulai sekarang cobalah lebih sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Advertisement

3. Menyanyikan lagu bahasa Inggris

Bagi kamu yang suka nyanyi mulai sekarang cobalah untuk menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan speaking-mu.

4. Menonton film dengan bantuan subtitle

Menonton merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bagi kamu yang punya hobi ini kamu bisa meningkatkan kemampuan listening dan reading-mu melalui tayangan berbahasa Inggris. Gunakanlah subtitle bahasa Inggris untuk membantu memahami apa yang tengah dibicarakan dalam tayangan tersebut. Mulailah dengan tayangan yang bergenre ringan seperti animasi atau komedi karena biasanya menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami. Untuk kamu yang sudah terbiasa menonton tayangan berbahasa Inggris cobalah untuk menonton tanpa subtitle untuk membantu meningkatkan listening skill.

5. Menulis dalam bahasa Inggris

Kamu yang hobi menulis cobalah mulai sekarang untuk menuliskan sesuatu menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bisa melatihmu dalam proses menyusun dan menata kata menjadi kalimat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE