Belajar Lebih Tenang dengan Meditasi Mindfulness

Sering panik? Coba meditasi mindfulness ini!

Mindfulness adalah keadaan dimana pikiran kita sepenuhnya sadar akan apa yang terjadi di masa kini, apa yang kita lakukan, dan tempat kita berada, tanpa ada reaksi berlebihan atau rasa kewalahan.  Pada dasarnya, pikiran dan perasaan kita mudah terpengaruh oleh situasi, hal-hal yang telah dan akan kita alami. Karena itu, tidak jarang situasi dan hal-hal tertentu membuat kita sulit merasa tenang, sulit ‘berada di masa kini’, terombang-ambing antara masa lalu dan masa depan.

Setiap manusia memiliki kemampuan untuk menjadi mindful. Sejatinya, kita bisa mindful dalam berbagai situasi, kita hanya perlu belajar bagaimana cara mencapai mindfulness itu. Ada berbagai cara yang terbukti dapat membantu kita mencapai mindfulness, seperti meditasi sambil duduk, berjalan, berbaring, atau berdiri. Ketika kita merasa mindful, stress berkurang dan performa kita meningkat. Dengan mindfulness, kita benar-benar sadar akan apa yang kita rasakan dan pikirkan, fokus kita juga meningkat. 

Advertisement

1. Pertama-tama, lakukan mindful breathing

Image by Kelvin Valerio on Pexels

Image by Kelvin Valerio on Pexels via https://www.pexels.com

Latihan pernafasan dilakukan dengan mengambil nafas lalu menghembuskannya. Ketika kamu mengambil nafas, sadari bahwa kamu sedang mengambil nafas. Begitu pula ketika menghembuskan nafas, sadari bahwa kamu sedang menghembuskan nafas. 

Menjadi mindful berarti mindful, sadar penuh akan sesuatu. Ketika kamu sadar penuh akan pernafasanmu, itu disebut mindful breathing. Fokuskan perhatianmu pada proses mengambil nafas dan menghembuskan nafas, sehingga kamu tidak memikirkan hal lain selain pernafasanmu.

Advertisement

Karena kamu tidak memikirkan hal lain yang mengganggu ketenanganmu, lama kelamaan kamu akan menikmati mindful breathing-mu. Kamu bersyukur bahwa kamu bernafas, artinya kamu masih hidup. 

2. Latihan mindfulness dengan konsentrasi

Image by theformfitness on Pexels

Image by theformfitness on Pexels via https://www.pexels.com

Selanjutnya, konsentrasi pada proses bernafas, ketika udara masuk-keluar-masuk-keluar. Yang terpenting adalah menyimak proses benafas itu dari awal hingga akhir, tanpa interupsi. 

Pada titik ini, konsentrasimu sepenuhnya pada nafas. Tidak ada pikiran-pikiran seperti “Oh, aku lupa belum mengirim email”. Jika kamu dapat menjaga konsentrasimu, maka lama kelamaan nafasmu semakin pelan, semakin dalam. Kamu merasakan harmoni dan kedamaian. 

Advertisement

3. Kemudian, kamu akan merasakan body awareness

Photo by Tirachard Kumtamon on Pexels

Photo by Tirachard Kumtamon on Pexels via https://www.pexels.com

Langkah selanjutnya, setelah berhasil fokus pada pernafasan, adalah sadar akan tubuh diri sendiri. 

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali tubuh kita berada di satu tempat, tapi pikiran kita di tempat lain. Dalam latihan mindfulness, sadari bahwa pikiran dan tubuh itu menyatu di tempat yang sama, dan kamu dapat merasakannya. 

4. Lepaskan semua ketegangan

Image by Nandhu Kumar on Pexels

Image by Nandhu Kumar on Pexels via https://www.pexels.com

Latihan selanjutnya adalah melepaskan segala ketegangan dan kaku-kaku yang dirasakan pada tubuh. Ketika kamu sudah benar-benar sadar akan tubuhmu, kamu akan lebih peka terhadap rasa tegang dan kaku di tubuhmu akibat stress. 

Rasa kaku dan tegang itu mungkin telah terakumulasi di tubuh dalam waktu lama, namun pikiran kita tidak menyadari itu, sehingga ketegangan itu tidak dapat dilepaskan. 

5. Meditasi sambil berjalan

Image by Yogendra Singh on Pexels

Image by Yogendra Singh on Pexels via https://www.pexels.com

Ketika mempraktikkan mindful breathing, kamu menjadi sadar dan menikmati proses bernafasmu. Begitu juga dengan mindful walking. Kamu bisa berjalan, merasa rileks, dan menikmati setiap langkah.

Banyak cara agar dapat menjadi mindful. Pada intinya, mindfulness bukanlah sesuatu yang dipaksakan. Selama berlatih mindfulness, berhentilah berbicara. Bukan hanya berhenti bicara di mulut, tapi juga di pikiran. Cobalah untuk diam dan tenang, dan nikmati apa yang kamu lakukan dan rasakan: nafasmu, tubuhmu, langkahmu. Ketengangan itu akan sangat membantu dalam menghadapi berbagai macam situasi. 

Untuk mempermudah meditasi mindfulness, kamu bisa mengikuti guided meditation dalam fitur meditasi.

 

Ditulis oleh Fida Aifiya

Referensi:
https://www.mindful.org/what-is-mindfulness/
https://www.mindful.org/five-steps-to-mindfulness/

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE