#BelajarDiNegeriOrang-Sebelum Memutuskan Belajar di Negeri Sakura, 5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Terlebih Dahulu!

Mewujudkan impian juga perlu pesiapan~

Mendengar nama Negeri Sakura, tentu julukan ini tidak asing lagi bagi kamu bukan? Yaps, Jepang! Jepang dijuluki sebagai Negeri Sakura dikarenakan Jepang memiliki bunga yang khas, yaitu bunga sakura yang banyak tumbuh ketika musim semi. Dan bahkan ni, untuk menyambut musim semi, orang Jepang memiliki suatu tradisi yang biasa disebut hanami. Tradisi menikmati keindahan bunga sakura sebagai simbol kebahagiaan karena datangnya musim semi.

Nah, teruntuk kamu yang mempunyai mimpi ataupun cita-cita untuk bisa #BelajarDiNegeriOrang terutama di Negeri Sakura, kamu tidak hanya perlu mempersiapkan diri dalam hal materi belajar saja, namun kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal ini juga. Apa saja sih? Yuk, simak agar cita-cita dan mimpimu itu dapat terwujud. Sebab mewujudkan impian untuk #BelajarDiNegeriOrang juga diperlukan persiapan, lho!

Advertisement

1. Kamu harus mampu Berbahasa Jepang, sebab hampir semua kurikulum di Jepang menggunakan Bahasa Jepang

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Hal yang paling penting yang harus kamu persiapkan ketika memilih Jepang sebagai tujuan untuk melanjutkan studimu yaitu, kamu harus mampu Berbahasa Jepang. Sebab, mayoritas perkuliahan di Jepang itu menggunakan Bahasa Jepang. Sehingga kamu dituntut untuk mampu berbahasa Jepang.

Jika d ibeberapa Negara masyarakatnya mampu berbahasa Inggris, berbeda dengan Jepang. Kebanyakan orang Jepang itu hanya sedikit yang mahir Berbahasa Inggris. Itu lah kamu perlu mempersiapkan dirimu untuk bisa belajar Bahasa Jepang terlebih dahulu sebelum memutuskan melanjutkan pendidikan disana. Yuk, semangat untuk mengejar cita-citamu!

Advertisement

2. Kamu perlu belajar untuk manajemen waktu yang baik

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Jepang itu terkenal memiliki budaya ketepatan waktu yang baik. Sebagai contoh, jadwal keberangkatan kereta yang tertulis di jam berapa dan menit keberapa akan berangkat, maka kereta akan datang dan berangkat di jadwal yang tepat. Sehingga ketika kamu telat satu menit pun, kamu harus siap untuk menunggu kereta berikutnya.

Jadi, untuk kamu yang masih suka molor-molor, masih belum bisa manajemen waktumu dengan baik, kamu perlu mengubah kebiasaan burukmu itu terlebih dahulu. Agar nantinya kamu pun tidak tertinggal dengan kebiasaan orang Jepang yang memang sangat pandai dalam mengatur waktu ini.

3. Kamu harus memiliki kebiasaan hidup tertib

Advertisement
Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Tidak hanya disiplin soal ketepatan waktu saja, kamu juga perlu membiasakan dirimu untuk bisa tertib. Sebab orang Jepang juga terkenal dengan budaya tertib-nya. Mereka sangat teratur dalam segala hal.

Seperti perihal mengantri, ketika berada di dalam kereta, saat hendak turun maupun menaiki tangga, dan eskalator, bahkan saat menggunakan trotoar jalan pun mereka sangat tertib. So, teruntuk kamu yang memiliki impian #BelajarDiNegeriOrang ni terlebih di Jepang, sudah sejauh mana kamu bisa tertib dengan dirimu sendiri? Sudahkah kamu taat pada peraturan yang ada?

4. Kamu harus mempunyai kebiasaan hidup bersih

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Jepang juga menjadi salah satu Negara ternyaman sebab Negaranya yang terkenal bersih. Jadi gak salah ketika banyak orang-orang yang juga mengidam-idamkan untuk bisa belajar di Jepang. Budaya hidup bersih ini, membuat kamu akan sulit sekali menemukan sampah yang berserakan ketika kamu berada di Jepang.

Nah, salah satu kebiasan orang Jepang sebelum membuang sampah, mereka selalu memilah sampah berdasarkan jenisnya terlebih dahulu sebelum membuangnya. Dan ini juga memudahkan dalam proses mendaur ulang sampah.

Hayo, untuk kamu yang masih suka membuang sampah sembarangan namun memiliki impian untuk melanjutkan studi di Jepang, mulai sekarang pelan-pelan ubah kebiasaan burukmu. Jika tidak kamu yang mengubahnya lantas siapa lagi?

5. Belajar untuk memiliki kebiasaan self-service

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Selain beberapa hal d iatas, yang perlu kamu persiapkan ketika memutuskan #BelajarDiNegeriOrang seperti di Jepang yaitu, memiliki kebiasaan self-service. Kebiasaan orang Jepang yang tidak hanya disiplin, tertib, teratur dan juga bersih, orang Jepang juga terbiasa dengan sistem self-service alias melayani dirinya sendiri ketika hendak berbelanja.

Sistem self-service ini secara tidak langsung mengajarkan kita untuk bertanggung jawab dalam memelihara kebersihan, dan juga kerapian, serta dapat menghargai mereka yang bekerja dalam melayani pelanggan. Sudah siapkah kamu dengan semua kebiasaan ini? Sudah siapkah kamu untuk beradaptasi dengan budaya dan kebiasaan orang Jepang ketika memilih Negeri Sakura ini sebagai tempatmu melanjutkan studi?

Nah terakhir, ketika semua persiapanmu sudah cukup dan mimpimu #BelajarDiNegeriOrang dapat terwujud, kamu perlu menjadikan Qatar Airways Student Club sebagai pilihan ketika hendak melakukan perjalanan studimu. Sebab ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan ketika menjadi bagian dari Qatar Airways Student Club.

Seperti halnya, harga tiket special untuk penerbangan, kelonggaran kelebihan bagasi, fleksibilitas perubahan tanggal, upgrade tingkat Privilege Club sebagai hadiah kelulusan, super Wi-Fi bebas biaya dan banyak lagi. Menarik bukan? So, yuk lakukan perjalanan studi-mu dengan Qatar Airways Student Club!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Amateur yang menjadikan menulis sebagai kesibukan yang dibuat-buat ✌️

CLOSE