#BelajarDiNegeriOrang-Tingkatkan Skor TOEFL Kamu dengan Cara Bermain Sambil Belajar

Supaya skor TOEFL-mu melejit dengan cara bermain sambil belajar, yuk simak tips dibawah ini.

Salah satu syarat untuk melanjutkan pendidikan tinggi ialah sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau yang sering disebut TOEFL. Sertifikat TOEFL merupakan sertififikat yang menunjukkan kemampuan seseorang dalam penggunaan bahasa Inggris, khususnya kemampuan bahasa Inggris secara pasif. Pada umumnya, beberapa perguruan tinggi mensyaratkan skor minimal 450-500 untuk calon mahasiswa baru, khususnya bagi mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. 

Ketentuan skor tersebut bukan tanpa syarat. Pendidikan di jenjang perguruan tinggi sering menggunakan artikel ilmiah dari jurnal luar negeri sebagai referensi perkuliahan. Tidak hanya itu saja, beberapa kampus melaksanakan perkuliahan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sehingga, setiap mahasiswa wajib memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat TOEFL. Terutama buat kamu yang ingin meraih beasiswa ke luar negeri, memiliki sertifikat TOEFL menjadi sebuah keharusan. 

Supaya skor TOEFL-mu melejit dengan cara bermain sambil belajar, yuk simak tips dibawah ini. Oh ya, sebelum lanjut, kamu bisa akses Qatar Airways Student Club untuk mendapatkan benefit lebih saat kamu belajar di luar negeri lho. Benefitnya antara lain harga tiket penerbangan yang spesial, memberikan kelonggaran bagasi, perubahan jadwal penerbangan yang fleksibel, super wifi, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bakal dapat hadiah kelulusan berupa upgrade tingkat privilege club lho. Menarik banget kan? Langsung aja kunjungi Qatar Airways Student Club. 

Advertisement

1. Menonton film, cara asyik meningkatkan kemampuan bahasa Inggris beserta ekspresi ucapannya dalam kehidupan sehari-hari

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels via https://www.pexels.com

Cara pertama yang paling banyak dilakukan adalah menonton film luar negeri. Cara ini dirasa ampuh untuk meningkatkan kosakata dalam bahasa Inggris.

Selain itu, kamu bisa mempelajari penggunaan ekspresi dalam setiap kalimatnya serta aksen dalam pengucapannya. Coba deh, lakukan rutin selama 6 bulan, pasti otak kamu akan menyimpan lebih banyak kosakata bahasa Inggris.

Advertisement

2. Mendengarkan lagi, cara yang paling banyak dipakai karena lebih asyik dan cepat paham

Photo by Ivan Samkov on Pexels

Photo by Ivan Samkov on Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang tidak suka mendengarkan lantunan lagu? Hampir semua orang menyukai lagu. Nah, salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan menggunakan lagu.

Kamu bisa belajar penyusunan kata menjadi sebuah kalimat dalam setiap bait lagu. Tidak hanya itu, kamu bisa melatih pengucapannya dengan cara menyanyi. 

3. Menempelkan sticky notes berisi kata-kata motivasi di depan kaca, berdandan sambil belajar

Advertisement
Photo by Cottonbro on Pexels

Photo by Cottonbro on Pexels via https://www.pexels.com

Jika saat berhias diri kamu hanya terfokus pada riasanmu, kini kamu bisa melakukannya sambil belajar. Selain itu, kamu juga bisa melatih kinerja otakmu untuk fokus dan melakukan dua pekerjaan sekaligus. Kamu bisa menggunakan kertas sticky notes yang berwarna-warni supaya bisa menarik perhatian dan bikin kamu semangat melakukannya setiap hari.

Tulis kata-kata motivasi sebagai penyemangat kamu. Kapan lagi berhias diri sambil upgrade pengetahuan dengan cara yang asyik dan menanamkan pemikiran yang positif. Yuk, silahkan dicoba siapa tau bermanfaat buat kamu nih. 

4. Kamu juga bisa menempelkan sticky notes di atas benda-benda dalam ruanganmu

Photo by Cottonbro on Pexels

Photo by Cottonbro on Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu tipe pebelajar visual, cara paling efektif dan efisien ialah dengan cara menempelkan sticky notes di atas benda-benda di dalam rumahmu. Cara ini cukup asyik dan menarik lho, meskipun sedikit agak ribet sih. Kamu bisa menulis tiga tingkatan bentuk-bentuk kata kerja, seperti verb 1, verb 2, dan verb 3.

Mata kamu akan secara otomatis memandang barang-barang sekaligus tulisan kamu. Tidak hanya itu, kamu bisa mencoba merangkai sebuah kalimat setiap harinya menggunakan kata-kata yang tertulis di sticky notes. Bahkan, cara tersebut dapat menjadi sebuah kebiasaan baru buatmu lho. 

5. Menggunakan media belajar, cara asyik untuk belajar bersama teman, adik, murid, bahkan anakmu

Photo by Fauxels on Pexels

Photo by Fauxels on Pexels via https://www.pexels.com

Penggunaan media belajar seperti puzzle, flashcard, mindmap dan sebagainya terbukti sangat ampuh meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Bahkan banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan media belajar dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam belajar. Kamu bisa membuat potongan-potongan kata untuk dijadikan puzzle dan flashcard.

Kemudian kamu bisa menyusunnya menjadi sebuah kalimat yang benar. Nah, untuk mindmap, kamu bisa menulis tenses dalam bentuk mindmap. Supaya daya ingatmu tentang tenses meningkat lebih pesat karena otak akan lebih cepat menyimpan memori informasi yang singkat, padat dan jelas.

Melalui media pembelajaran, kamu bisa belajar bersama-sama dengan orang lain lho. Misalnya kamu bisa belajar bareng teman, adik, murid, bahkan anakmu. Kapan lagi belajar sambil bermain dengan orang-orang di sekitarmu? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta Kopi dan Diskusi//Suka Travelling, Musik, dan Kuliner//Orang Trenggalek yang sedang tinggal di Kota Malang

CLOSE