Anglophile is a person who loves the country, culture and people of England atau seseorang yang mencintai dan mengagumi negara, budaya serta orang-orang Inggris. Siapa di antara kita yang tidak mengenal Inggris? Tentu semuanya tahu dong dengan keindahan negara tersebut. Inggris memiliki banyak tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan diantaranya London Eye, Big Ben, Westminster Palace, dan lain-lain.

Selain keindahan busan dan panormanya, Inggris juga banyak melahirkan musisi, artis bahkan club sepak bola terkenal. Selain itu, Inggris juga menjadi salah satu negara yang menarik minat para pelajar untuk bersekolah di sana. Pasti kita semua tahu akan hal itu. Tapi, apakah kita tahu tentang tradisi-tradisi yang ada di Inggris? 🙂 hehe. Nah, kalau begitu aku akan kasih tahu kalian tentang tradisi-tradisi unik yang ada di Inggris. :)

1. Tarian Morris

Ada yang sudah pernah dengar dan menyaksikan Tarian Morris atau Morris Dance? Tarian Morris atau Moriss Dance adalah tarian tradisional Inggris yang diiringi dengan musik. Tarian Morris dilakukan secara berkelompok dan seragam dalam gerakannya. Tarian ini menekankan pada kelincahan serta kekuatan kaki penari. Properti yang sering digunakan penari adalah tongkat, sapu tangan dan pedang. Keindahan tarian ini telihat pada kekompakkan dan gerakkan para penari.

2. Memancing Cacing (Worm Charming)

Worm Charming at England

Worm Charming at England via http://thenantwichnews.co.uk

Nah, tradisi yang ini mungkin merupakan hal yang menggelikan bagi sebagian orang. Namun, bagi masyarakat Inggris hal ini merupakan barang biasa dan dijadikan tradisi di negaranya. Tradisi ini sangat menarik dan unik, karena para peserta diminta untuk berburu cacing tanah dan diberikan lahan seluas 3×3 m2 untuk beburu cacing tanah tersebut. Tradisi ini memiliki 18 peraturan yang harus dilakukan peserta.

Advertisement

Para peserta bebas menggunakan cara apa saja untuk menarik cacing keluar misalnya dengan memainkan alat musik, namun tidak menggunakan obat-obatan ataupun air. Kompetisi ini pertama kali diperkenalkan oleh Tom Shufflebotham dan berlangsung di Desa Nantwich, Chesire, pada 1980. Saat itu ia berhasil mendapatkan 511 ekor cacing tanah dalam waktu setengah jam. Apa ada yang berminat untuk mengikuti kompetisi ini? Hehe ..

3. Hari Beruang Jerami (Straw Bear)

Hari Beruang Jerami (Straw Bear) merupakan salah satu tradisi tua yang diselenggarakan di Inggris setiap tanggal 7 Januari. Perayaan tradisional ini berlangsung di sebuah kawasan kecil Fenland, sebuah perbatasan antara Huntingdonshire dan Cambrudgeshire, termasuk wilayah Ramsey Mereside.

Perayaan ini berlangsung meriah dan para peserta dari segala umur wajib menggunakan kostum jerami yang menutupi wajah sampai kaki mereka. Perayaan Straw Bear diadakan untuk mengawali masa bertani dan berladang oleh masyarakat setempat. Para peserta mendatangi rumah ke rumah untuk memperlihatkan tarian mereka kemudian para pemilik rumah memberikan hadiah berupa makanan, bir ataupun uang.

4. Pearly Kings and Queens

Pearly Kings and Queens

Pearly Kings and Queens via http://i.dailymail.co.uk

Advertisement

Pearly Kings and Queens dikenal juga dengan Pearlies merupakan sebuah acara amal yang biasa diadakan oleh masyarakat kelas buruh dan pekerja di kota London. Mereka memakai busana berkilauan yang berasal dari kancing mutiara (pearl) yang dibuat pada abad ke-19. Acara ini pertama kali diadakan oleh seorang penyapu jalan bernama Henry Croft, yang mengumpulkan uang untuk disumbangkan. Selanjutnya karena dirasa memiliki nilai dan manfaat yang besar, maka pada 1911 dijadikan sebuah organisasi Pearlies di Kota Finchley, London utara.

5. Gurning (Melipat Wajah)

Tradisi unik terakhir yang dimiliki oleh Inggris adalah Gurning atau melipat wajah. Mendengar namanya pasti kita bertanya-tanya, melipat wajah? Bagaimana caranya? Nah hanya masyarakat Inggris yang bisa melakukannya. Jadi, tradisi Gurning ini merupakan sub-acara dari Egremont Crab Fair. Egremont Crab Fair merupakan tradisi dimana orang-orang Inggris akan berpesta dengan buah apel.

Egremont Crab Fair diadakan sejak abad ke-13 dimana tradisi ini digunakan untuk mengenang Lord of The Manor, penguasa wilayah, yang sering membagi-bagikan apel untuk penduduk setempat. Beberapa kontes yang ada dalam Egremont Crab Fair adalah menaiki tiang yang berminyak, kontes merokok, dan kontes gurning.

Nah, kontes Gurning inilah yang paling ditunggu. Kontes Gurning sangat menarik perhatian dan mengundang tawa. Karena peserta diharuskan untuk melipat wajahnya dengan cara menggerkan seluruh otot wajahnya agar dapat dilipat dan hasilnya wajah mereka terlihat seperti orang yang snagat tua. Kontes Gurning hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan bisa menyebabkan banyak gigi yang tanggal hanya untuk melipat wajah mereka. Haha.. Ada yang bisa? Silahkan dicoba! :D

Nah, itu dia 5 Tradisi Unik yang ada di Inggris. Unik bukan? Siapa yang merasa tertarik untuk mengikuti tradisi di sana? hehe..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya