Selain dinding dan lantai, ada satu lagi area sisi ruangan yang harus diperhatikan. Hal tersebut adalah bagian langit-langit atau plafon. Area ini sering kali terlupakan, padahal dengan mendesain sisi langit-langit pada ruangan, akan memberikan tampilan yang bersih dan juga unik. Bukan sekedar tampilan gypsum yang putih saja, beberapa ide unik lainnya akan menambah estetika ruang di dalam rumah. Berikut beberapa cara untuk menghadirkan keindahan pada langit-langit ruangan.

1. Dicat dengan warna cerah

langit-langit biru muda

langit-langit biru muda via https://google.com

Warna pada plafon bisa dirancang dengan berbagai warna yang cerah. Warna biru langit juga dapat diterapkan sehingga mengkamuflase ruang dalam agar terasa lebih alami, seakan berada diluar. Tentunya pemilihan warna akan sangat berpengaruh dengan kesan yang ditimbulkan di dalam ruangan.

Pemilihan warna yang soft akan memberikan dampak relaksasi bagi orang di dalamnya. Seperti halnya di dalam kamar mandi, akan ada baiknya jika area plafon di beri warna biru muda atau hijau muda yang tidak mencolok mata. Sehingga ketika berendam di dalam area bath-tub dan melihat ke atas, pikiran akan jadi lebih tenang dan santai.

2. Tempelkan wallpaper pada plafon

wallpaper pada plafon

wallpaper pada plafon via https://google.com

Advertisement

Selain dicat, untuk menghadirkan warna dan motif di dalam ruang, penggunaan wallpaper pada langit-langit juga dapat diterapkan. Wallpaper akan lebih mudah dipasang dan juga memiliki tampilan motif yang lebih beragam dibandingkan cat. Dari motif bunga, binatang, ataupun bentuk geometris, pastinya menambah keragaman ruang dan memberikan nilai plus estetika karena menghadirkan sesuatu yang unik ke dalam ruangan.

3. Rancang skylight dengan material kaca

skylight

skylight via https://google.com

Bukan lagi sekedar mengkamuflase ruangan, tetapi langsung menghadirkan suasana alami dengan merancang skylight di langit-langit rumah. Tentu saja jika Anda memilih untuk membuat skylight, Anda harus sesuaikan dengan kondisi lingkungan huniannya.

Skylight bukan hanya sekedar desain plafon, namun juga sudah termasuk mendesain atap hunian yang bermaterialkan kaca. Cahaya dan panas matahari akan langsung masuk ke dalam ruangan dengan adanya desain ini. Pastikan lingkungan Anda tidak dilanda musim panas berkepanjangan dan cukup rindang sehingga tidak membuat gerah ruangan. Adapun berbagai bahan furniture juga harus diperhatikan jika terpapar sinar matahari terus menerus.

4. Ekspos struktur langit-langit atau atap

plafon ekspos

plafon ekspos via https://google.com

Advertisement

Mengekspos struktur langit-langit atau atap, apalagi pada kerangka atap segitiga bisa menjadi bagian menarik di dalam ruangan. Bagian yang terekspos menunjukkan berbagai macam balok konstruksi yang melintang di segala arah. Tentu saja material yang digunakan pada struktur atap tersebut baik kayu ataupun baja sudah difinishing dengan baik sehingga tidak terlihat lusuh ataupun kasar.

Adanya ekspos ini memberikan karakter unik pada ruang dan menjadi titik fokus perhatian dalam ruang. Tidak hanya itu saja, dengan struktur ekspos, langit-langit rumah terlihat tinggi sehingga memberikan kesan ruang yang luas.

5. Pasang ubin pada plafon

ubin plafon

ubin plafon via https://google.com

Ubin untuk plafon tentunya tidaklah sama dengan ubin keramik di lantai. Penggunaan ubin bermodul pada area plafon tentunya memiliki massa yang lebih ringan. Untuk meletakkan ubin tersebut, diperlukan kerangka aluminium atau kayu yang juga membentuk modul sama besar setiap bentuknya untuk memasang ubin. Berbagai macam jenis ubin dapat dipilih untuk membuat ruangan lebih meriah dan cantik. Seperti halnya ubin dengan tampilan kayu hingga keramik mengkilap dapat menjadi pilihan sesuai selera Anda.

6. Desain plafon gypsum

plafon gypsum

plafon gypsum via https://google.com

Tidak hanya gypsum datar sebagai plafon pada langit-langit rumah, namun sudah didesain secantik mungkin sehingga memberikan tampilan estetika yang eye-catchy. Plafon gypsum ini pun juga harus memikirkan perancangan lampu di dalam ruang. Lampu yang berada di area plafon ini pun juga menjadi salah satu elemen yang mempercantik desain plafon gypsum. Dengan menggunakan plafon gypsum, berbagai macam bentuk dapat diterapkan secara unik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya