#BeraniWujudkanMimpi-Jadi Pengusaha Sayuran Organik yang Sukses? Lakukan 5 Langkah Ini.

Suka makan sayuran organik? Kenapa nggak sekalian bisnis sayuran organik?

SEBAGAI generasi milenial, pernah nggak bermimpi menjadi pengusaha sayuran organik? Mungkin bagi kalian yang hidup di perkotaan menjadi pengusaha sayuran organik sebuah keniscayaan karena sudah tidak ada lahan pertanian.

Akan tetapi, jika kalian bermimpi menjadi pengusaha sayuran organik karena kalian senang makan sayuran organik atau bahkan senang bercocok tanam, bukan hal yang sulit untuk mewujudkan impian tersebut.

Terlebih sejak pandemi melanda dunia, semakin banyak orang yang sadar pada kesehatan sehingga lebih memilih makan makanan sehat seperti sayuran organik daripada yang lainnya.

Dari beberapa riset dan jurnal kedokteran membuktikan, setiap tahun suplay sayuran organik tumbuh antara 15-20% karena meningkatnya data beli masyarakat. Mereka memilih sayuran organik karena ingin hidup lebih sehat.  Kelebihan sayuran dan bahan makanan organik dibanding dengan non-organik adalah bebas pestisida dan bebas GMO (genetically modified food). Karena sayuran dan produk organik kini berkembang pesat, untuk menjamin keorganikannya, pemerintah telah membuat sejumlah peraturan, termasuk sertifikasi produk.

Kementerian Pertanian telah memiliki regulasi organik, antara lain SNI 6729-2016 tentang sistem pertanian organik, Permentan No 64 tahun 2013 tentang sistem pertanian organik dan Peraturan Kepala BPOM No 1 tahun 2017 tentang pengawasan pangan olahan organik. So, sekarang tidak ada alasan lagi bagi kalian untuk mewujudkan impian kalian menjadi pengusaha sayuran organik bukan? Jika kalian ingin segera mewujudkannya, lakukan 5 langkah berikut ini:

Advertisement

1. Pelajari Pertanian Organik

Belajar dari Mana Pun, Termasuk dari Petani

Belajar dari Mana Pun, Termasuk dari Petani via https://www.freepik.com

Meki kalian pernah menanam sayuran organik di rumah, ketika membuka lahan pertanian akan sangat berbeda. Alangkah baiknya jika kalian pelajari dahulu bagaimana bertani sayuran organik. Kalian bisa mencari buku-buku referensi yang ada di toko buku, perpustaan, atau kalau mau mudah mengikuti channel-channel youtube tentang pertanian organik yang mudah sekali dicari.

Pelajari setiap karakter sayuran sehingga kalian benar-benar paham dan kalian siap untuk memulai menanam sayuran organik. Jangan lupa, pilih beberapa sayuran yang daya jualnya cukup tinggi.

Advertisement

2. Buat Perancanaan Usaha

Serius Buat Rencana Usaha

Serius Buat Rencana Usaha via https://www.freepik.com

Salah satu syarat menjadi pengusaha sukses adalah melakukan perencanaan usaha atau biasa disebut business plan. Kalian bisa merencanakan Business Plan  jangka pendek dan jangka panjang. Business Plan dibuat agar apa yang akan dijalankan terukur.

Secara ringkas, sebuah Business Plan mencakup beberapa hal seperti ringkasan eksekutif (garis besar dari Business Plan), latar belakang perusahaan, Analisa pasar dan pemasaran, analisis produk, analisis manajemen atau SDM, analisis keuangan, rencana pengembangan usaha, dan risiko bisnis.

Membuat business plan kelihatannya ribet, tetapi jika dilakukan tidak seribet yang dibayangkan karena semuanya terukur.

Advertisement

3. Survei Pemodalan yang Tidak Memberatkan

Pilih Pinjaman BRIGuna

Pilih Pinjaman BRIGuna via https://www.freepik.com

Sekecil apa pun usaha yang jalankan, apalagi usaha sayuran organik tetap perlu yang namanya modal. Kalian tidak perlu pusing dengan permodalan karena saat ini banyak penyedia modal salah satunya Bank BRI. Ada produk Bank BRI yang rekomended untuk pemodalan, yaitu BRIGuna.

BRIguna salah satu produk pinjaman dari BRI dengan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) alias ketika pinjam kita tidak perlu memberikan jaminan kepada pihak bank. Ada beberapa jenis BRIGuna yang disediakan;

Pertama Briguna Umum. Produk pinjaman yang diberikan kepada calon debitur dengan sumber pembayaran kredit berasal dari penghasilan tetap dengan jangka waktu yang sudah ditentukan, yaitu sejak aktif bekerja hingga masa pensiun.

Kedua Briguna Karya. Produk pinjaman yang diberikan kepada calon debitur dengan sumber pembayaran kredit berasal dari penghasilan tetap atau gaji. Briguna Karya ini dapat digunakan untuk membiayai berbagai keperluan calon debitur seperti kebutuhan sehari-hari.

Ketiga Briguna Purna. Produk pinjaman yang diberikan kepada calon debitur dengan sumber pembayaran kredit berasal dari gaji pensiun. Jadi untuk debitur yang sudah pensiun, disarankan menggunakan produk ini.

Sebagaimana layaknya produk bank, semua memiliki persyaratan. Akan tetapi jangan khawatir karena persyaratannya sangat mudah, terlebih ini Kredit Tanpa Agunan. Lebih lengkapnya kalian bisa secepatnya datang langsung ke kantor Bank BRI terdekat dan minta informasi lengkap kepada petugas di sana. Pasti akan dilayani dengan baik.

4. Bergabung dengan Komunitas Pengusaha Sayuran Organik

Berkomunitas Agar Banyak Teman

Berkomunitas Agar Banyak Teman via https://www.freepik.com

Langkah berikutnya, jangan sungkan-sungkan untuk gabung di komunitas pengusaha sayuran organik. Kalian bisa mencarinya di media sosial karena saat ini banyak pengusaha sayuran organik seusia kalian dan mereka sukses menjadi pengusaha.

Biasanya dalam komunitas selain berbagi tips juga berbagi rezeki lho, siapa tahu kalian juga akan kecipratan rezeki dari sana. Cari sebanyak mungkin teman sesama pengusaha sayuran organik untuk bersinergi.

5. Jalankan Usaha dengan Senang Hati

Bahagia Menjalankan Usaha

Bahagia Menjalankan Usaha via https://www.freepik.com

Salah satu kunci sukses seorang pengusaha adalah menjalankan usahanya dengan senang hati karena kalau menjalankannya dengan senang hati, aura positif akan terus mengikuti. Mungkin dalam perjalanan nanti sesekali ada saatnya susah, namun percayalah kesusahan yang menghampiri kalian akan membuat kalian semakin kuat menghadapi segala rintangan.

Jika sudah terbiasa menghadapi rintangan, rintangan sebesar apa pun bisa kalian taklukan. Jika kalian berhasil menaklukan segala rintangan kalian akan merasakan kebahagiaan yang teramat sangat karena artinya kalian telah #BeraniWujudkanMimpi.

Semoga bermanfaat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE