Pelajaran yang Akan Kamu Dapat Saat Berkawan dengan Semua Orang, Termasuk Haters

Kalau pagi gaulnya sama rekan kerja bapak-bapak dan ibu-ibu yang lebih tua dari kalian. Hari mulai sore, mulai ngumpul sama teman-teman sebaya. Ada yang cerita baru diangkat jadi manajer, ada yang masih sibuk cari kerja dan yang satunya udah nyebar undangan. Sampe rumah malam hari adikmu dan pasukannya minta bantui dibuatin PR. Kayaknya setiap  hari kamu dikellingi sama orang dari setiap kalangan usia kalo KPI bilang SU (Semua Umur) dan semua latar belakang. Belum lagi komentar miring para haters yang mencoba menjatuhkan mental kamu.  Kalo kalian coba resapi nih 5 pelajaran yang bisa kamu ambil    

1. Bergaul Sama yang Lebih Tua

belajar bijaksana via http://canva.com

Advertisement

Orang yang lebih tua dari kamu biasanya nggak sejalan dengan kita anak muda. Apalagi kalo mereka yang pantang dengan yang namanya masukan dari orang yang lebih muda darinya. Namun gesekan-gesekan itu justru akan membuatmu semakin bijaksana. Cobalah pikirkan sejenak keinginan mereka, terkadang kita anak muda langsung bereaksi saat ide kita ditolak oleh mereka. Peribahasa kalo pengalaman adalah guru terbaik itu yang harus kamu pikirkan sebelum memberikan bantahan kepada mereka.

Harus diakui mereka yang lebih tua dari kamu, lebih duluan menapaki kehidupan, tentu telah banyak hal yang mereka lalui.

Pengalaman mereka yang seabrek itu harus kamu ambil baik yang berhasil ataupun yang gagal hingga kamu akan lebih bijaksana dalam mengambil tiap keputusan dalam kehidupan kamu. Kalo masih tak sependapat coba sampaikan dengan cara perlahan samil duduk sembari menikmati secangkir kopi.

Advertisement

2. Bergaul Sama Yang Lebih Muda, Jadi Berasa Muda

Belajar kasih sayang via http://google.com

Nah kamu pasti merasakan sebel sama orang yang lebih tua anti masukan. Jadi kamu jangan jadi seperti itu saat bergaul dengan mereka yang lebih muda dari kamu. Sebagai orang yang lebih tua kamu harus bersikap penuh kasih sayang dengan mereka yang lebih muda. Tanggapi nasehat mereka jika itu memang bermanfaat, buanglah rasa egois yang ada dalam diri kalian. Apalagi kita hidup pada zaman yang sama dimana teknologi sudah menyentuh segala usia bahkan anak-anak.

Kamu bisa mengasah rasa kasih sayang kamu kepada mereka, agar mereka jauh lebih baik darimu. Bahkan jika bisa bertukar pikiran dengan mereka, kenapa tidak dicoba?

Apalagi kalo masih ada impian yang belum kamu capai saat seusia mereka. Bisa jadi impianmu dapat diwujudkan oleh mereka, kalian akan tersenyum saat menyaksikan mereka berprestasi, hitung-hitung jadi amal jariah sebagai ilmu yang bermanfaat buat mereka.

3. Paling Seru Tetep Sama Teman Sebaya

Advertisement

Belajar menghargai via http://canva.com

Kemaren waktu kuliah kita sama-sama, ngerjain tugas bareng. Eh sekarang dia udah lebih sukses dari kamu, dia udah nikah, dia udah jadi manager. Tapi apakah kamu harus iri dengan capaian temanmu. Bisa jadi usaha temanmu jauh lebih keras dibanding kamu. Saling menghargai itulah pelajaran yang bisa kamu ambil bersama temanmu. Temanmu akan menghargaimu kalo kamu juga menghargai dia. Sikap saling menghargai dan ikut bangga dengan capaian yang diperoleh teman-teman sebayamu justru akan menimbulkan rasa positif didalam dirimu, kamu akan terpacu untuksegera mencapai impianmu tanpa harus pusing memikirkan apa yang sudah dicapai oleh teman-temanmu. Justru kamu bisa berbagi pengalaman seru yang sudah masing-masing kalian tempuh.

4. Bergaul Sama Haters? Asyik Juga

Kamu tidak akan bisa membuat semua orang suka kepadamu. Setiap tindakan yang kamu lakukan akan selalu menuai komentar positif dan negatif. Pilihan yang sudah kaum pilih harus kamu pegang teguh, komentar dan fitnah yang keluar dari pata haters tidak harus kamu respon dengan penjelasan atau pembelaan bahwa kamu tak seperti apa yang mereka pikirkan. Namun, cobalah pikirkan sejenak, jangan-jangan apa yang mereka sampaikan justru memang tak pantas untuk kita lakukan.

5. Kamu Harus Punya Sahabat, Teman Gaulmu Yang Abadi

Jaga sahabatmu sampe ke syurga via http://canva.com

Sahabatmu adalah teman sejatimu didunia ini. Jika diibaratkan dengan sesuatu benda yang semakin hari akan semakin usang justru sahabat semakin lama akan semakin baru. Sahabat bukan hanya mengajarimu tentang kebijaksama, kasih sayang, menghargai dan kritis. Namun ia telah menjadi salah satu panca indra yang tak melekat didalam tubuhmu. Jadi temukanlah sahabatmu lalu jagalah persahabatanmu bukan cuma sekedar di dunia namun sampai semesta tak ada persahabatanmu tetap terjalin.

Jadi bergaullah pada semua orang tak pandang usia, jabatan dan termasuk dengan para haters. Karena pelajaran dapat diambil dari siapa saja, di mana saja, dan kapan pun. Tetap semangat dan bersyukur atas apa yang kamu capai 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Cara bahagia, jalani saja peranmu...

CLOSE