Berikut 5 Tips Menata Interior Dapur Idaman Kamu!

Buat kamu yang ingin mendesain ulang Dapur yuk perhatikan beberapa tips untuk kamu!

Tahukah Anda bahwa dapur merupakan salah satu ruangan yang paling mahal untuk direnovasi maupun untuk didesain. Namun harga yang mahal memiliki kelebihan, yang pertama adalah dapur bisa jadi jantung sebuah rumah dimana para keluarga dapat berkumpul untuk makan bersama ataupun melakukan aktivitas yang lainnya. Selain itu, dapur juga merupakan salah satu area yang bisa menjadi daya tarik pembeli bila rumah akan dijual kembali. .

1. Pastikan Penataan Dapur yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tipe Jenis Penataan Kitchen

Tipe Jenis Penataan Kitchen via http://www.fabuwood.com

Penataan dapur wajib disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan luasan ruang. Terdapat beberapa jenis layout yang perlu Anda tahu disesuaikan dengan ukuran rumah. Rumah yang besar dan kebutuhan dapur yang banyak anda perlu untuk mempertimbangkan Layout dengan Tipe L, Tipe G dan Tipe U. Tapi tenang saja dengan ukuran rumah yang kecil tetap bisa mendapat beberapa jenis seperti Tipe Galley, 1 Wall Kitchen dan yang terakhir Tipe U (Tipe yang Fleksibel dan bisa digunakan di beberapa bentuk rumah.

Perbedaan layout ini dibuat agar setiap penataanya mampu secara efektif mendukung aktivitas kalian serta kenyamanan falam bekerja.Penataan dapur wajib disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan luasan ruang. Terdapat beberapa jenis layout yang perlu Anda tahu disesuaikan dengan ukuran rumah. Rumah yang besar dan kebutuhan dapur yang banyak anda perlu untuk mempertimbangkan Layout dengan Tipe L, Tipe G dan Tipe U.

Tapi tenang saja dengan ukuran rumah yang kecil tetap bisa mendapat beberapa jenis seperti Tipe Galley, 1 Wall Kitchen dan yang terakhir Tipe U (Tipe yang Fleksibel dan bisa digunakan di beberapa bentuk rumah. Perbedaan layout ini dibuat agar setiap penataanya mampu secara efektif mendukung aktivitas kalian serta kenyamanan falam bekerja.

Selain jenis denah ada hal penting juga yang diperlukan yaitu “Kitchen Triangle”. Kitchen Triangle adalah acuan jarak antara kompor, wastafel dan kulkas, dimana ketiga hal tersebut merupakan objek penting dalam aktivitas memasak. Jarak dari ketiga area tersebut sekitar 1 Hal ini dibuat agar aktivitas lebih lancar dan lebih nyaman untuk bekerja.

2. Tentukan Gaya Sesuai dengan Keinginan

Gaya Desain Contemporer

Gaya Desain Contemporer via http://dankitchens.com.au

Terdapat banyak referensi gaya desain kitchen set yang bisa dilihat di internet. Salah satunya adalah gaya desain Farmhouse yang popular bagi mereka yang suka gaya desain yang ramai dimana ada pola-pola pada lantai dengan sebagian besar menggunakan material kayu, serta pegangan berupa ornament.

Selain itu gaya desain Mid-Century dimana menggunakan gaya biophilic (desain yang menyatu dengan alam) namun tetap dengan gaya yang minimalis jadi banyak bukaan jendela dan banyak tanaman yan dimasukan dalam Interior Rumah.

Terakhir adalah gaya desain Kontemporer. Gaya desain ini digandrungi oleh masyarakat millennial, karena semakin meningkatnya kebutuhan akan lahan tempat tinggal, namun semakin sempitnya tanah yang ada.  

Sehingga Rumah yang minimallist kecil dan bentukan yang sederhana menjadi gaya yang lagi trend saat ini. Gaya ini juga diikuti oleh pegangan yang minimalis, sirkulasi yang luas dan tidak terlihat secara tampak luar.

3. Tentukan Material yang Disukai

Kitchen Mix-Material Kayu dan Batu

Kitchen Mix-Material Kayu dan Batu via http://www.mymove.com

Dengan semakin berkembangnya kemajuan jaman, banyak material yang dapat dipilih sebagai material dapur. Beberapa material yang sering digunakan adalah plywood, bebatuan dan engenired wood. Nah pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan gaya desain yang diinginkan.

Tentunya Setiap material akan memiliki karakteristiknya sendiri, kayu akan membuat hunian terasa hangat sedangkan penggunaan material batu akan terasa dingin tapi akan terlihat elegan. Dua material tersebut juga bisa Anda kombinasikan, sehingga ruangan akan lebih terlihat netral dengan suasana yang hangat namun tetap elegan.

4. Jangan Lupa Kabinet yang Sesuai dengan Ukuran

Kabinet Dapur Multifungsi

Kabinet Dapur Multifungsi via http://www.sellingto.co

Salah satu yang cukup penting adalah kapasitas penyimpanan. Nah, untuk mengetahui seberapa banyak penyimpanan yang diperlukan perlu mempertimbangkan beberapa faktor yaitu banyaknya pengguna, seberapa sering penggunaan dapur, dan yang terakhir aktivitas apa saja yang dilakukan.

Selain itu ada beberapa cara untuk mendekorasi dapur agar lebih cantik. Dengan mengecat pintu kabinet, atau mengganti pintu kabinet, dan bisa membeli beberapa kabinet untuk mengubah suasana dapur.

Selain kabinet ada juga penyimpanan terbuka, dimana jenis penyimpanan Memudahkan anda agar dapat melihat barang yang ingin diambil dengan lebih efektif. Tapi perlu juga diingat bila menggunakan penyimpanan yang terbuka akan banyak debu atau kotoran yang menempel sehingga anda harus lebih sering membersihkan area penyimpanan tersebut.

5. Jangan lupa pilh Dekorasi yang Mempercantik Suasana Dapur

Perlengkapan yang Unik bisa jadi Dekorasi Dapur kamu!

Perlengkapan yang Unik bisa jadi Dekorasi Dapur kamu! via http://greenbankinteriors.com

Terakhir nih tapi yang ga kalah penting Anda juga bisa mencari dekorasi yang menarik tapi juga fungsional untuk dapur Anda.

 Seperti magnet untuk menaruh pisau, papan tulis untuk menulis barang belanjaan atau resep masakan, rak hanger yang bisa memperluas penyimpanan kalian, dll. Selain itu memilih pegangan pada kabinet ada yang berbentuk seperti ornamen, ada juga yang berbentuk minimalis, atau sama sekali tidak membutuhkan pegangan? Juga bisa menggunakan engsel pin on (engsel yang mampu memantulkan pintu kabinet) agar memudahkan saat membuka kabinet Anda.

Nah sekian tips untuk membantu kalian merancang dapur idaman Anda, oiya jangan lupa ya tentukan dulu anggaran biaya sebelum merombak dapur Anda, rata- rata renovasi dapur memerlukan 15% dari total biaya renovasi rumah pada umumnya. Selamat Mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra