Perkara jodoh manusia kerap kali dibuat kebingungan. Cemas jika tidak kunjung datang. Tibanya hadir sibuk dengan banyak pertanyaan. Sebaik apakah dia yang mendekatiku? Bagaimana pribadinya, tingkahnya, keluarganya, masa lalunya dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Seringkali kita disibukkan mengumpulkan data pribadi tentang dia, baik dari kenalan atau orang-orang terdekatnya. 

Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, bukankah begitulah ‘alurnya’ supaya tidak keburu salah dan tertipu dalam memilih pasangan. Namun ada hal yang terkadang kita lupakan. Bahkan kita anggap sepele. Sebagai manusia yang memilliki Tuhan kita lupa bertanya pada Dia Yang Maha Mengetahui. Acapkali kita melupakan perannya dalam hidup. Bukankah jawaban terbaik itu ada pada-Nya yang mengetahui perkara yang tidak kita ketahui sekali pun.

1. Bertanyalah pada Allah dengan penuh kerendahan hati

Photo at Pinterest

Photo at Pinterest via https://id.pinterest.com

Advertisement

Dan manusia diciptakan dalam keadaan lemah’” (QS: An-Nisa: 2)

Bukankah hakikatnya manusia adalah makhluk yang lemah. Tidak semua yang dikatakan manusia itu benar. Tidak semua informasi yang didapat sesuai dengan kenyataan. Terkadang apa yang tampak tidak sesuai dengan yang sesungguhnya. Meyakini dirimu tidak hanya dari manusia saja tapi kau juga butuh mendekatkan diri pada pemilik hidupmu. Sebab itu bertanyalah pada Allah. Sebab Allah selalu memberi  jawaban terbaiknya.

2. Mintalah pada-Nya petunjuk atas keputusan yang akan diambil

Photo at Pinterest by @Shireen Pakkarath

Photo at Pinterest by @Shireen Pakkarath via https://id.pinterest.com

dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku. (QS: Maryam:4)

Advertisement

Akui saja kau butuh Dia untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaanmu. Libatkan Dia dalam setiap keputusanmu. Biar tak ada penyesalan jika nanti dipertengahan jalan kau temui ‘seseorang’ yang kau pilih ternyata tak sebaik diawal pertemuan.

Berdoalah padaNya sesering mungkin jangan lelah. Kelak kau akan ditunjukan pada jalan yang tepat tanpa kau duga. Memintalah padaNya biar nanti keraguanmu tak lagi menyiksa.

3. Yakinlah, bahwa takdirnya adalah yang terbaik

Photo at Pinterest by @Hanif Salsabila

Photo at Pinterest by @Hanif Salsabila via https://id.pinterest.com

Jika dia yang kau sebut namanya ternyata bukan yang Allah takdirkan. Ikhlas dan yakinlah bahwa dia lah yang terbaik menurutNya. Mungkin saja hatimu salah meletakkan harapan sehingga ada rasa kecewa saat nyatanya bukan namanya yang diaminkan semesta.

4. Bersyukurlah bahwa Allah tengah menyelamatkanmu dari orang yang salah

Photo by Pinterest @çikolatadenizi

Photo by Pinterest @çikolatadenizi via https://id.pinterest.com

Tak perlu berkecil hati atas doamu yang belum juga terjawab atau dijawab tapi jauh dari harapan. Tidak perlu bersedih jika kau dipalingkan dari ia yang kau harapkan. Itulah bukti cinta Tuhan padamu. Allah tidak ingin kau disakiti jika bersamanya maka Dia pilih seseorang yang tidak pernah kau pikir hadirnya.

5. Jika sudah waktunya Allah akan mempertemukan

Photo at wattpad

Photo at wattpad via https://www.wattpad.com

Biarlah waktu yang menjawab. Tidak perlu sibuk ‘mencari ulah’ hanya untuk menarik perhatiannya. Bertanyalah pada Tuhan kenapa urusan jodoh ini seakan jauh. Coba periksa dirimu, hatimu yang lalai. Mungkin Allah tengah memberi kesempatan bagimu untuk  mempersiapkan diri.

Jika nanti kau bertemu pada seseorang yang membuat atensimu terpusat padanya. Membuat jutaan kupu-kupu bertebaran maka jangan lupa untuk bertanya dan ‘berdiskusi’ pada pemilik semesta. Demi keselamatanmu dari seseorang yang salah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya