Jika saat ini film Dilan 1990 sedang menjadi salah satu pembicaraan yang hangat dan hampir dikenal semua remaja Indonesia. Maka Inggris pun demikian. Saat kita duduk dibangku sekolah tentu kita sudah tidak asing dengan negara Inggris yang menjadi salah satu penjajah Indonesia. Tetapi itu dahulu kala, zaman old. Untuk zaman now Inggris menjadi salah satu negara yang banyak di minati sebagai tempat untuk tujuan belajar atau travelling. Seringkali kita menyebut Inggris dengan nama U.K, sebenarnya hal ini kurang tepat. Karena memang U.K merupakan sebutan untuk beberapa negara yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, yang mana U.K sendiri merupakan singkatan dari The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Jadi saat kita menyebut U.K maka harusnya yang ada di pikiran kita adalah ke empat negara itu, bukan hanya Inggris. Karena Inggris merupakan bagian dari U.K, sedangkan untuk Britania Raya sendiri terdiridari Inggris, Skotlandia dan Wales.

Jika ahkir-ahkir ini Indonesia marak dengan hastag yang Dilan katakana kepada Milea bahwa, “Jangan rindu. Ini berat. Kau tak akan kuat. Biar kau saja.” Sebuah novel karangan Pidi Baiq, dengan judul: Dilan, Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, yang kini diangkat ke layar lebar dan disutradarai Fajar Bustomi, untuk orang yang sedang jatuh cinta memang itu benar. Hanya saja untuk orang yang jatuh cinta dengan U.K atau pun seorang pecinta travelling, yang berat itu keliling U.K dengan budget minimalis. Sama beratnya dengan orang yang sedang rindu pada apa yang sedang dicintainya.

Melakukan perjalanan keliling U.K bukanlah hal yang mustahil, haya saja kita harus menabung lebih banyak karena mememang nilai mata uang yang berbeda. Mata uang U.K adalah pound sterling yang mana lebih tinggi dari mata uang Indonesia. Meskipun begitu, bukan berarti kita harus menyerah begitu saja. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menikmati indahnya U.K dengan budget minimalis.

1. Atur Waktu Kunjungan Berdasarkan Destinasi Termurah

Murah, bukan berarti murahan. Apalagi yang kita bicarakan adalah travelling keliling U.K, tentu saja dengan budget seminimal mungkin tetapi berlibur seperti Syahrini tentu akan sangat menyenangkan. Untuk itu mengatur waktu kunjungan sangat penting. Kita bisa menemukan 3 kota di U.K dengan harga tiket yang terjangkau yaitu Manchester, London dan Edinburgh. Dan berita baiknya, untuk penerbangan ke U.K maka hanya ada penerbangan langsung ke London, jadi mau nggak mau kita harus mampir ke London dulu sebelum berkeliling Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

2. Beli Tiket Termurah

Setelah menentukan waktu kunjungan maka kita harus membeli tiket dengan harga yang termurah. Untuk itu perhatikan maskapi yang akan kita gunakan. Untuk maskapai full-service biasanya akan lebih murah saat kita membelinya dekat dengan hari keberangkatan. Jika kita memilih untuk memakai Lion Air maka kita harus rajin memantau harga, karena masakapai satu termasuk salah satu maskapai yang paling sering merubah harga.

Advertisement

Bahkan dalam sehari, harga maskapai bisa berubah sampai tiga kali. Tidak hanya itu, kita juga harus memperhatikan periode perjalanan. Karena long weekend dan musim liburan akan membuat harga tiket melonjak. Bahkan tiket di hari senin juga termasuk mahal. Memilih bulan liburan saat low season seperti bulan Februari dan April atau September dan November bisa menjadi pilihan. Pastikan juga kita selalu mencatat maskapai apa saja yang memiliki promo, agar kita selalu siap siaga.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

3. Menyiapkan Visa

Selain mengatur waktu kunjungan, maka kita harus menyiapakan visa sebelum berangkat ke U.K. Baik ke Inggris atau pun ke Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara maka kita harus mengajukan visa melalui VFS Global yaitu mitra dari UK Visas & Immigration, yang mana perusahaan ini sudah ditunjuk langsung oleh Kedutaan Inggris untuk membantu mengurus visa.

Advertisement

Untuk mengurus visa U.K kita juga bisa melakukan permohonan secara online dengan mengisi formulir di web http://visa4uk.fco.gov.uk dan setelah mendaftar maka kita harus melakukan pembayaran visa agar mendapatkan waktu untuk bertemu untuk melakukan interview.

4. Buat Itinerray

Itinerray merupakan jadwal perjalanan yang sudah kita atur dengan urut dan sistematis berdasarkan jarak dan waktu tempuh yang mana akan mempermudah kegiatan kita selama travelling. Pernerbangan dari Indonesia ke London memakan banyak waktu, untuk itu pastikan kita membuat itenerray yang tepat agar waktu yang kita miliki di sana maksimal. Itinerray juga akan membuat kita mengetahui berapa besar budget yang akan kita keluarkan.

5. Penginapan

Penginapan

Penginapan via https://www.ihg.com

Sebagai backpaker kita harus menghemat budget semaksimal mungkin tanpa mengesampingkan kenyamanan. Hotel memang menjadi salah satu tempat menginap yang sering kita pilih saat kita tidak memiliki saudara atau teman di U.K, selain hotel kita bisa memilih hostel. Hostel memiliki harga yang lebih murah dengan fasilitas yang cukup baik dan juga nyaman. Untuk itu kita harus memesannya jauh-jauh hari. Selain hostel, untuk penginapan murah lainnya kita bisa memilih Wisma Indonesia.

6. Makanan

Makanan merupakan salah satu pengeluaran yang memakan budget besar. Untuk itu kita harus mengakalinya. Kita bisa membawa beberapa makanan siap saji dan makanan instal dari rumah, lalu di hostel kita bisa menghangatkan makanan di microwave. Atau jika ingin membeli makanan di luar, maka kita bisa take away, porsi makanan biasanya dalam ukuran besar yang mana bisa kita konsumsi seharian dan juga hemat budget.

7. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Tempat wisata gratis bisa menjadi salah satu pilihan. Apalagi jika kita sedang ada di London. Ada banyak tempat wisata gratis yang bisa kita datangi seperti museum. Di London, Natural History Museum, Albert Museum dan British Museum bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain museum ada berbagai taman cantik yang gratis.

8. Gunakan Transportasi Umum

Memilih kendaraan umum merupakan salah satu hal bijaksana yang bisa kita lakukan. Transportasi umum di U.K bisa menjadi pilihan yang pas, karena selain nyaman harganya juga pas di kantong. Selain itu kita juga bisa memakai sepeda. Tentu menyenangkan keliling kota dengan memakai sepeda, sedikit lelah tapi sangat menghemat budget.

9. Jangan Lupa Tukarkan Mata Uang

Mata uang kita memiliki nilai yang berbeda, itu sebabnya penting menukarkan uang kita ke dalam mata uang negara yang akan kita kunjungi. Jangan lupa juga untuk menukarnya dengan uang koin negara yang akan kita datangi. Uang koin memiliki nilai kurs yang lebih murah dibanding uang kertas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya