Bingung Cara Agar Kamu Bisa Lebih Produktif? Yuk Simak 5 Tips Ini!

Dibalik hidup yang produktif terdapat fisik dan mental yang baik.

Hidup produktif memiliki makna bahwa terciptanya fisik maupun mental yang seimbang. Terkadang kita memang terlalu banyak hal-hal yang hendak dikerjakan namun malah bingung untuk melakukannya. Oleh karenanya dibutuhkan manajemen waktu dan skala prioritas tertentu agar hal-hal yang sedang, akan, maupun yang telah kita kerjakan dapat berjalan dengan semestinya dan bersifat produktif.

Nah, berikut ada 5 tips nih yang dapat kamu lakukan agar hidupmu bisa lebih produktif tanpa merugikan fisik dan mentalmu sendiri.

Advertisement

1. Membuat rencana dengan to do list

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu cara yang dapat membantu kamu agar lebih produktif ialah dengan membuat to do list. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi bantuan seperti google docs, notes maupun sticky notes. 

To do list merupakan cara paling mudah yang dapat kamu lakukan. Dengan cara ini juga kamu akan lebih memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan sesuatu di hari tersebut. Disamping itu, untuk kamu yang suka pelupa dan menginginkan manajemen waktu yang efektif dan efisien tentu to do list bisa kamu lakukan nih.

Advertisement

To do list ini dapat kamu catat pada hari yang sama ketika hendak beraktivitas maupun sehari sebelumnya dengan mencatatnya dalam bentuk tomorrow list. Cara ini idealnya memang kamu catat dalam jangka waktu yang pendek. Namun kamu juga bisa lho menulis to do list ini dalam jangka waktu yang panjang agar kamu dapat memproyeksikan hal-hal kedepannya.

Lalu, setelah kamu selesai mengerjakan pekerjaan tertentu kamu bisa menghapus atau mencoret hal-hal yang telah kamu lakukan dalam hari tersebut agar salah satu tanggung jawabmu dapat kamu tinggalkan dan berpindah ke pekerjaan lainnya.

2. Mengerjakan sesuatu yang sifatnya kecil

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Foto oleh cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Seringkali kita merasa malas apabila melakukan aktivitas yang sifatnya besar dan berat untuk dilakukan. Nah, kamu dapat mensiasatinya nih dengan mengerjakan hal-hal yang kecil untuk dilakukan. Dengan begitu, tentu kita akan lebih merasa enjoy dan tidak terbebani. Karena kamu hanya melakukan pekerjaan yang sederhana dan tidak terlalu memberatkanmu.

3. Memiliki jam yang spesifik

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Foto oleh cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Supaya kamu dapat fokus pada satu kerjaan tertentu, kamu dapat melakukannya pada jam-jam atau waktu tertentu saja. Tentukan dan pilihlah waktu yang spesifik lalu fokus pada satu pekerjaan tersebut. Dengan begitu, waktu dan aktivitasmu tidak akan terbuang sia-sia. Memiliki jam yang spesifik juga akan membuat pekerjaanmu lebih produktif dan efektif untuk dilakukan. Karena waktu yang kamu miliki sudah diatur sedemikian rupa dan sudah terbagi-bagi pada hal yang spesifik.

Misalnya, pada jam 9 hingga 10 pagi kamu fokus untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Lalu pada jam 12 hingga 2 siang kamu menyelesaikan tugas kantor atau kuliahmu. Sisa waktunya dapat kamu manfaatkan untuk hal-hal yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Begitu seterusnya.

4. Membuat skala prioritas

Foto oleh Polina Kovalena dari Pexels

Foto oleh Polina Kovalena dari Pexels via https://www.pexels.com

Cara agar dapat produktif lainnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan membuat skala prioritas. Kamu dapat melakukannya dengan membagi ke dalam dua hal, yaitu hal-hal prioritas dan non-prioritas.

Apabila kamu telah menentukan skala prioritas yang sifatnya sesegera mungkin untuk dikerjakan, maka lakukanlah hal tersebut sesegera mungkin pula. Dengan begitu, kamu dapat meninggalkan hal-hal yang tidak penting untuk kamu kerjakan. Dalam membuat skala prioritas ini kamu harus fokus dan berkonsentrasi agar hasilnya dapat maksimal, ya!

5. Jangan lupa istirahat

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Setelah melakukan seluruh tanggung jawab to do list dan segala aktivitasmu dalam sehari, jangan lupa untuk istirahat, ya! Mengistirahatkan tubuhmu sangat penting untuk dilakukan agar keesokan harinya tubuhmu akan kembali fit dan bugar. Istirahat ini bisa kamu lakukan dalam bentuk me time, berkumpul bersama keluarga atau melakukan aktivitas yang bersifat santai untuk membuat badanmu rileks.

Fisik dan mental yang sehat ditandai dengan adanya keseimbangan antara hidup dan pekerjaan itu sendiri. Untuk memiliki hal tersebut, diperlukan jiwa yang produktif dalam keseharian supaya selain waktu dan tenaga yang kita keluarkan dapat bermanfaat, tentu pula akan berdampak positif terhadap kehidupan kita. Oleh karena itu, cara-cara produktif di atas bisa kamu terapkan dalam keseharianmu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a full-time learner who loves public relations and media studies.

CLOSE