Karena penatmu akan kebisingan hidup perlu penawar, yaitu pemandangan alami yang indah nan menggugah.

Apakah kamu berencana ke Inggris, sedang menuntut ilmu di Inggris, atau sedang berlibur di Inggris dan mendambakan pemandangan alam yang tenang dan Indah? Scottish Highland bisa jadi salah satu pilihan kamu lho!

Belum lama ini saya beruntung memiliki kesempatan mengujungi sahabat yang sedang mengambil gelar master di University of Glasgow (UoG), Glasgow, Skotlandia. Wow, akhirnya menjejakkan kaki di negara yang dulu hanya bisa saya tonton di televisi! *menangis haru. Tiba-tiba, tawaran untuk mengikuti Highlands Tour dari sahabat menghampiri. She told me that Scottish Highlands has scenic view. Sedikit skeptis, saya mengiyakan tawarannya.

Bertolak pukul 10.00 pagi menggunakan bus dari UoG, kami disambut dengan pemandu tur dan sopir yang ramah dengan bahasa Inggris aksen Liverpool yang sangat kental (love the accent!). Secara aktif pemandu tur bercerita mengenai sejarah-sejarah dan mitos-mitos di Highlands sembari sesekali berkelakar. Menurut pemandu tur, kami sangat beruntung karena langit sangat cerah! Pada umumnya Highlands lebih sering diselimuti awan mendung dan angin yang dingin.

Tur kami mengunjungi beberapa lokasi ternama di Highlands. Mana saja ya kira-kira? Simak yuk catatan perjalanan saya berikut ini!

1. Danau Indah dengan Kisah Perpisahan yang Pilu, Loch Lomond and The Trossachs National Park

Suasana syahdu di Loch Lomond

Suasana syahdu di Loch Lomond via https://drive.google.com


O ye'll tak' the high road, and I take the low road,

And I'll be in Scotland a'fore ye,

Advertisement

But me and my true love will never meet again,

On the bonnie, bonnie banks o' Loch Lomond..


Syair tersebut merupakan potongan lirik dari lagu tradisional Skotlandia terkenal, "The Bonnie Banks O' Loch Lomond" yang menceritakan perpisahan dengan orang yang dicintai. Pemandu kami memutarkan lagu tersebut dalam bus dalam perjalanan. Tujuan pertama kami, Loch Lomond, merupakan danau air tawar terluas di Skotlandia. Loch (Gaelic/bahasa Skotlandia) berarti danau. Terdapat semacam gardu pandang yang didirikan di spot terbaik untuk menikmati pemandangan danau.

Advertisement

Ingin melihat pemandangan lebih detail? Pakai saja teropong yang disediakan di gardu, cukup membayar 1 pound. Bisa juga menelusuri danau menggunakan tur perahu. Suasana hening, sejuk, air yang jernih dan atmosfer yang tenang, kombinasi yang pas untuk menjernihkan pikiran sejenak dari rutinitas.

2. Menjelajah Pegunungan Purba di Glen Coe

Take picture with locals? Why not!

Take picture with locals? Why not! via https://drive.google.com

Sepanjang perjalanan menuju Glen Coe, kami disuguhi pemandangan yang spektakuler. Sungai dan danau air tawar berwarna biru semburat hijau dan gunung-gunung tinggi menjulang dengan latar belakang awan putih dan langit biru cerah. Pemandu tur mengajak kami menyusuri jalan setapak berbatu menuju sungai kecil yang jernih di kaki sebuah gunung batu. MasyaAllah. Kami dikelilingi gunung dan tanah yang tertutup ilalang dengan hembusan angin yang cukup kencang.

FYI, Glen Coe dan sekitarnya merupakan salah satu spot populer pengambilan gambar untuk film, lho! Salah satunya film 'Braveheart' yang dibintangi oleh Mel Gibson. Dekat dengan lokasi parkir bus kami, ada pria paruh baya yang memainkan bagpipes (alat musik tradisional Skotlandia) menggunakan kilt (pakaian tradisional khas Skotlandia bermotif tartan). Yay! Kesempatan emas untuk berfoto dengan local*!

*jangan lupa kasih tip ya!

3. Menilik Sarang Sang Monster Legenda 'Nessie', Loch Ness

Where is Nessie? Nessie where are you?

Where is Nessie? Nessie where are you? via https://drive.google.com

Bertolak ke pemberhentian utama, Loch Ness, memakan waktu sekitar hampir 2 jam. Loch Ness merupakan danau air tawar terdalam di Inggris. Loch Ness merupakan salah satu destinasi populer, sehingga banyak terdapat kafe, vila, gas station, toko-toko yang menjajakan berbagai suvenir, makanan khas Skotlandia, dan jasa tur danau menggunakan speed boat.

Monster Loch Ness, Nessie, menjadi ikon pariwisata disini. Pemandu tur mengajak kami menyusuri tepi danau yang teduh. Air danau yang berwarna biru beriak karena angin bertiup cukup kencang. Pastinya, tidak absen untuk berfoto di spot wajib turis, sebuah monumen kecil berwarna biru bertuliskan “Loch Ness” di tepi danau.

4. Reruntuhan Eksotik di Tepi Loch Ness, Urquhart Castle

Urquhart Castle dilihat dari tepi jalan

Urquhart Castle dilihat dari tepi jalan via https://drive.google.com

Masih di area Loch Ness, kami berpindah lokasi ke Urquhart Castle. Urquhart Castle merupakan peninggalan bersejarah Skotlandia yang runtuh pada abad 16 di tepi Loch Ness. Kastil indah ini runtuh karena serangan penganut Katolik. Urquhart Castle merupakan kastil yang paling banyak dikunjungi di Skotlandia. Sayangnya, kami hanya melihat pemandangan kastil dari luar karena waktu yang terbatas.

5. Beranjak ke Kota di Utara Skotlandia, Inverness

Pemandangan kota dari Inverness Castle

Pemandangan kota dari Inverness Castle via https://drive.google.com

Inverness merupakan sebuah kota di bagian utara Skotlandia yang dilewati sungai besar bernama River Ness. Kami dibebaskan untuk berkeliling kota. Uniknya, papan penunjuk jalan atau tempat di Inverness menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan Gaelic. Beberapa bagian selatan kota landai, namun bagian utara berbukit. Pemandangan kota tampak indah bila dilihat dari Inverness Castle. Waspadalah dengan burung camar, karena mereka mengintai kotak bekal atau makanan kamu diam-diam! hihi.

Akhirnya, sampai juga di penghujung perjalanan tur Highlands. Cukup melelahkan, tapi semua terbayar lunas dan puas! Overall, I nominated it as “one of the best sceneries I ever seen in my life”! Meskipun kamu bukan fotografer handal (me either!), kamu tetap bisa mengambil foto dengan apik. Ditambah udara segar dan sejuk, pemandangan spektakuler plus instagram-able, semua lengkap! Satu poin penting, walaupun berhijab, saya dan sahabat tidak merasa kesulitan dalam beribadah selama perjalanan dan semua orang memperlakukan kami dengan respect kok.

Bagaimana? Sekarang yakin kan, kalau penawar penatmu akan hiruk pikuk kota ada di Scottish Highlands? So, what's stopping you? Go pack your stuffs and let's get lost in Britain!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya