Kalau berbicara tentang Britain itu unik, karena Britain atau Britania Raya adalah sebuah negara kesatuan yang diatur di bawah monarki konstitusional dan menggukaan sistem parlementer, dengan kursi pemerintahannya berada di ibu kota London. Terdapat empat negara dalam kedaulatan Britania Raya yang masing-masingnya berdiri sendiri; Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales. Selain merupakan negara kesatuan, Britain juga memiliki panorama alam yang indah dan budaya yang unik.

1. Budaya Yang Unik

Britain memiliki banyak budaya yang unik diantaranya: Gurning (melipat wajah), worm charming (memancing cacing), pearly kings and queen, dan straw bear (hari beruang jerami), nah kali ini kita akan bahas tentang budaya hari beruang jerami.

Straw Bear atau dikenal dengan Hari Beruang Jerami merupakan salah satu tradisi tua yang selalu diselenggarakan di Inggris setiap tanggal 7 Januari. Perayaan tradisional ini selalu berlangsung meriah di sebuah kawasan kecil Fenland. Tradisi ini dipercaya untuk mengawali masa bertani dan berladang oleh masyarakat sekitar perbatasan.

Advertisement

Jika Anda berpartisipasi dalam perayaan ini, maka diwajibkan menggunakan kostum jerami mulai dari kaki hingga kepala. Dan Anda akan berjalan mengetuk pintu rumah yang satu ke rumah lainnya sambil menari. Menarik, bukan? Yang lebih menarik dan menyenangkan lagi, para penari akan memperoleh hadiah dari para pemilik rumah sebagai imbalannya. Baik berupa uang, makanan atau minuman.

2. Panorama Alam yang Indah

Panorama alam di Britain sangat mempesona, banyak wisata alam yang buat kita tidak bisa move on, di antaranya:

1. Bibury, Gloucestershire

Advertisement

2. CastleCombe, Wiltshire

3. Clovelly, Devon

4. Dunster, Somerset, dan

5. Edensor, Derbyshire

Dan kali ini kita akan bahas tentang pedesaan Edensorm desa Edensor merupakan desa yang memiliki pemandangan indah dengan satu gereja, sedikit rumah-rumah lama, jalan, dan area rerumputan yang luas persis seperti sebuah taman, dan desa ini merupakan desa buatan.

3. Keadaan Sosial

Secara historis, orang pribumi Britania dianggap sebagai keturunan dari berbagai kelompok etnis yang telah menetap di sana sebelum abad ke-11, yaitu bangsa Kelt, Romawi, Anglo – Saxon, Norse dan Normandia. Ada juga teori yang menyatakan bahwa orang Wales merupakan kelompok etnis tertua di Britania Raya.

Studi genetik baru-baru ini menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen gen bangsa Inggris mengandung kromosom Y Jermanik. Namun analisis genetik terbaru lainnya juga menunjukkan bahwa sekitar 75 persen nenek moyang bangsa Inggris moderen telah tiba di Kepulauan Britania sejak 6.200 tahun yang lalu, yaitu pada awal Zaman Neolitikum atau Zaman Batu Britania. Ditemukan juga bahwa orang Britania (British) pada umumnya "berbagi" nenek moyang yang sama dengan orang-orang Basque.

4. Kriminalitas

Menurut data dari Statistik Kriminalitas Britania Raya, kriminalitas di Inggris dan Wales meningkat pada periode antara tahun 1981 dan 1995, meskipun telah terjadi penurunan secara keseluruhan dari 48% dalam kriminalitas pada periode 1995-2007/2008. Populasi penghuni penjara di Inggris dan Wales juga meningkat hampir dua kali lipat pada periode yang sama menjadi lebih dari 80.000 narapidana, menjadikan Inggris dan Wales sebagai negara dengan peringkat tertinggi jumlah narapidananya di Eropa Barat dengan rasio 147 napi per 100.000 jiwa.

Layanan Penjara Baginda (Her Majesty's Prison Service), yang bertanggung jawab kepada Kementerian Kehakiman, mengelola sebagian besar penjara di Inggris dan Wales. Kriminalitas di Skotlandia sebaliknya turun hingga ke tingkat terendah dalam 32 tahun terakhir pada tahun 2009/2010 (turun sepuluh persen).

Pada saat yang sama populasi penjara Skotlandia dihuni oleh sekitar 8.000 tahanan, di mana hal ini jauh di atas kapasitas desain penjara di Skotlandia. Layanan Penjara Scotlandia, yang bertanggung jawab kepada Sekretaris Kabinet untuk Kehakiman, bertugas mengelola penjara-penjara di Skotlandia. Pada tahun 2006 sebuah laporan yang diterbitkan oleh Surveillance Studies Network menyatakan bahwa Britania Raya memiliki tingkat penjagaan penjara tertinggi dibandingkan dengan negara-negara industri Barat lainnya.

5. Ekonomi

Britania Raya mempunyai ekonomi pasar yang diatur sebagian. Berdasarkan nilai tukar pasar, saat ini Britania Raya merupakan negara dengan ekonomi terbesar keenam di dunia dan terbesar ketiga di Eropa setelah Jerman dan Perancis – dikalahkan oleh Perancis untuk pertama kalinya pada tahun 2008 setelah satu dekade.

HM Treasury yang dikepalai oleh Mentri Keuangan Britania Raya, bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan kebijakan ekonomi dan keuangan Pemerintah Britania Raya. Bank of England adalah bank central Britania yang bertanggung untuk mengeluarkan mata uang negara, yaitu pound sterling. Bank di Skotlandia dan Irlandia Utara tetap diberi hak untuk mengeluarkan uang kertas sendiri, dengan catatan harus tetap menyimpan cadangan uang kertas Bank of England dalam jumlah yang cukup.

Pound sterling adalah cadangan mata uang terbesar ketiga di dunia (setelah dolar AS dan Euro). Keterlibatan Kerajaan dalam ekonomi dilaksanakan oleh Kanselir Perbendaharaan (Chancellor of the Exchequer). Sejak tahun 1997, jabatan Komita Kebijakan Moneter Bank of England dipimpin oleh gubernur Bank of England dan bertanggung jawab untuk menetapkan suku bunga pada tingkat yang diperlukan untuk mencapai target inflasi ekonomi keseluruhan yang ditetapkan oleh Canselor setiap tahunnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya