Bagi pencinta novel genre apapun, pasti sangat tertarik dengan Britain. Kenapa? Yah, karena banyak novel yang mengambil Britain sebagai setting tempat dalam cerita. Apalagi genre historical romance di mana menceritakan para bangsawan yang tinggal di kastil megah, para Lady dengan gaun mereka yang lebar dan para Gentleman yang mengenakan cravat di lehernya berjalan-jalan di taman. Rasanya Britain itu seperti negeri impian deh. Oleh karena itu, sebagai pencinta Historical Romance, wajib mengunjungi Britain.

1. The Roman Bath

Di dalam historical romance, banyak cerita yang menyebutkan The Roman Bath. Apa itu The Roman Bath?

Untuk sejarah silakan cari tahu di https://en.wikipedia.org/wiki/Roman_Baths_(Bath). Namun berbasarkan novel, kebanyakan para orang tua atau yang mungkin memiliki penyakit ringan datang ke tempat pemandian umum ini karena dipercaya bisa menyembuhkan atau membuat jadi lebih sehat. Selain itu, The Roman Bath yang terletak di kota Bath ini juga merupakan tempat bersosialisi para bangsawan. Bahkan, biasanya jadi tempat bertemunya entah itu seorang Lady ataupun pelayan pribadi seorang bangsawan tua dengan seorang bangsawan muda.

Advertisement

Nah, karena sering disebutkan dalam novel, bagaimana sih sebenarnya tempat ini? Well, setelah datang dan melihat dengan mata kepala sendiri, kesan yang didapat adalah sangat berbeda dengan onsen atau pemandian air panas di Jepang (ya eyalaaaah….hahahaha…)

Yah, setelah melihat langsung, barulah bisa membayangkan secara tepat semua kejadian yang ada dalam historical romance. Bagi yang selama ini penasaran, silakan lihat foto yang terlampir dan boleh membaca ulang novel yang bersetting The Roman Bath, dan pasti bisa membayangkan.

2. Regent Park

Britain banyak memiliki taman-taman yang indah. Taman di mana kita bisa berjalan santai menikmati mentari, kolam cantik yang berkilau maupun pohon-pohon rindang yang menyejukkan. Meskipun musim dingin, matahari tetap bersinar dengan terik namun udaranya sangat dingin sekali. Rasanya menyenangkan sekali di tengah udara dingin bisa jalan-jalan sambil bergandengan tangan dengan seseorang (hehehe…ngayal tuh). Yah, kayak di novel-novel gitu…hehehe..

3. Underground Tube

Advertisement

Transportasi umum di Britain sangat modern, teratur serta di siplin waktu. Salah satunya adalah kereta bawah tanah atau Underground Tube. Yang menarik adalah, stasiun underground ini tidak terlalu kentara karena berada di bawah tanah serta desain stasiunnya tidak tampak dari luar dan petunjuknya hanyalah lambang underground serta tulisan. Interior dalam stasiun pun sangat indah sehingga tidak terasa seperti di bawah tanah.

Selain itu, jika kita naik tube pasti akan mendengar "Mind the gap…mind the gap". Itu maksudnya adalah hati-hati terhadap celah antara kereta dan peron. Biasanya yang terdengar adalah suara rekaman namun, jika saat peak hour seperti jam pulang kerja, apalagi di Jubilee Line, suara petugas tube yang terdengar dan kadang nadanya bisa agak tinggi karena saking penuhnya yang naik kereta sehingga pintu susah ditutup.

Nah, terkadang juga baca di novel kalau ada yang berlari mengejar kereta atau bis bertingkat. Padahal memang sih kalo kita ketinggalan kereta atau bis, masih banyak kereta atau bis berikutnya dan hanya selang beberapa menit. Tapi yaa, kalau memang kita melihat bis yang sedang berhenti dari kejauhan ataupun baru turun tangga dan melihat pintu kereta masih terbuka, rasanya memang otomatis jadi berlari mengejar kesempatan bisa naik bis atau kereta. Ternyata, apa yang diceritakan di novel terkadang memang kenyataan yang memang dialami si penulis.

4. Fish n Chips

Mengenai makanan, salah satu makanan yang terkenal di Britain adalah Fish n Chips. Awalnya, pada saat memesan hidangan ini untuk pertama kalinya, agak bingung karena mana keripik kentangnya? Yang ada hanya fillet ikan goreng tepung chrispy dengan kentang goreng serta kacang polong dan setelah beberapa saat baru sadar bahwa chips di Britain artinya kentang goreng (hahaha. Itulah salah satu perbedaan bahasa Inggris di Britain dan Amerika.

Selain itu, ada juga Pretzel. Di Indonesia biasanya Pretzel yang ada berupa kue kering namun di Britain biasanya berupa roti Pretzel, berwarna coklat dan bentuknya cukup yaah menarik hehe. Ternyata roti Pretzel yang bisa dibeli di supermarket tidak ada rasanya alias tawar. Makanya saat membaca di novel biasanya Pretzel disantap sambil minum kopi atau coklat.

5. Lyceum Theatre

Di Britain, banyak tersebar gedung teater salah satunya adalah Lyceum Theatre. Dalam Historical Romance, seni pertunjukan teater sangat terkenal dan berkembang bahkan sampai sekarang. Pertunjukannya pun tidak hanya cerita masa lalu namun juga cerita moderen, seperti Lion King. Meskipun teater, namun teknik panggungnya sangat hebat dan modern bahkan panggungnya bisa bergerak seolah kita menonton di bioskop. Belum lagi suara-suara merdu yang mengalun menghiasi pertunjukan. Pokoknya, jika ke Britain wajib deh nonton pertunjukan di teater.

6. Hamleys

Nah, baik anak-anak, dewasa, cewek mapun cowok pasti bahagia jika masuk ke toko mainan terbesar di Britain ini tepatnya di kota London yaitu Hamleys Toys Shop. Toko mainan yang memiliki lebih dari lima lantai itu adalah surga mainan. Dari Lego, bahkan ada patung lego keluarga kerajaan Britain sampai sapu terbang Harry Potter, semua ada di sana. Pokoknya jika sudah masuk sana, siap-siaplah dompet terkuras akibat ingin beli ini itu karena semua mainannya bagus dan lucu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya