Buat Anak Milenial, Yuk Kita Bangun Generasi Pintar dengan Gawai

Untuk memanfaatkan smartphone kita dengan baik, kita bisa mengisinya dengan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat.

Tidak bisa dielakkan lagi bahwa kita hidup pada zaman milenial seperti sekarang ini. Teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Fitur-fitur canggih terus diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Pekerjaan manusia menjadi mudah adalah manfaat terbesar dari adanya teknologi. Besarnya manfaat dari teknologi membuat mayoritas dari masyarakat menggunakannya. Dan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini adalah smartphone. Anak-anak muda, remaja bahkan orang dewasa sudah begitu kecanduan dengan barang yang satu ini.

Pada tahun 2015, pengguna smartphone masih 55,4 juta dan akan terus bertambah menjadi 92 juta pada 2019. Wakil Ketua Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) Lee Kang Hyun mengatakan, setiap tahunnya, pengguna smartphone di tanah air tumbuh 30% – 50%.

Dilihat dari arti katanya, smartphone merupakan ponsel cerdas. Begitu cerdas karena kita bisa mengakses apapun, mengetahui apapun, dan belajar apapun hanya dari benda kecil pipih yang muat di kantong celana tersebut. Kemungkinan  ponsel pintar dapat membuat penggunanaya menjadi pintar. Hal itu bisa terjadi jika kita menggunakan smartphonenya untuk hal-hal positif. Bukan memanfaatkannya untuk mengakses hal-hal negatif yang merugikan serta membuang-buang waktu kita.

Untuk memanfaatkan smartphone kita dengan baik, kita bisa mengisinya dengan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat.

1. Aplikasi bimbingan belajar buat kita gak kalah cerdas sama temen yang bimbel jutaan rupiah

ruangguru

ruangguru via http://www.ruangguru.com

Advertisement

Kata siapa pintar itu mahal? Untuk menjadi pintar memang butuh biaya, tapi kita bisa meminimalisir biaya tersebut jika kita jeli melihat peluang yang ada di sekitar kita. Karena pintar tidak hanya untuk orang-orang kaya yang mampu membeli buku lengkap dan les yang mahal. Tapi pintar juga milik orang-orang yang mau berusaha dan bekerja keras.

Ada banyak cara untuk jadi orang pintar. Apalagi pada zaman yang memudahkan seperti sekarang ini. Jika membayar les itu mahal, tempat les yang jauh, atau tidak punya banyak waktu. Kita bisa memanfaatkan aplikasi  online seperti Ruang Guru, Quipper, Zenius Z, dan lain-lain. Dengan memakai aplikasi-aplikasi berikut kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja dengan biaya yang lebih murah dari bimbel-bimbel offline. C’mon try it! Harvard waiting you!

2. Aplikasi belajar bahasa asing buat kamu jago bahasa asing dengan cara yang mudah

Pintar dalam hal akademik aja gak akan cukup buat menunjang cita-cita kita. Orang pintar udah banyak, yang punya IQ tinggi juga udah membeludak. Kalau kita gak punya soft skill kayak menguasai bahasa asing, at least dunia akan mengeliminasi kita.

Advertisement

So, nggak usah minder sama orang yang dianugerahi uang yang banyak dan bisa bimbel bahasa asing, kita juga bisa kok melakukannya hanya dengan menggunakan  benda pipih yang selalu kamu isi kuotanya. Kamu bisa mendownload aplikasi belajar bahasa asing di smartphone mu tercinta dengan aplikasi seperti Babbel, Memrise, Duolingo, Busuu, Rosetta Stone, dan lainlain.

So, nggak mau coba? Gratis loh, tinggal download di Google Play Store.

3. Main game asah otak di smartphone adalah cara seru buat cerdas

Siapa sih yang nggak mau cerdas? Merupakan kebanggaan tersendiri kalau otak kita lebih cepet jalannya daripada temen-emen yang lain. Selain makan makanan yang banyak proteinnya, kita juga butuh latihan untuk mengasah otak kita. Kita bisa coba satu-satu nih aplikasi yang udah disediain oleh Google Play Store, dan yang recomended adalah Math Duel, Quick Brain, Math Workout, Math vs Undead, Brain It On! Dan masih banyak lagi. Ayo coba satu satu.

Advertisement

4. Aplikasi beasiswa akan memudahkan kita melanjutkan pendidikan tanpa harus pusing akan biaya

scholarship

scholarship via http://www.bhataramedia.com

Siapa sih  yang gak mau sekolahnya dibayarin? Pasti semua orang yang yang datanya mengenai perihal tersebut akan menjawab “mau”. Karena dengan besiswa kita hanya perlu fokus belajar tanpa harus memikirkan biaya untuk pendidikan kita. Dan lebih parahnya lagi ada loh beasiswa yang juga memberikan uang saku pada kita. Gimana? Enak kan?

Tapi masalahnya beasiswa gak akan datang dengan sendirinya jika kita tidak memperjuangkannya dan yang memperebutkannya juga bukan orang sedikit. Jadi, buat kita yang menjadi pemburu easiswa, jangan sedih. Karena aplikasi seperti Beasiswa App, BeasiswaKU, BeasiswaIndo, dan Tutwuri bisa membantu kita buat mencari informasi tentang beasiswa impian loh.

5. Dengan download aplikasi ini kita tidak perlu ribet membeli banyak buku untuk membaca

Kita sudah sangat sering mendengar bahwa buku adalah jendela dunia. Yups, itu adalah ungkapan yang sangat benar. Karena dengan buku kita bisa mengetahui hal-hal yang belum kita ketahui, dengan buku juga kita bisa menjelajahi sesuatu yang sangat jauh dengan kita. Bisa dikatakan juga buku dapat membuat kita berimajinasi dengan teks bacaan yang kita baca. Semakin tebal buku tentu semakin banyak ilmunya dan pengetahuan yang kita dapat. tapi hal tersebut pastilah menyulitkan karena terlalu berat dibawa. 

Jangan khawatir, karena didunia digital seperti ini hal-hal tersebut bisa dimudahkan. hanya dengan mendownlod aplikasi seperti Google Play Book, Goodreads, Moon+ Reader, Wattpad, Aldiko Book Reader, dan Readfeed kita bisa membaca berbagai jenis buku hanya dengan menggenggam smartphone yang kita cintai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE