Congratulation!! buat kawan-kawan yang sudah menamatkan studynya di universitas. Buat yang tengah berjuang, calm down nikmati aja status mahasiswa/i kalian, Guys. Banyak benefit yang bisa kalian ambil ketika jadi mahasiswa. Sebab kalau kalian sudah diusir #lulus haha kalian mungkin happy tapi BOOOOM.. esoknya ketika kalian buka mata, kehidupan yang sebenarnya tengah menanti.

WELCOME TO THE REAL LIFE :D

Kalau kalian adalah anak berotak cerdas, pintar, lucky, dan nggak pernah merana huhu, stop read this. It means jalan kalian akan lempeng atau lurus aja. No worries masalah career. Namun, apakah semua anak muda di negara kita ini bernasib sama? Absolutely No. That's why tulisan ini dibuat untuk share tips agar kita semua bisa beruntung juga, khususnya langkah apa yang akan kalian ambil after graduation karena satu langkah bisa mengubah masa depanmu. Namun, perlu diingat, hal yang terpenting dari semuanya adalah hidup nggak seindah di K-drama X)

After graduation, banyak status yang bisa kalian pilih. Kalian harus kuat hati dan bertawakal. Apa saja statusnya? Here are..

1. Secara alamiah kamu akan menjadi seorang job seeker, Guys.

Wow! menyebutnya saja, untuk beberapa orang sangat takut akan status ini, melebihi ditinggal dosen pembimbing ke luar kota saat skripsi haha. Yaaah, saat kalian memilih status ini kalian harus siap bersaing dengan fresh graduate dari seluruh jurusan di berbagai universitas. Kalian harus fight untuk apply sana sini ke berbagai perusahaan. Kalian pun mulai belajar tentang tes psikotes dan wawancara kerja seperti apa. Mulai juga untuk join di situs-situs job seeker dan paling penting prepare CV mu semenarik mungkin.

Kalau target kalian perusahaan BUMN, biasanya mereka punya kualifikasi khusus seperti jurusan dan ipk. Untuk kalian yang dari jurusan unik, pilih lah yang all major di kualifikasinya. tapi jangan terlalu ngotot untuk di BUMN, cobalah di perusahaan swasta, petik ilmunya. Ingat untuk S1 jangan terlalu menuntut salary yaah, ilmu dan pengalaman yang penting. Lain hal jika di hidup kalian hanya uang yang menjadi tujuan hidup. Pilih lah job yang buat kalian comfort dan diridhoi- Nya. Insha Allah hidup kalian berkah.

2. Status sebagai sholarship hunter juga bakal cocok sama kamu setelah lulus kuliah.

scholarship hunter

scholarship hunter via http://www2.cuny.edu

Advertisement

Wohooo, ini dia status yang selalu bergengsi di kalangan anak muda. Apalagi kalau bisa goal study abroad. Aamiin.. But jangan jadi hunter melulu dooong, ubah jadi AWARDEE :D

Preparation untuk goal scholarship nggak seperti apply job. Butuh hitungan bulan bahkan tahun agar persiapan matang. Why? kalian mesti prepare TOEFL atau IELTS, dokumen akademik atau non, dan paling penting Essay, karena mostly scholarship mensyaratkan buat essay. Tidak seperti CV, essay beasiswa ini complicated banget, mudah tapi susah. Itulah megapa butuh persiapan yang sangaaaat matang dan teliti.

First of all, kalian harus buat plan mau beasiswa Indo atau beasiswa luar. Perlu diingat beasiswa Indo nggak hanya LPDP, pasti kalian sudah minder duluan dengar kata beasiswa ini. Banyak jenis beasiswa lainnya dari dikti, percaya deh. Mulailah searching dan join ke expo atau workshop scholarship. Mulailah teliti setiap persyaratannya, terutama toefl dan umur atau tahun kelulusan. Beberapa beasiswa ada yang mensyaratkan umur atau tahun kelulusan. Sayang banget kalau kita sampai nggak bisa apply hanya gara-gara telat umur atau tahun lulus padahal seharusnya bisa jika sering update info scholarship.

Advertisement

Please stop being a such baby. Banyak banget beasiswa yang bisa kalian dapet, terutama beasiswa dari pemerintah di berbagai negara kalau mau study abroad. FYI untuk beberapa negara di Europe membuka berbagai jenis beasiswa tapi belum diketahui banyak anak muda, padahal bergengsi looh, mana saja? Searching laah ;D

So, let's start and reach your dreams. Dunia ini terlalu disayangkan jika hanya kita lihat di peta atau Tv sampai kita jadi nenek kakek. Jangan lupa juga berdoa dan tawakal pada Nya.

3. Ini dia status yang paling sering dipilih para fresh graduate yang ternyata jodohnya sudah lebih dulu datang. Yes! Marriage.

Happy Wedding!!!!!! Bagi kalian yang jodohnya sudah datang lebih cepat :))) Selamat membina rumah tangga dan semoga SAMAWA..

Status ini adalah status pasti dan insha Allah akan dimiliki oleh semua orang. Hanya saja waktunya berbeda-beda, Semua kuasa-Nya 🙂 bersyukurlah kalian yang jodohnya sudah hadir. Calm down bukan berarti kalian nggak bisa gapai impian kalian. Pernah dengar career women kan? Naaah bisa kok kalian sambil kerja juga atau wirausaha. Insha Allah rejeki nggak kemana, hanya saja pasti problem dan keuangannya lebih complicated. Dibutuhkan ibu dan istri yang cerdas dan soleha. It depends on you Guys..

4. Bagi kalian yang punya jiwa bisnis tinggi, status ini akan melekat sekali dengan kalian. Ya, enterpreneur!

Entrepreneur

Entrepreneur via http://www.ayopreneur.com

Hello calon CEO.. siapa sih yang engga mau jadi CEO suatu perusahaan yang sukses? Pasti mau yaaa..hanya saja status seorang pengusaha atau CEO nggak semudah jadi job seeker atau scholarship hunter. Sangaaaaaaaat butuh business plan yang matang. Maraknya start up di masa kini, membuat khalayak berlomba membuat bisnis sendiri. Dibutuhkan mental baja dan nyali yang kuat untuk memulainya. Tapi memang nggak selamanya kita jadi pegawai, punya bisnis sendiri adalah impian semua orang. Jika kalian sudah punya modal, plan yang matang, dan keberanian yang kuat di usia muda, WHY not? Tapi kalian juga harus memperhitungkan kegagalannya yang mungkin belum bisa kita handle di usia kita yang labil, karena usia 20an adalah usia kamu pengin explore apapun. Perlu diingat juga, di usia 20an kita punya tenaga dan waktu tapi nggak punya uang, so puaskanlah tenaga dan waktumu sebelum usiamu menua. Jika kendala di uang, ikhtiar pada Nya.

5. Double status

entrepreneur and employees

entrepreneur and employees via http://ttentrepreneurship.com

Here are double status. Apa sih maksudnya? kalian adalah seorang pegawai sekaligus punya usaha sendiri. Why not? Walaupun kita punya gawean di kantor orang tapi kita juga bisa punya gawean sendiri hehe, tapi memang butuh time management ekstra.

Status ini nggak disarankan untuk kalian yang masih muda karena akan lebih baik jika pilihlah salah satu. Kalian bisa bekerja di kantor orang sambil mengumpulkan modal untuk usaha. It's better. Dunia ini nggak melulu soal uang, yang penting hidup kalian bermanfaat. Hiduplah seakan kamu hanya sekadar lewat di dunia ini. Ingat juga roda hidup selalu berputar, So beware and keep praying :))

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya