Suasana perkotaan yang bikin sumpek, tentunya bikin hari-harimu terasa berat dan suntuk. Kadang kala ada waktunya kamu ingin beristirahat dan juga berlibur sejenak dari padatnya kota. Salah satu kota yang bisa kamu kunjungi untuk menghilangkan penat adalah Bandung. Mungkin sebagian orang tidak setuju dengan kota ini, namun jangan lihat dari sisi kota Bandungnya yang tiap hari padat, tetapi dari area pinggiran Bandung yang memiliki tempat wisata dan juga hotel unik di sekitarnya. Berikut beberapa penginapan dengan berbagai fasilitas di area wisata sekitar Bandung yang bisa digunakan untuk refreshing dari suntuknya keseharianmu.

1. Kamojang Green Hotel & Resort

kamojang green hotel and resort via http://furnizing.com

Kamojang Green Hotel & Resort ini merupakan sebuah tempat yang terletak di Garut, sekitar dua jam dari Bandung. Tempat ini menawarkan tempat yang sangat cantik dan pengalaman yang menyenangkan. Menikmati pemandangan alam dan menghirup udara segar tentunya membuat tubuh lebih santai dan tenang. Berbagai kabin penginapan dihubungkan ke area danau buatan dengan satu pusat yaitu area restoran. Di sini, pengunjung juga dapat mengayuh sampan dan bersantai. Bangunannya didesain seperti ala pedesaan sunda yang membuat kita merasakan kenyamanan desa.

2. Trizara Resorts

Trizara Resorts via http://furnizing.com

Untuk kalian yang menikmati liburan di area outdoor dengan fasilitas kemping, resort yang satu ini bisa menjadi pilihan. Bilik kamar yang disediakan dibalut dengan bentukan tenda kemping. Akan tetapi fasilitas yang berada di dalamnya sangat lengkap, mulai dari tempat tidur yang nyaman hingga kamar mandi bersih pun ada. Lokasinya yang berada di kawasan Lembang, tentunya tidak jauh dari pusat kota Bandung, yaitu sekitar 45 menit. Tidak hanya menyajikan bentukan kamar dengan desain tenda, namun juga terdapat fasilitas outdoor untuk bermain dan olahraga seperti sepeda dan area panahan.

3. Legok Kondang Lodge

Advertisement

Legok Kondang Lodge via http://furnizing.com

Tidak jauh berbeda dengan konsep penginapan yang sebelumnya, dengan konsep "glamping" yaitu glamour kemping, Legok Kondang Lodge ini menyajikan bilik dengan bentukan tenda sehingga anda dan keluarga dapat merasakan berkemah di tengah alam bebas, namun mendapatkan fasilitas sekelas hotel berbintang. Di dalam tenda pun terdapat tempat tidur yang nyaman, fasilitas hiburan seperti televisi dan juga kamar mandi dalam yang eksentrik. Di tempat ini memang lebih difokuskan kepada aktivitas anak dan keluarga, agar anak belajar lebih dekat mengenal alam. Terdapat fasilitas beraktifitas untuk orang dewasa yaitu kegiatan ekstrem seperti tracking, arung jeram, dan juga paintball. Jika malam tiba, suasana api unggun pun dapat diperoleh pengunjung di penginapan ini.

4. Kampung Sampireun Resort & Spa

Kampung Sampireun via http://furnizing.com

Kampung Sampireun bisa dibilang menjadi resort ala perkampungan sunda yang menarik. Pasalnya, tempat satu ini berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Bilik kamarnya berupa pondok-pondok tepian danau yang dibangun dari bambu beratapkan daun kelapa. Sarapannya pun disajikan secara unik dengan membawakan jajanan khas Sunda menggunakan sampan dan singgah di pondok hunian anda.

5. Danau Dariza Resort – Hotel

Danau Dariza Resort via http://furnizing.com

Setiap cottage di tepian danau ini merupakan area hunian yang langsung berbatasan dengan danau buatan. Pengunjung dapat bermain air ketika menuruni anak tangga yang berada di pondokannya. Desain dari cottagenya pun memiliki bentukan yang menarik, karena tidak semuanya memiliki desain yang sama. Hal tersebut dapat terlihat dari bentuk atapnya, yakni atap rumah-rumah adat di Indonesia. Kita dapat melihat desain rumah Gadang (Minangkabau), Kasepuhan (Sunda), Balau Batak Toba (Batak), dan juga Rumah Sao Ato Mosa Lakitana (NTT). Uniknya lagi, bentukan rumah tradisional ini dipadukan dengan fasilitas kolam renang yang bisa dibilang didesain modern sehingga terjadi percampuran budaya di tempat ini.

6. Grafika Cikole

Grafika Cikole via http://furnizing.com

Jika sebelumnya penginapan identik dengan unsur air, nah untuk yang satu ini cocok untuk kamu yang gemar berkemah di area alam terbuka hutan. Pondok di area hutan pinus ini didesain tampak seperti bentukan rumah kurcaci dengan adanya patung kurcaci di depannya. Area penginapan ini juga dilengkapi dengan kegiatan yang seru untuk berlibur seperti menunggang kuda, flying fox, permainan tradisional dan banyak hal lainnya. Lokasi tempat penginapan ini berada di desa Cikole, Lembang.

7. Vila Air Natural Resort

vila air natural resort via http://furnizing.com

Siapa yang tak mengenal gunung Tangkuban Perahu? Yap, ternyata di lembah antara gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang, terdapat satu tempat relaksasi yang nyaman yaitu Vila Air. Tempat yang sangat cocok untuk menghilangkan kesuntukan dari perkotaan padat. Vila dengan kamar bilik berkapasitas enam orang ini cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga ataupun teman. Setiap vilanya didesain dengan teras pribadi dengan penghijauan yang membuat udara lebih segar. Ditambah pula pemandangan di area ini terbilang indah dan spektakuler.

8. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali via http://furnizing.com

Nah, keunikan dari tempat penginapan yang satu ini adalah konsepnya yang berupa kapal layar. Terinspirasi dari kapal Pinisi yang merupakan kapal tradisional, tempat yang berlokasi di Bandung Selatan ini terbilang laris manis karena keseruannya. Memang, kapal Pinisi tersebut adalah restoran namun tidak jauh dari resto fenomenal itu terdapat tempat penginapan yang sedang hits, yaitu Glamping Lakeside Rancabali.

Tenda-tenda dengan fasilitas lengkap dan mewah terletak dipinggiran Situ Patenggang yang jernih dan juga memesona. Bentuk tendanya pun sangat unik, bahkan kasurnya pun didesain unik dengan ornamen kapal. Tamu yang menginap di tempat ini tentunya juga memiliki akses menuju ke berbagai kawasan wisata seperti kebuh teh, paintball, wisata kawah putih, dan berbagai wisata lainnya.

sumber: http://furnizing.com/article/hotel-unik-di-bandung