Orang yang mendapatkan tekanan berat bisa berdampak stres atau bahkan depresi. Tekanan bisa berasal dari mana pun, entah dari tempat kerja atau lingkungan yang tidak baik. Dengan menulis ekspresif, kamu bisa mengurangi beban hati dan pikiran. Menulis ekspresif sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Banyak ahli yang sudah membuktikan bahwa dengan menulis ekspresif dapat mengurangi stres. Menulis ekspresif adalah kegiatan menulis dengan gejolak emosi tanpa memperhatikan bentuk penulisan. Jadi apa aja sih manfaat di balik menulis ekspresif?

1. Mengurangi Stres

Foto: Bernine/Getty Images

Foto: Bernine/Getty Images via http://www.google.com

Menulis ekspresif dapat mengurangi stres atau bahkan depresi. Sudah ada ahli yang membuktikannya. Setelah kamu menulis ekspresif, hati dan pikiranmu dapat menjadi lebih tenang karena gejolak emosi yang kamu pendam sudah kamu keluarkan.

2. Menjernihkan hati dan pikiran

Foto: Kite_rin/Adobe Stock

Foto: Kite_rin/Adobe Stock via https://www.google.com

Advertisement

Setelah menulis ekspresif, kamu bisa lega dengan apa yang sudah kamu keluarkan. Otomatis beban pikiran dan perasaanmu akan berkurang. Energi negatif yang ada di dalam diri kamu juga keluar.

3. Melatih skill menulis

Foto: Premwatthanakul / Freepik

Foto: Premwatthanakul / Freepik via https://www.google.com

Semakin sering menulis ekspresif, selain dapat membuat pikiran dan perasaanmu lebih tenang, kamu juga dapat melatih keterampilan menulis kamu.

4. Menjadi lebih bersyukur dan jujur terhadap diri sendiri

Setelah menulis ekspresif kamu bisa melakukan refleksi diri terhadap diri sendiri. Kamu bisa menjadi lebih jujur karena apa yang kamu tulis lebih privasi.

5. 5. Dapat mengubah diri menjadi lebih baik

Foto: Senivpetro / Freepik

Foto: Senivpetro / Freepik via https://www.freepik.com

Advertisement

Setelah menulis, kamu bisa membaca ulang tulisanmu dan kamu akan tahu apa yang harus diperbaikki. Itu juga bisa menjadi motivasi untuk ke depannya agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya