Yogurt merupakan produk olahan susu, yang banyak mengandung protein dan kalsium. Selain itu, yogurt juga mengandung vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, natrium, kalium, magnesium, dan fosfor. Kandungan nutrisi di dalam yogurt tergantung pada susu yang digunakan untuk membuatnya.

Yuk, simak manfaatnya.

1. Menjaga Kesehatan Lambung dan Sistem Pencernaan

Kesehatan Sistem Pencernaan via http://cantiksehatgue.blogspot.com

Yogurt merupakan sumber probiotik, suatu mikroorganisme yang penting bagi kesehatan pencernaan anda. Yogurt mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan lambung dan sistem pencernaan anda.

Probiotik dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, inflammatory bowel disease, dan infeksi Helicobacter pylori (dapat menyebabkan timbulnya ulkus lambung).

Mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya berbagai gangguan pencernaan di atas dan dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Bakteri di dalam yogurt juga baik bagi kesehatan usus besar anda sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar karena mengandung banyak kalsium.

Advertisement

Yogurt juga telah dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi terjadinya diare akibat antibiotika. Terapi antibiotika dapat menurunkan jumlah bakteri baik di dalam usus yang berguna untuk membantu proses pencernaan anda sehingga menyebabkan terjadinya diare.

2. Baik Bagi Penderita Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa? via http://alergon.co.id

Yogurt merupakan alternatif pengganti susu bagi penderita intoleransi laktosa. Mengkonsumsi yogurt tidak menimbulkan gejala intoleransi laktosa seperti perut kembung, nyeri perut, dan diare. Yogurt tidak menyebabkan timbulnya gejala intoleransi laktosa karena sebagian besar laktosa diubah menjadi asam laktat selama proses fermentasi. Yogurt mudah dicerna dan memiliki banyak nutrisi penting.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena mengandung kalsium, yogurt dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi yogurt rendah lemak lebih mudah menurunkan berat badannya daripada yang tidak mengkonsumsinya.

Hal ini dikarenakan kalsium di dalam tubuh berguna untuk membakar lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi yogurt juga membuat anda merasa kenyang sehingga menghilangkan berbagai keinginan untuk makan. Yogurt terutama dapat membantu menurunkan lemak di daerah perut.

4. Menyehatkan Gigi

Meskipun yoghrt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat dalam yogurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi. Orang-orang yang makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

5. Manfaat Lainnya

Cara Cegah Infeksi Jamur Di Miss V via https://4.bp.blogspot.com

Berbagai manfaat lain dari yogurt bagi kesehatan adalah meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis (kalsium), mencegah terjadinya infeksi vagina, menurunkan kadar kolesterol (hanya mengandung sedikit lemak), menguatkan sistem kekebalan tubuh, hingga membantu mengatasi radang sendi

Yuk, rajin konsumsi yoghurt.