Tidak bisa dipungkiri pasti banyak dari kamu, terutama perempuan, yang mendambakan mempunyai kulit wajah yang sehat, cantik dan juga ingin terlihat awet muda. Bukan dengan serum atau produk skincare seharga jutaan rupiah. Beberapa hal-hal sederhana yang mungkin sering kamu lupakan ini, jika dilakukan secara rutin akan membuat kulit wajah kamu jadi tampak awet muda lho!

Mau tau apa saja?

1. Istirahat atau tidur yang cukup

Jangan sering begadang ya!

Jangan sering begadang ya! via https://www.huffpost.com

Ngaku deh pasti banyak dari kalian yang sering banget tidur larut malam dan begadang? Apapun alasannya, terlalu sering tidur larut malam dan begadang itu nggak baik buat tubuh kamu, dan juga kulitmu pastinya!

Advertisement

Usahakan untuk tidur yang cukup selama kurang lebih 8 sampai 10 jam setiap malam.

2. Tidak merokok

Lihat sendiri kan perbedaan nya?

Lihat sendiri kan perbedaan nya? via https://www.indiatimes.com

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan organ penting di dalam tubuhmu, merokok juga berakibat buruk lho terhadap penampilan kulitmu. Kulit bisa terlihat menjadi lebih kusam, mengendur dan terlihat lebih tua. Nggak mau kan punya kulit yang kusam dan terlihat tidak terawat? Kalau kamu punya kebiasaan merokok, jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk mulai berhenti merokok sekarang juga!

3. Gunakan tabir surya setiap hari

Jangan pernah skip kebiasaan yang satu ini ya!

Jangan pernah skip kebiasaan yang satu ini ya! via https://www.independent.co.uk

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awer muda, kamu juga harus melindunginya dari bahaya sinar UV. Dengan memakai tabir surya yang mempunyai kandungan SPF setiap hari, kamu tidak hanya melindungi kulit dari dampak buruk yang ditimbulkan dari paparan sinar UV tetapi juga melindungi kulitmu dari bahaya kanker kulit.

Advertisement

Jadi, jangan pernah lupa untuk mengoleskan sunscreen atau sunblock setiap hari ya, terutama buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan.

4. Membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas

Cuci muka dulu sebelum tidur

Cuci muka dulu sebelum tidur via https://www.allure.com

Kebayang nggak kalau kamu harus tidur dengan berbagai macam kotoran, debu dan juga polusi yang kamu temui seharian? Hii, bisa-bisa kulitmu dapat mimpi buruk kalau begini hehehe.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit wajahmu dengan facial cleanser supaya kulit wajahmu juga bisa bobo dengan nyenyak.

5. Hindari bahan kimia berikut ini

Yuk, lebih teliti sebelum membeli!

Yuk, lebih teliti sebelum membeli! via https://style.tribunnews.com

Tau nggak kalau ada beberapa produk yang mengandung bahan-bahan kimia yang cukup merugikan?

Contoh sederhana nya adalah kandungan SLS atau Sodium Lauryl Sulfate yang sering banget kita jumpai pada beberapa produk facial cleanser yang beredar di pasaran. Selain karena dapat mengiritasi kulit, kandungan bahan kimia tersebut bisa membuat kulitmu menjadi lebih cepat menua loh!

Nah, makanya jangan lupa untuk selalu mengecek ingredients list yang ada pada label kemasan suatu produk skincare sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

6. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

We are what we eat

We are what we eat via https://cetaphil.co.id

Mau punya kulit sehat tapi sering makan junkfood? Jangan harap deh! Makanan yang kamu konsumsi setiap hari juga berpengaruh loh terhadap kesehatan dan kondisi kulit kamu.

Mau punya kulit yang awet muda? Perbanyak makanan yang sehat dan bergizi, konsumsi buah dan sayur segar setiap hari dan jangan lupa selalu minum air putih yang cukup ya!

7. Kelola stress

Sekali-kali pergi liburan itu gak ada salahnya loh!

Sekali-kali pergi liburan itu gak ada salahnya loh! via https://www.laroche-posay.co.uk

Siapa bilang kalau kulit nggak bisa ikutan stress? Ketika kamu stress, kulit kamu akan terlihat lebih kusam dan tampak lebih tua.

Jadi, penting untuk mengelola stressmu dengan baik dan jangan lupa juga untuk melakukan relaksasi.

8. Mulai dari sekarang!

Jangan tunggu sampai timbul kerutan!

Jangan tunggu sampai timbul kerutan! via https://www.youtube.com

Last but not least, finally yet importantly, semakin dini kamu merawat kulitmu maka efek yang didapatkan akan berlangsung lebih lama. Jangan terlambat untuk merawat kulit dan baru mulai merawatnya ketika kamu merasa kulitmu sudah menjadi lebih tua dan kondisi kulitmu sudah tidak sebaik dahulu.

Jadi, kamu tunggu apalagi? Ayo terapkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut mulai dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya