Hamil dan memiliki anak adalah salah satu hal yang mungkin didambakan oleh seluruh pasangan yang baru saja menikah. Hanya saja, hamil itu bukan hanya perkara mengandung jabang bayi selama kurang lebih 9 bulan.

Hamil juga berkaitan dengan tanggung jawab besar yang dipegang seorang ibu agar calon anak tetap sehat. Salah satu upaya terpenting untuk si bayi adalah dengan menjaga makanana sehari-hari. Asupan nutrisi yang baik tentunya akan membantu tumbuh kembang si kecil dalam kandungan.

Di sisi lain, ada beragam makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Jadi, bumil harus tahu apa saja makanan dan minuman tersebut agar si kecil selalu dalam keadaan sehat. Apa sajakah itu
? Simak artikel ini,ya!

1. Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Advertisement

Selama ini, mungkin kita mengenal ikan dan hewan perairan lainnya sebagai sumber protein dan kaya omega 3. Kedua nutrisi itu tentunya baik untuk tumbuh kembang bayi dalam perut. Hanya saja, ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung merkuri. Kandungan merkuri tinggi dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan bayi.

Sebenarnya, hampir seluruh jenis ikan mengandung ikan, karena senyawa kimia ini merupakan limbah yang paling banyakn mencemari perairan.

Namun, ada beberapa jenis ikan yang mengandung sangat tingggi merkuri dan jelas menjadi pantang ibu hamil. Beberapa di antaranya adalah ikan makarel raja, tuna bigeye, todak, tuna sirap kini, salmon, lele, nila, dan trout.

Advertisement

Oya, meskipun tak termasuk jenis ikan, udang juga mengandung banyak merkuir ya, Bu! Jadi, lebih baik dihindari

2. Saatnya say no to fastfood!

Siapa sih, yang nggak suka makanan satu ini! Mungkin, kamu juga salah satu penikmat fastfood atau makanan cepat saji. Namun, karena saat ini sedang hamil, alangkah lebih baik dan bijak jika menghindari makanan ini. Ada banyak jenis fastfood, seperti burger, pizza, kentang goreng, ayam goring tepung, dan lain-lain.

Nikmat sih, namun bahaya lo, buat si kecil. Emang apa sih bahayanya? Kalau kamu terus memakannya, makan kandungan emak trans yang ada di fastfood akau meningkatkan resiko penyakit jantung, obesitas, ukuran janin besar, dan persalinan premature. Tentu, kamu tak ingin mengalaminya, kan?

3. Makanan khas jepang, sushi, yang sebaiknya dihindari dulu

Buat kamu yang suka makanan khas Jepang alias sushi, alangkah lebih untuk menghindarinya dulu. Bukan tanpa sebab, sushi biasanya mengandung daging ikan mentah atau dimasak setengah matang. Hal ini dapat membahayakan janin, lo! Karena di dalam daging mentah biasanya masih terdapat cacing parasite.

Apalagi kalau tempat dan proses pembuatannya gak steril, tentu akan mengancam kesehatan janin. Maka dari itu, lebih baik hindari dulu makanan sushi atau makanan daging setengah matang lainnya.

Contohnya seperti daging sapi steak yang dimasak setengah matang. Tentunya itu sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

4. Minuman yang mengandung alkohol jelas sangat berbahasa ya, bu!

Semua orang tentu tahu, kalau minuman beralkohol tak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Tak hanya alcohol murni saja, tapi juga olahannya berbahaya untuk bumil. Misalnya seperti cocktail, mojito, rum, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, alangkah lebih baik kalau sebelum membeli minuman, kamu bertanya atau ngecek dulu kandungannya apa saja. Walaupun tampak menyegarkan, minuman beralkohol ini bisa menyebabkan kelainan bentuk wajah, jantung, dan keterbelakangan mental anak sejak dalam kandungan.

5. Kafein nggak baik buat kesehatan debay

Hmm, last but not least, yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah minuman berkafein, miesalnya saja seperti kopi. Sebab, kandungan tersebut dapat menembus plasenta dan mengakibatkan gangguan pada detak jantung bayi. Hmm, serem banget kan?

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman atau makanan yang berkafein selama hami bisa meningkatkan risiko keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan bahkan lahir dalam kondisi mati. Oleh karena itu, batasi minuman yang mengandung kafein. Kalau bisa malah menghindarinya. Nah, minuman yang mengandung kafein itu bukan cuma kopi ya, ada the, minuman bersoda, dan minuman berenergi. Biar lebih aman, pastikan kamu cek dulu kandungan dalam setiap minuman yang akan diminum.

Itu tadi 5 jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Semoga kamu bisa melawan hasrat untuk memakan atau pun meminumnya, ya! Jaga selalu kesehatan calon bayi yang ada diperutmu, agar nantinya ketika lahir, si kecil diberi kesehatan dan kesempurnaan organ tubuh. Menghindari 5 makanan di atas juga baik untuk menjaga kondisi ibu hamil.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya