Rekreasi kini bukan lagi menjadi produk mewah, melainkan telah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang, entah karena jenuh dengan hingar-bingar kehidupan, tuntutan pekerjaan yang semakin besar, atau faktor lain. Ada banyak opsi tempat-tempat wisata menarik baik di dalam maupun luar negeri. Di artikel ini saya akan membahas sepintas tentang daya tarik wisata di UK (United Kingdom), atau juga dikenal sebagai Britania Raya, atau Britain.

United Kingdom adalah kawasan di Eropa yang terdiri dari 4 negara, yaitu Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Selain dipenuhi banyak bangunan Eropa kuno yang begitu megah, setiap negara juga mempunyai daya tarik wisatanya masing-masing yang menjadikannya layak dimasukkan ke dalam itinerary anda. Berikut ini adalah beberapa highlight utama dari UK:

1. Trafalgar Square

Trafalgar Square

Trafalgar Square via https://www.london.gov.uk

Alun-alun terpopuler di London, ibu kota Inggris ini terletak di kawasan Westminster, tak jauh dari Gedung Parlemen dengan jam Big Ben nya, dan Buckingham Palace. Awalnya tempat ini bernama Charing Cross lalu diubah menjadi Trafalgar Square untuk mengenang kembali peristiwa kemenangan tentara laut Inggris terhadap Perancis dalam Battle of Trafalgar (1805). Di sekitar alun-alun terdapat banyak fasilitas umum seperti museum, galeri, bangunan bersejarah, bahkan patung-patung serta air mancur dan kafe yang semakin membuat nyaman para turis berlama-lama di sini.

2. Big Ben

Advertisement

Menara jam yang berada di ujung Gedung Parlemen (House of Parliament. Palace of Westminster), terletak di arah selatan Trafalgar Square, sekitar 15 menit berjalan kaki dari sana. Big Ben sendiri sebenarnya adalah nama untuk bel raksasa seberat lebih dari 13 ton di dalam menara. Menara yang menjadi ikon utama kota London ini tampak semakin anggun di malam hari saat diterangi lampu.

3. Buckingham Palace

Berlokasi di arah barat daya Trafalgar Square, sekitar 20 menit berjalan kaki dari sana. Bangunan megah ini berfungsi sebagai kediaman resmi ratu Inggris, sekaligus kantor administratif kerajaan Inggris, termasuk sebagai tempat diselenggarakannya berbagai upacara penting, penerimaan tamu penting, juga pelantikkan jabatan.

Buckingham Palace dibangun pada 1705, lalu pada 1837 menjadi istana resmi kerajaan ketika Ratu Victoria naik tahta. Istana ini terdiri dari 775 ruangan, antara lain 78 kamar mandi, 92 ruangan kantor, 188 kamar tidur staff, 52 kamar tidur keluarga kerajaan dan tamu, dan 19 State Rooms. State Rooms adalah 19 ruangan dengan interior dan perabot mewah yang dibuka untuk umum.

Advertisement

Selain itu, kita juga dapat melihat berbagai koleksi karya seni di Queen’s Gallery atau berkunjung ke Royal Mews yang berfungsi sebagai kantor penyedia transportasi darat untuk kerajaan, dan di sini terdapat banyak kereta kuda yang diparkir rapi. Salah satu atraksi yang dinanti para pengunjung adalah upacara pergantian penjaga istana yang dilakukan pukul 11.30. Harga tiket masuk istana bervariasi, tergantung ruangan mana yang ingin dikunjungi. Harga tiket mulai dari 19 pounds (State Rooms), 27,75 pounds (State Rooms dan taman), 33,25 pounds (State Rooms, Royal Mews, Queen’s Gallery).

4. Cardiff Castle

Cardiff Castle

Cardiff Castle via http://www.cardiffcastle.com

Kastil bergaya gothic ini terletak di pusat kota Cardiff, ibu kota Wales. Setiap hari tersedia tour berkeliling komplek kastil ditemani seorang pemandu selama 50 menit dengan biaya 3,25 pounds per orang. Cardiff Castle buka pukul 09.00-17.00 (batas masuk terakhir pukul 16.00).

5. Edinburgh Old Town atau Auld Toun

suasana festival

suasana festival via http://outofhandscotland.co.uk

Wilayah kota tua darii Edinburgh, ibukota Skotlandia ini terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 1995. Kawasan utama Auld Toun adalah The Royal Mile, sebuah jalan yang dipenuhi pub, restoran, toko-toko suvenir, juga berbagai museum. Pada bulan Agustus, biasanya mulai tanggal 4 sampai akhir bulan, kawasan The Royal Mile mengadakan Edinburgh Fringe Festival, sebuah festival seni terbesar di dunia. Ini adalah festival terbuka, siapapun boleh berpartisipasi menampilkan berbagai jenis pertunjukkan seperti teater, komedi, tari-tarian, sirkus, kabaret, musik, dan sebagainya (tanggal penyelenggaraan festival bervariasi setiap tahun).

6. Edinburgh Castle

Edinburgh Castle

Edinburgh Castle via https://www.thetrainline.com

Kastil ini berdiri di puncak kota tua Edinburgh. Selain bangunannya yang tampak megah, keunikan lain kastil ini adalah sebuah meriam bernama One O’clock Gun. Sesuai namanya, meriam ini memang berfungsi sebagai penanda waktu, ditembakkan setiap pukul 1 siang, kecuali di hari Minggu, Jumat Agung (hari Yesus disalib), dan Natal.

7. Grand Opera House

Grand Opera House

Grand Opera House via https://www.irishnews.com

Terletak di Belfast, ibukota Irlandia Utara. Gedung pertunjukkan terbesar sekaligus paling ikonik di Irlandia Utara ini sudah berkontribusi besar dalam dunia pertunjukkan musik, comedi, tarian, dan sebagainya selama lebih dari 100 tahun (berdiri sejak 1895).

8. Titanic Belfast

arsitektur

arsitektur via https://newatlas.com

Bangunan berarsitektur unik Ini adalah museum di kota Belfast yang mengajak kita kembali mengenang kapal Titanic yang fenomenal mulai dari awal peluncuran hingga kecelakaan yang memakan banyak korban. Ruang pameran atau eksibisi di museum ini dibagi berdasarkan peristiwa kapal tersebut, mulai dari The Launch yang menampilkan kembali peristiwa peluncuran pertama kapal Titanic, hingga dokumentasi tenggelamnya kapal di The Aftermath – the legacy of disaster.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya