5 Cara Agar Kamu Suka Matematika. Kayaknya Udah Nggak Perlu Takut, Deh~

Biar suka dan mengerti si matematika, nih!

Disini siapa yang suka menghitung? Ada yang suka dengan matematika?

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sering berhubungan dengan menghitung, mau itu menghitung luas dari suatu kubus, diameter lingkaran atau cara membuat suatu grafik.

Tetapi, mata pelajaran matematika sering dihindari oleh para siswa-siswa dengan alasan yang berbeda-beda. Ada yang beralasan tidak mengerti, tidak suka menghitung, banyak rumus yang harus di hafal, emang tidak suka aja dengan mata pelajaran matematika dan masih ada alasan lainnya.

Advertisement

1. Jangan takut apalagi sampai nggak suka sama guru matematika

Takut menghadapi

Takut menghadapi via https://www.pexels.com

Maksud dari takut ini, kita suka tegang dan yang membuat tidak fokus dengan pelajaran yang disampaikan. Membuat kita menjadi malas untuk belajarnya yang mengakibatkan makin tertinggal dan makin tidak mengerti dengan materi pelajaran matemarika tersebut.

Lalu jangan sampai tidak suka dengan gurunya, karena dengan tidak suka dengan gurunya nantinya akan berpengaruh dengan mata pelajarannya. Awalnya kita suka dengan mata pelajaran matematika, tetapi kita tidak suka dengan gurunya akhirnya jadi malas.

Advertisement

Kemalasan itulah yang menjadi penyebab kita tidak fokus dengan pelajaran apalagi sampai tidur di jam pelajaran. Jadi kita bawa santai saja dan perhatikan baik-baik dengan penjelasan guru.

2. Pikiran kita harus fokus ketika guru menjelaskan

Kita jangan membawa masalah eksternal ketika mau belajar, karena itu akan mengakibatkan hilangnya fokus kita terhadap materi yang disampaikan. Contohnya seperti membawa masalah ketika di putusin pacar. Karena itu pastinya akan membuat kita makin kesal, belajarnya jadi ngantuk karena habis selesai sedih di putusin pacar.

Menurut saya matematika itu harus dibawa seru, dibawa asik aja ketika mengerjakan soal, karena saya suka di bercanda ketika mengerjakan soal sebagai penghilang rasa bosan dan ngantuk.

Advertisement

3. Latihan terus dengan materi yang telah disampaikan

Setelah guru selesai mengajar, kita coba cari contoh soal latihan-latihan yang simpel aja dulu lalu kerjakan sepahamnya kita.

Dengan banyak latihan kita bisa lebih paham dan tahu bagian mana yang belum dimengerti dan bisa menanyakan kepada guru bagian yang kurang paham.

4. Kerja kelompok dengan teman-teman

Kerja sama

Kerja sama via https://www.pexels.com

Ini adalah cara yang paling saya suka. Jadi maksudnya kita belajar bersama-sama, contohnya ketika ada PR bisa mengerjakan bareng-bareng.

Karena tidak sedikit juga ketika dijelaskan oleh guru suka tidak mengerti dengan penjelasannya, dan malah lebih mengerti ketika menanyakan kepada teman kita yang sudah mengerti.

Tetapi, yang sering menjadi kesalahan disini, kita lebih suka mencatat hasil yang sudah selesai mengerjakan. Padahal seharusnya kita memerhatikan ketika orang tersebut mengerjakan lalu menanyakan apa yang membuat kita tidak mengerti, tujuannya agar kita paham cara pengerjaanya dan bisa mengerjakan sendirian.

Ketika kita sudah mengerti, coba cari soal-soal lainnya seperti di internet, agar kita bisa lebih paham lagi dengan materi yang telah diajarkan.

5. Jadi, intinya matematika itu…

Matematika

Matematika via https://www.pexels.com

Jadi dalam mata pelajaran matematika itu kita di usahakan untuk santai tetapi fokus. Kita diusahakan untuk fokus agar tahu urutan pengerjaannya bagaimana. Karena yang menjadi poinnya itu dari cara pengerjaannya, ketika ada urutan yang tidak sesuai dengan aturan ditambah ketika menghitungnya tidak tepat, hasil akhirnya akan tidak tepat juga.

 

Dengan demikian, sedikitnya saya bercerita pengalaman pribadi bagaimana caranya agar bisa lebih menikmati, dibikin seru, dan cara agar bisa dimengerti. Semoga bisa membantu bagi pembaca yang awalnya matematika itu susah, bikin ngantuk, bingung tidak mengerti, dan lain-lainnya.

Setidaknya bisa menjadi percobaan untuk merubah pemikiran kepada mata pelajaran matematika, dan mungkin caranya ada yang berbeda dengan saya.

Apakah ada yang sama dengan cara saya di atas? Atau baru mau coba setelah membaca dari pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE