Cara Kreatif Memajang Karya Seni untuk Mempercantik Rumah Idamanmu

5 galeri seni anti mainstream yang patut kamu coba buat upgrade tampilan rumah!

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercantik tampilan rumah. Buat kamu penyuka seni, memajang karya seni dalam beragam rupa dan bentuk tentu penting bagimu. Terlepas dari jenis karya seni yang kamu sukai seperti lukisan, foto, ukiran, ataupun jenis karya lainnya, kamu perlu memperhatikan cara memajang karya seni tersebut.

Cara memajang karya seni yang tepat akan mempercantik rumahmu. Bahkan, akan semakin menonjolkan keunikan utamanya. Beberapa cara kreatif yang dapat dijadikan sumber inspirasi galeri seni di rumah bisa kamu simak di sini.

Advertisement

1. Memajang karya seni secara acak

Photo by Oat Anantachote on Unsplash

Photo by Oat Anantachote on Unsplash via https://unsplash.com

Tidak ada aturan baku yang mengharuskan kamu untuk memajang karya seni dalam ukuran yang serupa di salah satu sisi dinding rumah. Pajangan bingkai dinding seperti foto, lukisan, hingga karya abstrak berwarna ungu cerah tersebar bebas di seluruh dinding ruangan. Tidak ada pola tertentu dalam penempatan semua karya seni tersebut, namun semuanya tetap terlihat menawan. Konsistensi warna putih dan hitam menjaga tampilan tetap padu dan enak dipandang.

2. Latar belakang yang kontras

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Pertegas keindahan hiasan lukisan ruang tamu dengan memajangnya di area dengan warna yang kontras. Di sini, warna cerah pada lukisan terlihat lebih menonjol berkat warna dinding hitam yang saling bertolak belakang. Kamu dapat mencoba menggunakan konsep ini dalam memajang karya seni favorit dengan menggunakan perpaduan warna lain yang kontras. Cobalah warna biru dan merah, kuning dan ungu, ataupun warna lainnya.

Advertisement

3. Go big

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Untuk memberikan kesan yang lebih mendalam, jangan ragu untuk memajang karya seni dalam ukuran super besar seperti lukisan yang satu ini. Lukisan yang dipasang tepat di atas kursi duduk bukan hanya memiliki ukuran super besar yang menguasai dinding ruangan, namun juga menampilkan wajah yang seakan-akan menatap setiap orang yang masuk ke dalam ruangan. Perhatikan penempatan lukisan yang simetris dan sejajar dengan kursi serta meja di bawahnya. Dua buah lampu lantai yang berada tepat pada kedua sisi lukisan seakan-akan menjadi penjaga dari lukisan tersebut. Ukurannya yang super besar secara otomatis menjadikannya sebagai focus of attention dalam ruangan. Apabila kamu menerapkan teknik ini, kamu tidak perlu repot-repot menambahkan banyak dekorasi lain ke dalam ruangan.

4. Melawan keteraturan

Photo by Samet Kasik on Unsplash

Photo by Samet Kasik on Unsplash via https://images.pexels.com

Berbagai hal menarik dapat terlihat pada area ini.  Ruang makan ini terlihat seperti sebuah ceruk atau alcove dalam ruangan yang berukuran lebih besar.  Ruangan ini memiliki wall cladding yang berbeda dengan area di sekitarnya. Selain itu, karya seni yang dipajang juga terlihat melawan prinsip keteraturan dan kerapian yang umumnya diterapkan dalam sebuah hunian. Setiap poster atau foto sengaja dipasang sedikit miring yang bila dilihat terpisah terlihat tidak menarik. Akan tetapi, saat dilihat secara keseluruhan, menampilkan sesuatu yang unik dan kreatif.

5. Tanpa frame

Advertisement
Photo by  Vladyslav Dukhin on Pexels

Photo by Vladyslav Dukhin on Pexels via https://images.pexels.com

Memajang karya seni berupa lukisan atau foto tidak harus selalu menggunakan frame. Kamu dapat menggunakan alat yang lebih sederhana seperti tali dan jepitan. Cara yang satu ini tidak hanya kreatif, namun juga dijamin tidak membutuhkan biaya besar. Tidak hanya itu, kamu dapat dengan mudah mengganti foto yang lama dengan foto-foto terbaru sesuai keinginan. Cocok dipergunakan oleh siapa saja yang menginginkan fleksibilitas dalam memajang foto-foto favorit mereka.

Apa pun cara yang kamu terapkan, selalu perhatikan konsistensi warna secara keseluruhan ruangan. Konsistensi warna menjaga tampilan tetap serasi, meskipun banyak elemen yang kamu masukkan dalam ruangan. Jangan pernah ragu untuk memajang koleksi yang sudah lama tersimpan dalam lemari atau gudang. Dengan perencanaan dan konsep yang sip, rumah kamu tak lagi membosankan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE