#BocoranEditorCommunity Ternyata Gini Lho Cara Biar Tulisanmu Menang Kompetisi

Cara menang kompetisi menulis Hipwee

Saat berhasil memenangkan sebuah kompetisi, rasanya pasti ada manis-manisnya. Bukan, bukan, ini bukan soal air mineral itu, tapi soal kerja kerasmu selama beberapa waktu berhasil menjadi nomer satu. Pun membuktikan kalau kamu pantas diperhitungkan di kompetisi itu. Apalagi jika berhasil menang kompetisi menulis. Widih, pasti bangga dan senang jadi satu. So without any further, di episode #BocoranEditorCommunity kali ini, kita mau bahas sama-sama soal cara menang kompetisi menulis di Hipwee!

Advertisement

1. Pertama, baca sampai tuntas syarat dan aturan mainnya. Hayo jangan pada malas ya!

Dibaca sampai tuntas yaaa~

Dibaca sampai tuntas yaaa~ via https://www.pexels.com

Guys, guys, jangan kasih tahu siapa-siapa ya? Ini antara kita berdua aja. Jadi saringan pertama untuk semua tulisan di tiap kompetisi menulis itu adalah jika udah sesuai dengan syarat dan aturan mainnya. Syarat dan aturan main ini biasanya akan kami tuliskan di sebuah artikel. Pun akan kami sisipkan di poster publikasi. Tolong dibaca sampai tuntas dulu tiap-tiap poin yang ada. 

HINDARI terburu-terburu bertanya (bahkan menanyakan hal yang sama) ya! Soalnya itu tanda kalau kamu orangnya kurang teliti dan nggak ada effort untuk memenangkan kompetisi ini 🙁

Advertisement

Namun jika memang setelah membaca tuntas semua syarat dan aturan mainnya, ada beberapa hal yang belum kamu pahami, silakan bertanya. Kami selalu siap membantu dan menjawab semua 🙂

2. Kedua, pastikan tulisan yang kamu kirimkan orisinil TANPA ada bagian hasil comot sana-sini

Be original!

Be original! via https://www.pexels.com

Poin ini sebenarnya termasuk syarat dan aturan main kompetisi menulis seperti yang dijelaskan di atas. Namun seringkali kami menemukan kasus beberapa tulisan yang diikutsertakan kompetisi menulis bukan merupakan karya sendiri atau mencomot milik orang lain. Meski tulisannya bagus dan menarik, jika ada beberapa bagian yang tidak orisinil, maka dengan berat hati tidak kami loloskan untuk tahap penilaian selanjutnya. 

Eits, tenang dulu. Kalau ingin mencantumkan kutipan atau quotes dari tokoh atau seseorang, tidak terhitung “hasil comot” ya! Asalkan nama tokoh tersebut kamu cantumkan pada tulisanmu.

Advertisement

3. Ketiga, usahakan tulisanmu bisa mengambil hati dan ngena!

Bikin editor

Bikin editor “terpana” dengan tulisanmu via https://www.pexels.com

Tulisan yang mengambil hati dan ngena biasanya akan membekas setelah dibaca para tim kurasi. Biasanya sih akan menimbulkan efek samping keceplosan bilang, “Mmm ini aku banget sih tulisannya~” Nah kalau di Hipwee sendiri, tulisan-tulisan yang mengambil hati plus ngena ini akan ditandai dengan Editor’s Pick pada bagian tag-nya.

Trus gimana kak biar tulisan kita bisa mengambil hati dan ngena?

First of all, kamu harus pintar-pintar memilih framing. Misal tema kompetisi menulisnya #JarakMengajarkanku atau soal LDR. Kalau kamu mau menulis kiat-kiat langgeng LDR, ya nggak apa-apa sih. Tapi itu udah biasa. Banget! Nah biar tulisanmu ngena dan gregetnya dapat, kamu bisa mengambil framing soal LDR dari sisi-sisi lainnya. 

Misal: tips hemat kuota internet buat pejuang jarak yang dipisahkan benua

Atau

Misal: rasanya LDR sama cowok cuek. Jarang dikabarin, udah biasa!

Selain tema, pilihan feature image dan image untuk poin-poinnya (kalau kamu menulis dengan format listikel) juga penting lho biar bisa bikin tulisanmu makin ngena! Kalau kamu ingin membuat atau pakai foto sendiri untuk feature image sendiri boleh banget. Atau kalau kamu mau ambil gambar di internet, juga oke! ASAL disesuaikan dengan tone tulisan kamu ya. 

Oh iya, panduan selengkapnya soal gambar bisa kamu baca di sini ya~

4. Keempat, baca-baca lagi tulisan pemenang di kompetisi menulis sebelumnya~

Kata orang, membaca itu bisa menambah wawasan dan membuka jendela dunia. Nah dengan membaca tulisan para pemenang di kompetisi menulis sebelumnya, kamu bisa melihat nih tipe-tipe tulisan seperti apa saja yang lolos dan berhasil menarik hati editor Hipwee. 

Buat referensi, ini dia beberapa tulisan yang berhasil memenangkan kompetisi menulis #UpgradeDirimu:

1. #UpgradeDirimu: Sekuat-kuatnya Manusia adalah Mereka yang Rela Merantau demi Keluarga

2. #UpgradeDirimu: Mumpung Masih Sendiri, Inilah Saatnya Mempersiapkan Diri Menjadi Istri

5. Last but not least, yuk action!

Yuk, action!

Yuk, action! via https://www.pexels.com

Kalau mau ikutan kompetisi menulis ya tinggal nulis. Tulis ide-ide yang ada di pikiranmu. Bisa dituliskan langsung atau ditulis dulu di kertas biar nggak lupa. Atau kamu juga bisa breakdown (memecah) ide besarmu menjadi poin-poin kecil biar lebih gampang dan urut pada saat nanti mulai proses menulisnya.

Jangan pernah takut untuk mencoba. Kalau kamu belum puas dengan satu tulisanmu, bikin tulisan lagi. Sebab, hampir di semua kompetisi menulis, Hipwee tidak membatasi jumlah tulisan yang diikutsertakan. Kamu boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan. 

Gimana, tertantang buat memenangkan kompetisi menulis di Hipwee?

Btw, kompetisi menulis #RamadandiPerantauan masih berlangsung ya! Kamu bisa mempraktikkan hal-hal ini di sana. Selamat mencoba calon-calon penulis hebat!

Lots of love,

Your Community Editor
 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Not that millennial in digital era.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE