Yakin Sudah Mencintai Diri Sendiri? Simak 5 Cara Mencintai Diri Sendiri!

Sebenarnya gimana sih caranya mencintai diri sendiri? Apa bisa diwujudkan dari membeli baju baru?

“Kamu tuh harusnya lebih mencintai dirimu sendiri!”

“Kamu tuh harusnya mencintai dirimu sendiri dulu, baru mencintai orang lain.”

Kamu sering nggak dapat omongan seperti itu? Atau pernah membacanya di media sosial?

Kata “mencintai diri sendiri” itu lagi populer banget di media sosial. Tapi sebenarnya gimana sih caranya mencintai diri sendiri? Apa bisa diwujudkan dari membeli baju baru? Memiliki hubungan baru? Atau membaca buku yang “berbobot”? Jawabannya, nggak.

Advertisement

1. Jadi, apa itu self love?

Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Photo by Giulia Bertelli on Unsplash via http://unsplash.com

Mencintai diri sendiri, atau istilahnya self love, adalah bagaimana kita mengapresiasi diri sendiri dengan tindakan, yang mendukung perkembangan fisik, psikologis, dan spiritual. Kita menjadi lebih dewasa melalui tindakan yang kita lakukan. 

Sewaktu kita melakukan self-love, kita menerima kelemahan kita sama seperti kita menerima kekuatan kita, tidak merasa butuh untuk menjelaskan kelemahan kita lebih lanjut, lebih fokus kepada tujuan hidup kita sendiri dan berharap kita dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan usaha kita sendiri.

Advertisement

Nah, dalam kehidupan sehari-hari, cara melakukan self love itu seperti apa sih? Yuk simak dalam artikel berikut ini!

2. Cara melakukan self-love yang pertama: menjadi mindful

Photo by Ümit Bulut on Unsplash

Photo by Ümit Bulut on Unsplash via http://unsplash.com

Orang yang memiliki self-love pasti mengetahui apa yang mereka pikirkan, rasakan, dan apa yang mereka inginkan. Mereka fokus dalam melakukan apa yang mereka inginkan, bukan melakukan apa yang orang lain harapkan dari mereka.

Nah, sudahkah kamu melakukannya? Jika belum, hirup nafas dalam dalam, dan coba pikirkan apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu inginkan kedepannya. Jika sudah, good for you!

Advertisement

3. Memprioritaskan apa yang kamu butuhkan dibanding dengan apa yang kamu inginkan

Photo by bruce mars on Unsplash

Photo by bruce mars on Unsplash via http://unsplash.com

Kamu berhasil melakukan salah satu bentuk self-love bila kamu memutuskan untuk beralih dari melakukan sesuatu yang membuatmu senang dan tertarik, kemudian melakukan sesuatu yang membuatmu kuat dan dibutuhkan untuk masa depanmu.

Bisa saja memulai dengan lebih fokus belajar dibanding ngescrool Instagram seharian, atau meninggalkan mantan pacarmu yang toxic dengan berteman dan bersosialisasi dengan banyak orang, siapa tahu ada salah satu kenalan barumu yang merupakan jodohmu, kita tidak tahu~

Fokuskan hidupmu dengan hal-hal yang berguna untuk masa depanmu, dan mulai melangkah untuk meninggalkan masa lalu yang membuatmu stuck di situ-situ saja.

4. Jangan lupa lakukan self-care di kehidupan keseharianmu

Photo by Element5 Digital on Unsplash

Photo by Element5 Digital on Unsplash via http://unsplash.com

Self care sederhana yang bisa kamu lakukan sehari-hari itu seperti mandi 2 kali sehari, tidur 6-7 jam sehari, meluangkan waktu untuk berolahraga, dan makan makanan yang bergizi seperti buah dan sayur.

Hayo, yang demen begadang dan sukanya makan junk food, kurang-kurangin yuk! Perhatikan kebutuhan kesehatan tubuhmu, karena tubuh yang sehat dan ternutrisi juga mempengaruhi kesehatan mental kita. 

5. Cara terakhir dan terpenting: Maafkanlah dirimu sendiri

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash via http://unsplash.com

Sebelum kamu melangkah untuk lebih fokus ke masa depanmu, maafkanlah dirimu sendiri atas apa yang kamu lakukan di masa lalu. Kamu juga manusia, sangat wajar untuk melakukan kesalahan. 

Tidak perlu terlalu bersalah atas apa yang kamu lakukan di masa lalu; yang penting, kamu menyadari kesalahanmu dan mempelajari hal yang benar dari kesalahanmu tersebut.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui cara melakukan self love di kehidupan sehari-hari, jangan lupa dipraktikkan ya! Cintailah dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain, agar kamu bisa melangkah ke depan dan nggak stuck di masa lalu. 

Namun, bila kamu merasa kesulitan melakukan self love dan membutuhkan bantuan psikolog profesional untuk menyelesaikan masalahmu, yuk klik disini!

 

Referensi:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love

 

Written by Awan

A person with various names

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE