Merasa Penat dengan Tugas yang Tak Kunjung Usai? Berikut 10 Cara Menghilangkan Stres Paling Ampuh!

Stres itu wajar, tapi kamu perlu mengendalikannya biar gak mengganggu kesehatan mentalmu :)

Pernahkah kamu berada pada situasi yang membuatmu tidak bisa berpikir dengan jernih lagi? Tidak sedikit orang pernah berada pada situasi tersebut. 

Hal itu berkaitan dengan tingkat stres yang meningkat ketika kita sedang mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan. 

Berikut merupakan 10 cara menghilangkan stres paling ampuh yang dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Advertisement

1. Mendengarkan musik

Photo by Travis Yewell

Photo by Travis Yewell via https://images.unsplash.com

Jika kamu merasa tidak sanggup lagi mengerjakan tugas karena situasi yang menegangkan, cobalah untuk beristirahat sejenak dan mendengarkan musik yang menenangkan. 

Memainkan musik santai dapat memberikan efek positif terhadap otak dan tubuh, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan hormon kortisol yang dapat menimbulkan stress.

Advertisement

2. Berbagi cerita dengan teman terdekat

Photo by Trung Thanh

Photo by Trung Thanh via https://images.unsplash.com

Berbagi cerita dengan orang terdekat dapat membantu mengurangi tekanan yang kita rasakan. Ceritakan semua masalah yang sedang kamu hadapi. 

Karena hubungan yang baik dengan teman dan orang yang kamu cintai adalah hal yang penting untuk pola hidup sehat.

3. Menghilangkan stres dengan berbicara pada diri sendiri

Photo by Laurenz Kleinheider

Photo by Laurenz Kleinheider via https://images.unsplash.com

Eits, jangan khawatir jika terlihat gila, cukup katakan pada dirimu mengapa kamu merasa stres, apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan tugasmu, dan yang terpenting yakinkan dirimu bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Advertisement

4. Makan makanan bergizi membantu menghilangkan stres

Photo by Brooke Lark

Photo by Brooke Lark via https://images.unsplash.com

Tingkat stres dan diet yang tepat saling berkaitan erat. Ketika kita sedang banyak tugas, seringkali kita lupa makan dan memilih untuk makan makanan ringan yang manis dan berlemak.

Cobalah untuk menghindari camilan manis. Konsumsi buah dan sayur merupakan pilihan yang baik, serta ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi terbukti mengurangi gejala stres.

5. Tertawa dapat membantu menghilangkan stres

Photo by Freshh Connection

Photo by Freshh Connection via https://images.unsplash.com

Ketawa melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stres yang disebabkan hormon kortisol dan adrenalin. Tertawa juga dapat menipu sistem saraf kamu untuk membuat kamu bahagia. 

Cobalah untuk menonton film dengan genre komedi yang dapat membantumu dapat tertawa lepas dan terbahak-bahak.

6. Menghilangkan stres dengan minum segelas teh

Photo by Randy Fath

Photo by Randy Fath via https://images.unsplash.com

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah tinggi dalam jangka pendek. Cobalah untuk minum teh hijau. 

Teh hijau memiliki kadar kafein setengah lebih rendah daripada kopi. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan dan asam amino yang memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

7. Be mindful

Photo by Mor Shani

Photo by Mor Shani via https://images.unsplash.com

Sebagian besar cara menghilangkan stres yang disebutkan sebelumnya dapat dilakukan dalam waktu sekejap. Namun, pada cara ini kalian dapat menghilangkan stres dengan mengubah pola hidup yang lebih efektif untuk jangka panjang. 

Konsep “mindfulness” adalah bagian besar dari pendekatan meditatif dan somatik untuk kesehatan mental yang semakin populer belakangan ini. 

Mulai dari yoga, pilates, hingga meditasi, sistem mindfulness ini menggabungkan latihan fisik dan mental yang mencegah stres menjadi masalah yang lebih serius lagi. 

Cobalah bergabung dengan kelas yoga atau pilates. Kalian juga bisa lakukan meditasi secara online melalui aplikasi Riliv.

8. Olahraga

Photo by Jonathan Borba

Photo by Jonathan Borba via https://images.unsplash.com

Olahraga tidak selalu berarti angkat beban di gym atau latihan maraton.

Kalian dapat berolahraga ringan dengan berjalan kaki santai di sekitar kantor atau hanya berdiri untuk meregangkan badan selama istirahat di tempat kerja. 

Peregangan tubuh dapat membantu kamu menghilangkan stres akibat situasi yang penuh tekanan, serta meningkatkan suasana hati kamu secara instan.

9. Tingkatkan kualitas tidur kalian

Photo by Kinga Cichewicz

Photo by Kinga Cichewicz via https://images.unsplash.com

Semua orang tahu, stres dapat menyebabkan jam tidurmu berkurang. Namun, kurang tidur juga merupakan penyebab utama stres. 

Siklus berbahaya ini dapat menyebabkan otak dan tubuh mengalami ketidakseimbangan dan dapat semakin memburuk seiring berjalannya waktu. 

Pastikan kamu dapat tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari. Matikan TV, redupkan lampu kamar, dan biarkan tubuhmu rileks sebelum tidur. Suasana menenangkan sebelum tidur dapat membantu menghilangkan stres secara efektif.

10. Pelajari lebih lanjut tentang cara menghilangkan stres

Photo by Allef Vinicius

Photo by Allef Vinicius via https://images.unsplash.com

Stres adalah bagian kehidupan yang tidak terhindarkan, tetapi itu tidak berarti kamu harus mengabaikannya. Terlalu banyak stres yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah yang lebih serius terkait kesehatan fisik dan mental.

Meskipun begitu, stres dapat dikelola. Dengan kesabaran dan beberapa strategi yang bermanfaat, kamu dapat mengurangi stres, baik itu stres keluarga maupun stres di tempat kerja.

Nah, kamu sudah mengetahui cara menghilangkan stres. Jika sekarang kamu sedang merasakan hal tersebut, coba praktikan sepuluh cara di atas, yuk! Cobalah dari hal yang menurutmu paling mudah terlebih dahulu agar stres dapat menghilang dengan cepat.

 

Sumber: https://www.healthline.com/health/10-ways-to-relieve-stress#mindfulness

 

Ditulis oleh Safira Kusnaini, anak magang yang hobi dengerin cerita orang

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE