Catur adalah salah satu permainan yang sangat familiar ditelinga kita. Sebagian dari kita tentunya pernah sekedar melihat atau mencobanya. Banyak pemikiran yang mengungkapkan permainan catur adalah permainan yang membutuhkan tingkat intelektual tinggi dari pemainnya. Terlepas dari pemikiran diatas, ada 5 hal kecil yang apabila kamu cermati dengan seksama akan mengubah semua pemikiranmu. Simak dalam poin – poin dibawah ini!

1. 2 warna papan catur seakan memberikan arti warna kehidupan pada Anda.

Hitam dan Putih yang saling bertolak belakang via http://fractkali.deviantart.com

2 warna kontras yang terpapar jelas pada papan catur ingin membagi 2 sisi kehidupan manusia, dimana hitam yang menyimbolkan hal yang “ negatif ”, dan putih yang menggambarkan hal yang “ positif ”. Manusia dalam hidupnya tak pernah terlepas dari 2 macam warna ini. Catur seperti ingin menggambarkan pada Anda bahwa ada 2 hal yang selalu berkompetisi didalam diri, terwujud dari 2 warna yang ada. Lalu, pada akhirnya apa warna yang terpancar dalam dirimu?

2. Pola bermain yang cukup rumit juga mengisyaratkan makna penuh nilai.

Kompleksitas dalam berpikir via http://www.siwallpaperhd.com

Catur membutuhkan pemahaman dan konsentrasi tinggi dalam berpikir untuk menentukan langkah setiap bidak. Tak hanya itu, kerja sama diantara setiap bidak dalam membentuk pola bermain menjadi faktor penentu setiap kemenangan. Laksana kehidupan ini, tentunya pemahaman, konsentrasi, serta kerja sama adalah bagaikan kunci yang mampu membuka pintu gerbang setiap harapan. Maukah Anda memulai proses penempaan kunci itu?

3. Bukan hanya soal kehidupan, catur pun mempunyai makna terkait sebuah hubungan.

Advertisement

Sebuah hubungan terbentuk dari dalam hati via https://cdn.powerofpositivity.com

Jika pada catur, kita pasti telah mengetahui bidak Raja dan Ratu membentuk sebuah hubungan yang tak terpisahkan. Sama halnya dengan kodrat dari manusia, yang menyebutkan bahwa manusia adalah makhluk sosial dimana hidup saling berdampingan satu sama lain. Manusia membutuhkan orang lain dalam hidupnya, dan salah satu sosok yang paling berperan adalah pasangan.

Pasangan yang baik akan seperti sebuah magnet yang menarik semua hal – hal baik yang ada disekitar Anda. Bersama Dia yang tepat, akan terbentuk sebuah pondasi yang sangat kokoh dalam menopang bangunan apapun yang ada diatasnya. Temukan dan eratkanlah hubungan itu, hingga pada akhirnya ada sebuah istana megah terbangun diatasnya. Mulailah!

4. Bidak pion seperti cermin dari kelemahan – kelemahan, jangan remehkan Dia !

Bidak pion via http://science-all.com

Pion adalah bidak yang paling kecil bentuknya dan terbanyak dalam permainan catur. Ia adalah bidak yang selalu menghiasi posisi terdepan dalam permainan catur. Siapa sangka bahwa pion bagai cermin dari kelemahan – kelemahan yang ada dalam diri Kita. Kelemahan yang mungkin selalu kita sesali dan keluhkan hari demi hari.

Akan tetapi, setelah membaca poin keempat ini, kita harus percaya bahwa kelemahan yang ada dapat ditransformasi menjadi sebuah kekuatan yang sangat mengagumkan. Transformasi bak sebuah pion yang mencapai garis paling awal dari pihak lawan. Marilah kita mulai melangkah!

5. Setiap permainan akan menghasilkan pemenang, dan yang terbaik akan mendapat reward.

Reward adalah sebuah apresiasi via http://cdn.wallpapersafari.com

Pada poin terakhir ini, bahasan yang ingin diangkat adalah mengenai akhir dari sebuah permainan dimana terlahirlah seorang pemenang. Kehidupan Kita sebagai manusia tak diciptakan dengan sia – sia, dimana setiap hembus nafas yang keluar adalah sebuah harapan. Meminjam tema catur kali ini, Marilah membangun potensi dari dalam menjadi seorang pemenang dan juara. Mari Berkarya !

Sebagai kesimpulan diatas, kita semua dilahirkan untuk menjadi pemenang dalam hidup kita sendiri. Pertama, Anda hanya harus fokus pada warna apa yang ingin Anda bentuk dalam diri. Selanjutnya, tentukanlah pola bermain terbaik dan kokohkanlah pondasi melalui hidup berpasangan. Hingga pada akhirnya, kelemahan – kelemahan yang ada berubah menjadi kekuatan yang membangun Anda sebagai seorang PEMENANG.