Setelah sembilan tahun terombang ambing tanpa penjelasan, Cinta akhirnya bertemu dengan Rangga. Yogyakarta menjadi tempat bersejarah dalam kisah asmara mereka, karena di Kota Gudeg itu lah mereka kembali dipertemukan. Film Ada apa Dengan Cinta (AADC) 2 memilih Jogja sebagai salah satu setting cerita.

Sekitar 70 persen adegan dalam film arahan sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana itu diambil di Jogja. Setidaknya, ada lima spot menarik yang menjadi latar belakang pertemuan Cinta dan Rangga di Jogja. Buat kamu yang penasaran, silakan simak baik-baik kelanjutan ceritanya di bawah ini.

1. Berbagi cerita sambil melepas rindu di Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko di wilayah Prambanan via https://javanesewisdomandhealing.files.wordpress.com

Singkat cerita, Cinta akhirnya bisa menerima alasan Rangga yang memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka sembilan tahun silam. Mereka pun bisa berdamai dan berbagi cerita sambil melepas rasa rindu.

Candi Ratu Boko di wilayah Prambanan menjadi tempat Cinta dan Rangga berbagi cerita. Candi yang dibangun di abad kedelapan itu dikenal sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Jogja selain Candi Prambanan.

2. Mencicipi kuliner khas Jogja di Warung Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari @benkasyafani via https://www.instagram.com

Advertisement

Sate Klathak Pak Bari berada di wilayah Pleret, Kabupaten Bantul. Lokasinya tak jauh dari Jalan Imogiri Timur. Sate klathak dikenal dengan tusukan sate yang terbuat dari jeruji sepeda.

Nuansa pedesaan yang kental dan lampu temaram membuat kenikmatan Sate Klathak Pak Bari semakin lengkap. Perbincangan Cinta dan Rangga pun semakin panjang dan melebar.

3. Menyaksikan pertunjukan di Papermoon Puppet Theater

Pertunjukan di Puppet Papermoon Theater. via http://inclovermag.com

Hari semakin malam, tapi pertemuan singkat Cinta dan Rangga belum akan berakhir. Mereka melanjutkan perjalanan ke Jl. Langensuryo, tempat Papermoon Puppet Theater berada.

Teater boneka yang sudah dikenal luas di dunia seni internasional itu terletak tak jauh dari alun-alun selatan Jogja. Teater itu dipimpin oleh sepasang seniman visual, Iwan Effendi dan Ria.

4. Menghangatkan malam dengan secangkir kopi di Klinik Kopi

Cinta dan Rangga sempat singgah di Klinik Kopi yang berada di kawasan Sleman. via http://www.laughonthefloor.com

Sudah lewat tengah malam, tapi perjalanan Cinta dan Rangga terus berlanjut. Kali ini, giliran Cinta yang mengajak Rangga menikmati secangkir kopi hangat di Klinik Kopi.

Klinik Kopi itu terletak di Sinduharjo, Sleman, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 7,5. Di Klinik Kopi itu, Rangga memberikan secarik kertas berisi puisi sebagai hadiah untuk Cinta.

5. Melihat eksotisme Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu

Pemandangan Candi Borobudur nan eksotis dari Punthuk Setumbu. via https://gatelgaruk.blogspot.com

Spot terakhir yang menjadi setting pertemuan Cinta dan Rangga adalah Punthuk Setumbu. Bukit yang berada di sebelah utara Jogja itu menjadi kejutan terakhir dari Rangga untuk Cinta.

Dari Punthuk Setumbu, kita bisa melihat eksotisme Candi Borobudur dari sudut yang berbeda. Candi suci umat budha itu tampak menawan diselimuti awan saat matahari belum terbit sempurna.

Nah, itu dia lima spot romantis yang jadi saksi bisu pertemuan Cinta dan Rangga. Selain kelima spot itu, tentunya ada beberapa tempat lain yang menjadi latar belakang kisah Cinta dan Rangga di film AADC 2.

Penasaran kayak apa jalan ceritanya? Buruan tonton filmnya di bioskop kesayanganmu. Happy weekend!