Musim pancaroba yang membuat cuaca tidak menentu ini tentu membuatmu cukup lelah. Dari hujan yang tidak berhenti hingga terik panas matahari yang membuat gerah memang menjadi salah satu permasalahan yang mempengaruhi mood dan juga aktivitas sehari-hari.

Pendingin ruangan seperti AC menjadi salah satu solusi bagi mereka yang berada di dalam rumah ketika bersantai. Namun untuk mereka yang tidak memiliki pendingin ruangan jangan khawatir, beberapa tips ini dapat membuat rumah terasa lebih sejuk.

1. Tirai Jendela

Jendela menjadi salah satu tempat sirkulasi udara dan juga cahaya di dalam rumah. Namun dari jendela ini juga panas dari matahari di siang hari akan sangat terasa dan juga membuat gerah.

Advertisement

Dengan menutup tirai jendela, maka akan membuat temperatur ruangan menurun sehingga rumah lebih sejuk. Hal ini sangatlah membantu terutama pada rumah dengan jendela yang menghadap ke arah barat dan selatan.

2. Lepas Kabel Listrik yang Tidak Diperlukan

Berbagai macam kabel barang elektronik pada steker akan memproduksi panas. Jika kabel tersebut dibiarkan terpasang pada steker namun tidak digunakan tentunya akan terus mengalirkan listrik dan panas sehingga akan mempengaruhi suhu di dalam ruangan. Meski hal ini tampak sederhana dan juga kecil namun juga berpengaruh pada ruangan.

3. Matikan Lampu dan Gunakan Pencahayaan Alami

lampu dalam ruangan

lampu dalam ruangan via http://3sems.com

Lampu sendiri juga termasuk salah satu barang yang akan menghasilkan panas. Meski memberikan penerangan yang cukup di dalam ruangan, namun ketika tidak diperlukan tentu ada baiknya dimatikan saja. Manfaatkan pencahayaan alami dari matahari ketika siang hari.

4. Ganti Sprei atau Kain Alas Tempat Tidur

sprei tempat tidur

sprei tempat tidur via https://www.shopmarriott.com

Advertisement

Ketika sedang tidur tentunya kadang akan terasa sumpek dan panas. Sprei kasur yang belum diganti mungkin menjadi salah satu masalahnya. Mengganti alas kasur tidak hanya membuat ruangan terasa lebih fresh namun juga dapat menyejukkan ruang.

Pilihlah bahan sprei seperti katun yang membuat sirkulasi udara pada kasur dapat dengan bebas berganti. Bahan bantal pun juga mempengaruhi suasana tidurmu.

5. Buka Jendela Sebelum Akan Tidur di Malam Hari

buka jendela ruangan

buka jendela ruangan via http://dlmon.com

Jika udara di malam hari di dalam rumah masih terasa gerah, buka jendela kamarmu sebelum tidur. Biarkan udara malam masuk beberapa jam ke dalam kamar agar lebih sejuk. Membuat ventilasi udara juga akan mempengaruhi suasana di dalam kamar tidur. Namun jangan lupa tutup kembali jendela kamarmu saat akan tidur agar aman dari berbagai ancaman.

6. Tambahkan Pelindung atau Shading Pada Luar Jendela

pelindung jendela

pelindung jendela via http://www.autour-de-la-ruche.com

Selain tirai jendela, pelindung jendela seperti shading di bagian luar akan menambahkan perlindungan sinar dari matahari. Dengan adanya pelindung ini akan membantu menurunkan suhu panas hingga 70% apalagi pada bagian jendela di sebelah barat dan selatan.

7. Tanam Tumbuhan Pelindung di Luar Rumah

pepohonan di luar rumah

pepohonan di luar rumah via http://topotushka.com

Pohon ataupun tanaman merupakan cara yang tidak hanya membantu menyejukkan ruangan namun juga membuat rumah terasa lebih asri. Pohon akan memblok radiasi matahari untuk masuk ke dalam rumah. Tips yang satu ini memiliki dua manfaat bagi rumah yaitu memperindah lanskap dan menurunkan suhu di dalam rumah.

8. Cat Ulang Dinding atau Atap Rumah

cat rumah berwarna terang

cat rumah berwarna terang via https://thespacebetweenblog.net

Bagian eksterior rumah yaitu dinding dan atap akan berpengaruh pada keadaan di dalam rumah. Cat ulang dinding ataupun penutup atap dengan warna yang terang. Warna pada dinding terutama atap akan memantulkan cahaya dan panas matahari sehingga membantu mendinginkan bagian dalam rumah.

9. Akali Kipas Angin di Rumah

tambahkan es batu di depan kipas

tambahkan es batu di depan kipas via https://www.mirror.co.uk

Meski tidak menggunakan AC, kipas angin juga dapat membuat ruangan terasa lebih dingin. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meletakkan mangkuk berisi air es atau es balok di depan kipas angin. Hal ini akan membuat angin yang dihasilkan kipas lebih segar dan juga dingin.

10. Arahkan Kipas Gantung Plafon dengan Benar

kipas gantung

kipas gantung via https://www.dhgate.com

Untuk rumah yang menggunakan kipas pada plafon, ada hal yang perlu diketahui sebelum membeli kipas ini. Pada kipas terdapat sebuah tombol untuk mengubah arah kipas dan hal ini akan mempengaruhi suasana ruangan di dalam rumah.

Pada musm panas putarlah kipas ke arah melawan jarum jam maka udara yang dihasilkan akan langsung turun ke bawah dan membuat suasana lebih sejuk. Sedangkan pada musim dingin kipas perlu diputar searah jarum jam sehingga udara bersirkulasi di dalam ruangan.

sumber: www.furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya