Sebagai negara yang memiliki luas daratan dan besar populasi lebih besar dibanding negara lainnya di United Kingdom (U.K), Inggris (England) dinobatkan sebagai ibu kota dari U.K. Sejak abad ke-19 inggris sudah dikenal sebagai negara industri yang berpengaruh terhadap kemakmuran ekonomi dan sosialnya. Negara ini dikenal maju dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, pariwisata, serta kebudayaan.

Bukan hal yang mengejutkan kalau banyak orang yang menjadikan Inggris sebagai negara impian untuk dikunjungi. Seperti halnya Maudy Ayunda, penyanyi yang dikenal dengan lagu ”Perahu Kertas” ini menjadikan Inggris sebagai tempat untuk menimba ilmu. Gak hanya Maudy Ayunda, kamu juga bisa jadikan Inggris sebagai tempat impian karena alasan-alasan ini

1. Bahasa Yang Mendunia

Kamu pasti sudah tidak asing lagi untuk memakai bahasa Inggris sebagai bahasa universal. Bahasa inggris adalah bahasa yang berasal dari Inggris, saat ini bahasa Inggris biasa digunakan untuk berkomunikasi antar warga negara pada umumnya. Bahasa yang sudah ada sejak abad ke-6 ini tercipta karena kombinasi beberapa bahasa lokal yang dipakai oleh orang-orang Norwegia, Denmark dan Anglo Saxon pada masa itu. Jadi jika kamu datang ke Inggris, tentu tidak akan terlalu kesulitan dengan bahasa di sana.

2. Budaya Yang Kental

Festival Straw Bear

Festival Straw Bear via https://www.lonelyplanet.com

Sama seperti Indonesia, Inggris juga memiliki banyak tradisi dan kebudayaan. Contohnya terlihat dalam gaya bangunan di sana yang kental dengan gaya klasik seperti bangunan bersejarah, monumen, kastil atau katedral, ini menjadikan Inggris menjadi surga bagi pecinta fotografi karena setiap sudut kota bisa dijadikan objek yang instagramable banget!

Advertisement

Selain itu, berbagai tarian dan festival yang sering diadakan menjadi daya tarik pariwisata lainnya. Misalnya ada Festival Straw Bear yang biasa digelar pada tanggal 7 Januari, tradisi ini dipercaya untuk mengawali masa bertani dan berladang, dalam festival itu para peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, menggunakan kostum jerami dan berjalan mengetuk pintu rumah sambil menari.

Tentunya, masih banyak kebudayaan lain yang dapat menambah pengalaman tak terlupakan bagi kamu saat pulang dari Inggris. Tapi, jika kamu datang ke Inggris jangan lupa untuk selalu mengantri dan jangan merokok saat masih duduk di tempat makan loh, karena itu salah satu budaya sopan santun yang ada di sana.

3. Negara Terbaik Untuk Belajar

Maudy Ayunda Lulus

Maudy Ayunda Lulus via http://style.tribunnews.com

Belajar memang bisa di mana saja, tapi tidak ada salahnya kamu menjadikan Inggris sebagai Negara tujuan untuk belajar. Seperti Maudy Ayunda yang telah lulus dari jurusan Philosophy Politics and Economics University of Oxford. Inggris, merupakan tempat tinggal bagi lebih dari 400.000 mahasiswa internasional, tak heran jika mengeyam pendidikan di sana dapat memberikan peluang bagi kita untuk bertukar budaya dan mempelajari bahasa dari berbagai belahan dunia.

Advertisement

Banyak ilmuwan kelas dunia seperti Newton, Michael Faraday dan Stephen Hawkings yang lahir dari perguruan tinggi di Inggris. Nggak heran kalau dalam daftar peringkat 100 teratas universitas dunia 4 universitas di Inggris berhasil masuk dalam jajaran 10 besar lho.

Yang lebih menyenangkan, saat mengenyam pendidikan di Inggris kita akan mendapatkan jatah untuk bekerja paruh waktu maksimal 20 jam perminggu selama masa kuliah dan dapat bekerja full time pada masa liburan dengan gaji sekitar 8 Poundsterling per jam, lumayan kan bisa nambah uang jajan bagi anak kost.

4. Nonton Langsung Premier League

Bagi pecinta olahraga sepak bola, berkunjung ke Old Trafford, Stamford Bridge dan stadion-stadion lainnya serta menonton langsung pertandingan Premier League tentu menjadi hal yang sangat diimpikan saat berkunjung ke Inggris. Liga sepak bola yang sudah ada sejak tahun 1992 ini menjadi liga sepak bola dengan penonton paling banyak di seluruh dunia karena disiarkan di lebih dari 212 wilayah.

Selain menonton pertandingan, kalian dapat membeli aneka merchandise resmi langsung di toko milik klub kesanyangan. Jika tidak beruntung menyaksikan pertandingan, kamu masih berkesempatan bertemu tim kesayanganmu saat mereka menggelar latihan.

5. Meski Bukan Negara Islam, Inggris Ramah Bagi Turis Muslim

Bagi umat muslim, berpergian ke negara yang ramah muslim tentu akan memberikan rasa nyaman lebih. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengunjungi Inggris, meskipun bukan negara islam, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan masjid di sana. Ada beberapa masjid yang bisa kamu kunjungi seperti London Central Mosque di London yang di dalamnya bahkan terdapat ruangan yang berisi koleksi barang-barang peradaban islam dari berbagai negara.

Dalam rating yang dikeluarkan oleh Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2016, Inggris mendapat rating sebesar 59,0 Poin yang dinilai dari 3 Indikator utama yaitu destinasi, fasilitas dan pelayanan yang ramah muslim, serta marketing dan kepedulian tentang label halal di tempat wisata. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi deh untuk berlibur ke Inggris.

Itulah 5 hal yang pasti bikin kamu pengen banget mengunjungi negeri Ratu Elizabeth ini. Jika kamu berencana pergi kesana, rencanakan perjalananmu dengan Wego Indonesia (www.wego.co.id) dan Visit Britain (www.visitbritain.com). Buka situsnya dan dapatkan info lengkap tentang tiket pesawat, hotel dan destinasi wisata di Inggris dan negara di U.K lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya