Dari Pengalaman Menjadi Seorang Brand Ambassador, ini 5 Keuntungan yang Bisa Diperoleh

Nggak hanya komisi alias gaji saja tentunya ya~

Akhir tahun 2021 tepatnya bulan Desember, aku memulai pengalaman baru menjadi Brand Ambassador (BA) di salah satu organisasi yang berfokus pada pendidikan. Tak menyangka menjadi salah satu dari 3.500 orang yang terpilih dengan jumlah orang yang mendaftar adalah 16.000.

Tak henti di situ, di bulan Januari 2022 setelah selesai menjadi BA di organisasi sebelumnya aku memutuskan mendaftar di organisasi lain. Fokus dari organisasi yang ini adalah career preparation dan pengembangan diri. Dari 1.000+ orang pendaftar hanya 200 orang yang terpilih.

BA itu bisa dikatakan sama seperti kegiatan volunteer. Fokus dari adanya program BA ini biasanya berkaitan dengan dunia marketing karena tugas-tugas yang diberikan kepada BA yaitu tentang program yang berhubungan dengan visi misi organisasi yang kemudian dipublikasi di sosial media masing-masing BA dan menandai pihak penyelenggara.

Nah berikut ini benefit yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi BA!

ADVERTISEMENT

1. Pengalaman yang berkesan

Antoni Shkraba

Antoni Shkraba via https://www.pexels.com

Kata pepatah experience is the best teacher. Pengalamanku menjadi seorang BA tergolong baru karena sebelumnya aku belum pernah mendaftar di program ini. Pengalaman yang paling worth it menurutku adalah aku bisa merasakan dan join di berbagai program yang dilaksanakan oleh pihak penyelenggara secara gratis. Kita selaku BA seolah diberikan kursi spesial, karena memang beberapa program ada yang berbayar.

ADVERTISEMENT

2. 2. Memperbanyak koneksi

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Karena tugas BA berkaitan erat dengan media sosial, maka biasanya para BA saling follow dan connect satu sama lain. Sosial media yang biasa digunakan adalah LinkdIn & Instagram. Tentunya hal ini membuat para BA bisa saling berjejaring dan menambah koneksi. Menyenangkan bukan?

ADVERTISEMENT

3. 3. Belajar hal baru

Tirachart Kumtanon

Tirachart Kumtanon via https://www.pexels.com

Tugas-tugas yang diberikan membuatku merasa banyak belajar seperti editing video dan foto. Para BA biasanya dibebaskan berkreasi dalam mengerjakan tugasnya. Tentu aku pun melakukan hal demikian dan berusaha menjalankan sebaik mungkin.

Editing video dan foto merupakan suatu hal baru untukku, karena aku bukan dari jurusan atau memiliki pengalaman banyak di bidang tersebut. Tanpa disadari, skill baru jadi terasah.

ADVERTISEMENT

4. 4. Sertifikat

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Sertifikat ini menjadi bagian terpenting setelah selesai melaksanakan tugas-tugas BA. Sertifikat menjadi bukti bahwa kita memang benar-benar BA di organisasi penyelenggara dan bukti bahwa kita telah selesai mengerjakan tugas yang diberikan.

Sertifikat yang biasa diberikan adalah sertifikat online atau yang biasa disingkat e-sertifikat. Namun untuk beberapa hal sertifikat hard file diberikan kepada BA, seperti pemenang awardee dan BA yang ingin membeli sertifikat cetak.

ADVERTISEMENT

5. 5. Special gift

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Tak jarang, tiap BA memiliki alasan tersembunyi mengapa ingin mendaftar menjadi BA. Salah satunya adalah adanya special gift. Namun, biasanya special gift diberikan kepada BA yang merupakan pemenang awardee. Special gift ini biasanya berisi merchandise dari pihak penyelenggara dan gift lainnya yang tentunya bermanfaat banget untuk BA.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Do the best from now