UK, negara impian sejuta umat

Gemah ripah loh jinawi adalah istilah yang sering disebut-sebut untuk menggambarkan Indonesia secara umum. Mungkin istilah ini juga yang membuatmu cinta dan selalu ingin tinggal di Indonesia. Namun, tidak ada salahnya jika kamu memiliki negara impian lain, kan?

Berbicara tentang negara impian, mungkin salah satu negara yang harus ada di daftar destinasimu adalah UK. Bagaimana tidak, UK menawarkan banyak hal yang membuat warga negara dan turisnya merasa nyaman. Yuk, simak alasan mengapa UK bisa menjadi negara impian yang membuatmu ingin tinggal di salah satu kotanya.

1. Meskipun moderenisasi datang dan gedung-gedung tinggi semakin banyak, UK tidak pernah melupakan masalah penghijauan

Hampir di setiap sudut kota di UK, kamu pasti akan sangat mudah menemukan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Pemandangan tersebut pastinya akan menyenangkan hati dan menenangka pikiranmu. Keindahannya dapat terlihat lebih jelas dan akan lebih terasa pada musim semi. Pemerintah dan orang-orang di UK sangat peduli dengan masalah penghijauan. Tidak heran jika di sana terdapat banyak taman hijau yang terkenal seperti Hyde Park, Kensington gardens, St James's Park, dan sebagainya.

Jika kamu pergi ke daerah pedesaan, kamu akan menemukan pemandangan hijau di sepanjang jalan dengan banyak jalan-jalan setapak. Orang-orang di UK yang lelah bekerja akan pergi ke daerah-daerah yang hijau, hanya sekedar berkeliling dengan kendaraan mereka atau berjalan-jalan dengan anjing peliharaan mereka pada akhir pekan.

2. Keselamatan adalah hal yang utama saat berada di jalan raya, sehingga ketaatan berlalu lintas sudah ditanamkan sejak dini dan menjadi budaya bagi warga UK

Advertisement

Di Indonesia, kamu mungkin sering menemukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas, mungkin kamu juga pernah melakukannya, sadar atau tidak sadar. Hal yang sama akan sulit kamu temukan di UK. Bagi orang-orang di sana, keselamatan lalu lintas merupakan hal yang sangat penting.

Di beberapa kota besar di UK, seperti London dan Edinburg, banyak orang yang mengeluh karena kemacetan kota. Walaupun demikian, mereka tetap memiliki kesadaran untuk tidak menyalip kendaraan lain yang ada di depan mereka, atau membunyikan klakson berkali-kali agar kendaraan di depan mereka segera bergerak. Rata-rata pengendara dan pejalan kaki di UK selalu menyadari tanggung jawab mereka sebagai pengguna jalan.

3. Jika kamu tidak punya uang, jangan khawatir untuk tetap pergi berobat

Park House Medical Centre

Park House Medical Centre via http://www.parkhousemedicalcentre.co.uk

Advertisement

Tampaknya istilah “Orang miskin dilarang sakit” tidak berlaku di UK. Hal ini disebabkan karena UK memiliki layanan kesehatan nasional yang disebut National Health Service (NHS). Ini menjadi alasan penting yang menjadikan UK cocok sebagai negara impian. Bagaimana tidak, kesehatan adalah hal yang sangat krusial bagi setiap manusia sehingga harus selalu diutamakan.

Banyak masyarakat golongan menengah ke bawah yang memiliki penyakit serius merasa sangat bersyukur atas adanya NHS. Mereka mengatakan bahwa jika mereka tinggal di negara lain, mereka mungkin akan duduk di rumah dan membiarkan penyakit mereka semakin parah karena mereka tidak mampu membayar biaya pengobatan.

Ide tentang NHS memang diakui sebagai ide yang sangat jenius. Pasien mungkin akan mengantri untuk berobat, tapi selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, pihak NHS selalu siap membantu orang-orang yang membutuhkan perawatan genting.

4. Sebagai bagian dari sebuah negara, kebebasan berekspresi adalah hal yang sangat penting, dan ini dapat ditemukan di UK

Catholic Herald

Catholic Herald via http://catholicherald.co.uk

Banyak negara di dunia yang mengklaim diri mereka sebagai negara demokrasi, padahal kebebasan berekspresi dan menyatakan pendapat sulit ditemukan di sana. UK memiliki sistem yang berbeda. Di negara ini, demokrasi berarti demokrasi dalam makna sebenarnya. Setiap orang memiliki kebebasan untuk bersuara serta memberi kritik dan saran kepada masyarakat lain bahkan pemerintah. Jika seseorang tidak setuju terhadap pendapat orang lain, orang tersebut tidak akan memaksakan kehendaknya. Hal ini telah menjadi budaya masyarakat di UK.

5. Orang-orang ramah tidak hanya ditemukan di Indonesia. Di UK, kamu akan merasakan hal yang sama

Big Think

Big Think via http://bigthink.com

Sikap orang-orang di UK akan membuat keyakinanmu bertambah bahwa UK adalah negara impian. Jika kamu sedang berjalan-jalan di sana, jangan kaget jika orang lain melempar senyuman kepadamu atau bahkan menyapamu dengan kata-kata seperti “Hi, there!” atau You alright?” Bahkan jika kamu sedang berada di daerah pedesaan, kamu dapat berbincang-bincang mengenai banyak hal dengan orang asing, misalnya mengenai hewan peliharaannya. Besar kemungkinan kamu akan diundang untuk minum teh di rumahnya.

Namun, hal demikian tidak terasa di London, terutama pada jam-jam sibuk. Hal ini di karenakan London adalah kota besar dengan ribuan penduduk yang memiliki kesibukan masing-masing.

Walaupun orang-orang di UK sangat ramah dan mudah diajak berbincang-bincang, mereka tetap menjaga kesopanan. Mereka tidak akan menyentuhmu secara tidak wajah atau menanyakan hal-hal personal jika kalian baru beberapa kali bertemu. Jadi seolah tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk berbincang-bincang dengan orang asing di sana.

6. Di UK, polisi selalu mengerjakan tugas dengan baik

UK memang terkenal sebagai negara di mana aparat kepolisiannya selalu melayani masyarakat dengan baik. Saat terjadi masalah, mereka akan mencoba menyelesaikannya dengan cepat. Meskipun kota-kota di UK cenderung sangat ramai dan kemungkinan banyak masalah yang terjadi, namun polisi di sana tidak memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan pungutan liar.

Bahkan, mereka juga jarang mau menerima uang tip meskipun itu hanyalah ucapan terima kasih kita karena mereka telah membantu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya