Biar Nggak Dehidrasi dan Lemes Seharian, Coba deh Terapkan Aturan Konsumsi Air Putih Ini Selama Berpuasa

aturan konsumsi air putih puasa

Berpuasa sambil beraktivitas dapat menguras cairan tubuh. Selama hampir 14 jam berpuasa cairan dalam tubuh akan mudah hilang. maka dari itu kamu harus mengetahui bagaimana cara untuk mencukupi cairan tubuh tersebut.

Meski puasa, tubuh tetap butuh 2 liter cairan. Lalu bagaimana kita harus mensiasati kebutuhan air tersebut selama berpuasa? Nah ini dia tips dan aturan mengkonsumsi air selama berpuasa.

Advertisement

1. Satu gelas air putih saat bagun sahur

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash via https://unsplash.com

Ketika sahur tiba, hal pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi dehidrasi adalahĀ dengan meminum segelas air ketika bangun tidur.Ā Hal ini dapat membantu menambah cairan tubuh yang hilang saat tidur.

2. Satu gelas sesudah sahur

Photo by Ali Inay on Unsplash

Photo by Ali Inay on Unsplash via https://unsplash.com

Setelah sahur pastikan kamu meminum segelas air. Namun, hindari mengkonsumsi teh dan juga kopi karena dengan mengkonsusi cairan tersebut terlalu banyak, akan dapat meningkatkan kandungan kafein di dalam tubuh. Akibatnya, kandungan air dalam tubuh akan cepat menghilang, sehingga membuatĀ rasa haus terasa lebih cepat.

Advertisement

3. Dua gelas saat berbuka

Photo by Ross Sokolovski on Unsplash

Photo by Ross Sokolovski on Unsplash via https://unsplash.com

Saat berbuka puasa, kamu wajibĀ untuk meminum dua gelas air putih. Hal tersebut dapat mengatasi rasa haus saat tiak mendapat asupan air. Dua gelas air putih sudah terbilang cukup untuk meredakan dehidrasi pada tubuh. Kamu dapat meminum satu gelas tepat saat berbuka dan satu lagi beberapa menit kemudian ketika menyantap makanan ringan.

4. Dua gelas sebelum tarawih

Photo by Sangga Rima Roman Selia on Unsplash

Photo by Sangga Rima Roman Selia on Unsplash via https://unsplash.com

Agar mencukupiĀ  konsumsi delapan gelas sehari sebelum berangkat tarawih ada baiknya kamu mengkonsumsi dua gelas air putih agar saat beribadah lebih bersemangat dan berkonsentrasi.

5. Dua gelas sebelum tidur malam

Advertisement
Photo de Daria Shevtsova provenant de Pexels

Photo de Daria Shevtsova provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Selain untuk mencukupi konsumsi air saat berpuasa, ternyata meminum dua gelas air sebelum tidur juga dapat menghilangkan racun, mengisi ulang cairan yang hilang, menyehatkan pencernaan dan bisa menurunkan berat badan juga lho!

Nah,Ā sangat penting bagi kita untuk memastikan selalu mengkonsumsi air putih 2 liter sehari atau setara 8 gelas air putih. Apalagi untuk Anda yang menjalani aktivitas seperti biasanya selama bulan Ramadan. Namun jangan sampai berlebihan ya!

Yuk, hidup sehat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

ā€œ

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

ā€

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE