Inspirasi Desain Hunian Serba Kayu ala Jepang. Minimalis dan Homey Banget

hunian serba kayu ala Jepang

Sebagian besar orang di kota besar kini lebih memilih untuk tinggal di tengah kota agar mendapatkan akses yang mudah. Gaya hidup inilah yang akhirnya memicu bertambahnya pembangunan apartemen yang letaknya di tengah kota. Namun, tidak sedikit yang merasa bahwa tinggal di apartemen tidak senyaman tinggal di rumah tapak karena faktor luasnya yang terbatas. Sebetulnya, dengan penataan interior apartemen yang tepat, kamu bisa merasa nyaman dan betah tinggal di apartemen.

Untuk kamu yang menggemari gaya hidup serba praktis, kamu tentu menaruh perhatian pada konsep desain interior apartemen yang simpel dan ringkas, seperti desain interior minimalis. Cobalah menyimak apartemen karya Miveworks berikut sebagai contoh apartemen minimalis. Terinspirasi dari rumah Jepang, yuk telusuri bersama keunikan dari kesederhanaannya!

Advertisement

1. Minimalis dengen elemen natural dari kayu

Desain interior apartemen minimalis dominasi material kayu karya Miveworks

Desain interior apartemen minimalis dominasi material kayu karya Miveworks via https://www.arsitag.com

Untuk urusan desain minimalis, Jepang memang termasuk yang terbaik dan sering menjadi acuan. Desain interior minimalis Jepang sendiri terinspirasi oleh filosofi Zen. Salah satu yang paling menonjol adalah kesan alami yang sangat mudah ditemukan dari kayu atau tanaman. Apartemen satu kamar ini juga menggunakan unsur kayu berwarna cerah yang diaplikasikan hampir pada keseluruhan ruangan, baik itu pada furnitur maupun dekorasi lainnya.

2. Furnitur sederhana tanpa aksen berlebih

Desain ruang keluarga apartemen minimalis karya Miveworks

Desain ruang keluarga apartemen minimalis karya Miveworks via https://www.arsitag.com

Apartemen mungil multifungsi ini juga menganut estetika Jepang dengan menggunakan furnitur yang rendah serta desain yang sederhana. Rancangan yang tepat dan cermat membuat tampilan apartemen terlihat lebih lapang pada area ruang tamu dan juga kamar tidur. Hal terpenting dalam mendesain apartemen ala Jepang adalah usahakan jangan terlalu banyak menambahkan perabotan dan aksen. Lantaran, konsep desain Jepang memprioritaskan minimalis yang mengutamakan harmonisasi.

Advertisement

3. Cahaya alami

Desain kamar tidur apartemen minimalis karya Miveworks

Desain kamar tidur apartemen minimalis karya Miveworks via https://www.arsitag.com

Unsur lainnya yang tidak kalah penting adalah cahaya alami yang dapat membuat ruangan tampak lebih luas dan cerah. Kuncinya ada pada jendela dan pengaplikasian tirai minimalis untuk melengkapi jendela kamu. Banyaknya bukaan akan membuat suasana di dalam ruangan akan terintegrasi dengan pemandangan alam di luar secara lebih maksimal.

4. Warna sederhana dan alami

Desain dapur apartemen minimalis karya Miveworks

Desain dapur apartemen minimalis karya Miveworks via https://www.arsitag.com

Untuk mendapatkan keindahan natural ala Jepang, ruangan pun menggunakan mayoritas warna yang sederhana dan alami. Warna didominasi dengan warna kayu, hijau dari tanaman, putih, dan abu-abu. Dapur pun dilengkapi dengan kitchen set kayu yang fungsional dengan banyak storage, sehingga dapur bisa selalu terlihat rapi dan bersih. Berbagai keperluan dapur seperti kulkas, microwave, dan dispenser pun memiliki tempatnya masing-masing sehingga dapur pun terlihat lebih lapang.

5. Furnitur multifungsi

Advertisement
Desain apartemen minimalis dengan furnitur custom multifungsi, karya Miveworks

Desain apartemen minimalis dengan furnitur custom multifungsi, karya Miveworks via https://www.arsitag.com

Pada desain apartemen minimalis, kamu harus memanfaatkan ruangan yang relatif kecil dengan semaksimal mungkin. Fleksibilitas ruangan akan terganggu jika interior apartemen dipenuhi dengan banyak barang. Maka dari itu, memilih furnitur multifungsi dengan spesifikasi ukuran yang kecil dan ringan dapat dipilih sebagai solusi.

Rangka tempat tidur yang digabungkan dengan lemari tanam ini bisa menjadi inspirasi yang cukup cerdas untuk kamu. Selain fungsional dan tidak memakan tempat, memilih furnitur multifungsi juga lebih menghemat biaya, lho. Hematnya lagi, budgeting apartemen minimalis furnitur custom dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

Konsep desain interior apartemen minimalis yang terinspirasi dari desain Jepang ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian kamu. Tak hanya fungsional dan praktis, desainnya juga cantik dan bisa membuat apartemen furnitur kayu terlihat lebih luas sekaligus nyaman. Tertarik untuk mencoba?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE