#DestinasiHipwee-Bukit Roti, Desinasi Wisata untuk Kamu yang Super Sibuk

Menikmati Bogor dari Ketinggian Bukit

Siapa sih yang nggak sumpek dengan rutinitas kota besar dengan segala kemacetan? Ataupun pening karena kuliah dan pekerjaan? Ataupun merasa kurang pasokan oksigen yang menyejukkan? Aku punya rekomendasi traveling simpel buat kamu yang super sibuk! Jabodetabek terkenal dengan kota sumpek karena populasi manusia di wilayah tersebut cenderung lebih banyak dibandingkan wilayah lain. Menjadi pusat industri di Indonesia, sudah tentu mengundang kedatangan berbagai manusia pencari kerja. Tak heran setiap hari suara lalu lalang kendaraan terdengar dan lalu lintas padat merayap. Terkadang berlibur membutuhkan effort besar karena pekerjaan menumpuk walau rasa ingin berlibur sudah tak lagi sabar.

Tidak perlu jauh-jauh ke negeri seberang untuk menikmati alam dengan keindahan yang memesona. Bogor, dengan gunung-gunung yang berjajar dan udara yang bersahabat sangat cocok menjadi destinasi wisata singkatmu. Gunung Kapur, Bukit Roti yang berlokasi di Ciampea cocok untuk kamu yang suka dengan pemandangan dari ketinggian. Lokasinya yang strategis dapat menjadi pilihan alternatif untuk menghilangkan kepenatan pekerjaan dan rutinitas.

Advertisement

1. Menyaksikan Gunung di Bogor dari Ketinggian 385 mdpl

Pemandangan Gunung dari Bukit Roti

Pemandangan Gunung dari Bukit Roti via http://www.instagram.com

Gunung Kapur, nama beken dari destinasi tersebut lebih tepatnya adalah berupa bukit-bukit dengan struktur batuan kapur. Meskipun ketinggiannya hanya sekitar 385 mdpl, akan tetapi destinasi wisata tersebut menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa. Terdapat 3 puncak di Gunung Kapur, yaitu Puncak Roti, Puncak Lalana, dan Puncak Galau.

Di Puncak Roti, kita dapat melihat keindahan Bogor dari ketinggian. Kemacetan jalan terlihat, bahkan suara ramai kendaraan sayup sedikit terdengar meskipun berada di ketinggian 385 mdpl. Selain itu, yang lebih menakjubkan, kita dapat melihat gunung-gunung yang mengelilingi Bogor dengan sangat jelas.

Advertisement

2. Menyaksikan Pelangi dari Atas Bukit

Pemandangan Pelangi dari Bukit Roti

Pemandangan Pelangi dari Bukit Roti via http://www.instagram.com

Salah satu waktu yang tepat mendaki Gunung Kapur adalah saat pagi hari atau sore hari. Pagi hari matahari tidak terlalu terik, sehingga energi untuk mendaki masih full. Lelah tidak akan terlalu terasa karena terik matahari tidak terlalu kuat dan energi tidak terlalu banyak terkonversi menjadi keringat. Selain itu, udara pagi hari masih sangat sejuk dan cocok sekali apabila mendaki sambil menikmati dinginnya pagi.

Mendaki Gunung Kapur juga sangat cocok dilakukan saat sore hari setelah ashar. Apalagi Bogor, sebagai Kota Hujan seringkali turun hujan di sore hari. Beberapa waktu apabila kamu beruntung maka kamu akan disuguhkan rintik hujan yang tak lebat, setidaknya mampu memberikan aroma petrikor. Biasanya setelah turun hujan rintik-rintik, kamu akan disuguhkan pelangi yang sangat indah. Keindahan pelangi mampu dinikmati dari ketinggian 385 mdpl sehingga nampak begitu nyata dan dekat. Hawa di atas bukit juga sangat syahdu dengan temperatur yang lebih rendah dibandingkan pada daerah kaki bukit.

 

Advertisement

3. Tracking Menuju Bukit Roti

Perjalanan menuju Bukit Roti

Perjalanan menuju Bukit Roti via http://www.instagram.com

Terdapat 2 rute menuju Bukit Roti, yaitu rute kanan dan rute kiri. Rute kiri lebih curam dibandingkan rute sebelah kanan. Akan tetapi waktu perjalanan lebih singkat dari rute kiri. Rute sebelah kanan lebih aman ditempuh apabila sedang gerimis atau hujan rintik-rintik.

Secara umum tracking di Gunung Kapur menuju Bukit Roti tergolong cukup aman dan cocok apabila dilakukan oleh pendaki pemula. Namun, pastikan untuk menggunakan sepatu yang tidak licin agar tidak tergelincir apabila tanah sedang basah akibat diguyur hujan. Untuk kamu yang sering menggunakan rok panjang, disarankan untuk tetap menggunakan celana training panjang walaupun sudah mengenakan rok. Tidak disarankan menggunakan rok sepan karena akan mempersulit pergerakan, terlebih saat mendaki menuju bukit.

4. Persiapan Tracking

View Bukit Roti

View Bukit Roti via http://www.instagram.com

Tidak perlu persiapan khusus untuk mendaki Gunung Kapur. Selain karena ketinggiannya tidak mencapai 500 mdpl, waktu tempuh tracking menuju puncak bukit juga tidak terlalu lama, sekitar 15 sampai 45 menit saja. Hanya perlu persiapan sebotol air mineral dan beberapa makanan ringan. Namun, apabila memilih untuk persiapan bekal yang lebih banyak tentu akan lebih baik. Sesuaikan dengan kapasitas diri masing-masing.

5. Tiket Masuk dan Perjalanan Menuju Lokasi

Perjalanan Menuju Gunung Kapur, Bukit Roti

Perjalanan Menuju Gunung Kapur, Bukit Roti via http://www.instagram.com

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Gunung Kapur sangat terjangkau. Cukup merogoh kocek lima ribu rupiah kamu dapat menghirup udara segar seharian! Akan tetapi, kabar terbaru harga tiket masuk kini menjadi Rp 10.000. Tetap murah seperti harga satu piring nasi goreng, bukan?

Transportasi menuju Gunung Kapur juga sangat bervariasi. Apabila kamu dari arah Kampus IPB Dramaga, kamu cukup menaiki angkutan umum dengan biaya paling mahal lima ribu rupiah. Apabila dari arah Stasiun Bogor, kamu bisa naik angkot nomor 02 atau 03 lalu turun Terminal Laladon dengan ongkos empat ribu rupiah saja. Kemudian naik angkot biru tujuan Leuwiliang menuju Gunung Kapur dengan ongkos lima ribu rupiah.

Bagaimana, sudah mantap berlibur ke Gunung Kapur Bukit Roti Ciampea Bogor? Jangan lupa membawa kamera dan mengabadikan setiap moment di sana. Lebih penting lagi, persiapkan perjalanan kamu secara matang agar liburanmu lebih menyenangkan. Selamat berlibur!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi kelahiran Madiun, 24 Agustus 2001 ini bernama Salma Nurjannah atau kerap dikenal dengan nama Salamah Firdausi oleh sahabat penanya. Tercatat sebagai mahasiswi IPB University. Penyuka sastra ini aktif di dunia wattpad sejak 2016. Beberapa penghargaan telah ia raih, antara lain Juara 1 Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Penerbit Anlitera, Juara 3 Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Penerbit Mandala Pratama, Kontributor buku "Aksara Cinta untuk Ayah Bunda", dan beberapa penghargaan lain. Kini ia masih terus belajar mengembangkan potensi di bidang kepenulisan. Untuk mengenal lebih dekat dapat mengirimkan email ke salmanurjannah272@gmail.com.

CLOSE