Berwisata ke UK tidak melulu harus menikmati pemandangan alam yang menakjubkan atau bangunan-bangunan bersejarah yang megah dan mewah. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi yang lebih menantang, mengikuti Dracula Tours bisa menjadi alternatifnya. Nah kalau kamu tertarik dengan tur ini, tempat yang mesti kamu tuju adalah ‘Whitby Abbey’ yang terletak di Kota Whitby―sebuah kota tepi pantai di Yorkshire, Northern England.

Penasaran gimana ceritanya drakula bisa ada di sana dan ingin lihat kenampakan lokasinya? Yuk, ikuti penjelasannya di bawah ini!

1. Asal-usulnya Digagas oleh Seorang Penulis Novel

Bram Stoker

Bram Stoker via http://de10.com.mx

Awalnya, Whitby Abbey tidak memiliki kaitan apapun dengan drakula sebelum seorang penulis dari Irlandia bernama Bram Stoker merealisasikan imajinasinya. Stoker menulis novel berjudul “Dracula” pada tahun 1897 dan sering menggunakan Whitby sebagai latar belakang beberapa scenes yang ia lukiskan dalam novel terkenalnya tersebut.

Advertisement

Namun Stoker tidak serta merta mengambil setting di Whitby tanpa adanya suatu sebab. Novelis ini terinspirasi oleh legenda hantu wanita yang berkeliaran di reruntuhan bangunan bekas biara Whitby. Legenda tersebut mengatakan bahwa wanita itu dibakar hidup-hidup di salah satu dinding dan dia sering terlihat di salah satu jendela yang hancur. Mungkin legenda itu benar adanya atau mungkin memang tidak, tapi kelelawar selalu ada di tempat itu, sehingga Stoker menggambarkannya sebagai sarang drakula.

Selain itu, dia juga terinspirasi oleh kisah mengenai Vlad Dracula (Vlad III, atau yang dikenal sebagai Vlad the Impaler), yang ia baca dari buku-buku di perpusatakaan lokal selama kunjungannya ke Whitby. Dua legenda tersebut pada akhirnya ia gabungkan sampai menghasilkan cerita drakula yang terkesan begitu nyata.

2. Dijadikan Tempat Wisata Drakula demi Mengenang Bram Stoker

Whitby akan selalu dikaitkan dengan Dracula Bram Stoker dan untungnya penghuni kota telah menemukan banyak cara untuk menjaga agar koneksi tersebut tetap hidup. Demi mengenang kematian novelis kenamaan ini, Whitby Abbey diputuskan menjadi lokasi wisata drakula yang mampu memanjakan para penggemar novel Stoker karena karyanya dihidupkan pada kehidupan nyata.

Advertisement

Serta kamu yang menyukai kisah horor pun ikut dimanjakan karena bisa merasakan pengalaman menakutkan namun sangat menyenangkan. Tentunya, wisata di kota ini diperuntukan bagi kamu yang bernyali besar. So, sudah siapkah bertemu drakula?

3. Lewat Tur Bertajuk "The Dracula Experience", Kamu Dapat Melihat Drakula Secara Langsung

Dracula Play

Dracula Play via http://northernballet.com

Tur unik ini akan membawamu mengenal lebih dalam bagaimana hubungan drakula dan Whitby Abbey. Dalam tur ini, kisah drakula bakal disajikan senyata mungkin melalui adegan animasi, efek elektronik dan live actor. Pertama-tama, aktivitas yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menonton Dracula Play, sebuah dramatisasi cerita novel Bram Stoker. Pertunjukan berisikan delapan scenes ini dimainkan di antara reruntuhan bangunan biara, di mana kamu bisa melihat drakula lebih dekat dan bahkan tepat di depan matamu. Hanya saja, pertunjukan ini hanya ditampilkan pada masa puncak liburan sekolah dengan pemesanan rombongan.

Kedua, kamu patut mencoba pengalaman “Paranomal Nights”. Kegiatan ini mengajakmu bergabung dengan tim paranormal Most Haunted Nites yang akan memberikan bukti aktivitas paranormal paling angker. Kamu akan dipandu oleh kru paranormal ahli yang dilengkapi dengan peralatan berteknologi canggih dan media yang dapat menangkap kejadian paranormal di bangunan tua dan berhantu itu.

Apa yang kamu alami selama berburu makhluk astral bukan sekedar efek khusus tapi juga aktivitas paranormal sungguhan. Paranomal Nights hanya ada pada hari Sabtu pertama setiap bulan dari jam 11 malam sampai jam 3 pagi.

4. Tak Tanggung-tanggung, Kamu Bisa Menginjakkan Kaki di Pemakaman Drakula

Kuburan di St Mary

Kuburan di St Mary via https://www.telegraph.co.uk

Saat mengunjungi Whitby Abbey, umumnya wisatawan paling penasaran dengan keberadaan kuburan para drakula. Dalam novel klasik Bram Stoker, pemakaman dilukiskan sebagai tempat Dracula membawa korbannya pada malam hari serta tempat peristirahatan terakhir si drakula itu sendiri.

Pemakaman St Mary yang berada dalam lokasi biara Whitby pun dijadikan set kuburan drakula tersebut. Ini merupakan tempat pemakaman asli, meskipun bukan drakula betulan yang dikubur di dalamnya. Efek seram memang terlukis jelas di area itu, sehingga banyak pengunjung yang mengambil foto, ber-cosplay saat Halloween dan bahkan menjajal peti mati di sana.

5. Selain Terkenal Karena Kisah Mistis Drakula, "Whitby Abbey" juga Merupakan Destinasi yang Indah

Panorama di 'Whitby Abbey'

Panorama di 'Whitby Abbey' via http://www.english-heritage.org.uk

Situs Whitby Abbey berupa reruntuhan biara yang dulunya dikenal sebagai tempat inspirasi sastra, pengabdian religius dan ziarah. Bila kamu berkunjung kemari, kamu dapat menikmati pemandangan fantastis Kota Whitby dan pelabuhan dari sudut pandang yang menakjubkan. Tiap sudut tempat ini punya sisi keindahan yang menggiurkan, apalagi ditunjang dengan posisinya yang berada di dekat tebing, di atas tanjung East Cliff.

Walaupun dikenal sebagai wisata bertema gothic, kamu bisa berkunjung ke sini bersama keluarga mapun anak-anak. Ada banyak permainan seru yang ditujukan untuk kegiatan keluarga yang bisa kamu ikuti sembari menjelajah dunia drakula.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya